Macam Macam Kucing yang ada di indonesia

Posted on

 

Kucing merupakan salah satu jenis peliharaan yang sudah terkenal di penjuru dunia, nama ilmiah dari kucing adalah silvestris catus, yang merupakan sejenis mamlia karnivora yang hanya memakan daging. Namun, berjalanya waktu, kucing juga dapat memakan makanan seperti nasi dan gandum.

Kucing merupakan jenis hewan yang sangat populer di mancanegara, banyak masyarakat indonesia yang tertarik untuk memelihara hewan ini. Tetapi apakah kalian tahu, sebenarnya ada banyak sekali jenis dan macam-macam kucing yang ada di indonesia, berikut adalah macam-macam kucing ras yang ada di indonesia:

  1. Kucing Persia

Kucing persia merupakan ras kucing yang paling populer di dunia, asal mula dari kucing ini yaitu berasal dari persia(yang saat ini yaitu negara iran). Namun saat ini, kucing persia lebih di kembangkan di negara amerika dan inggris, yang pada realitasnya sudah menjadi distributor terbesar dari penghasil kucing persia.

Kucing ini memiliki kearakter yang pendiam, penyayang, tidak terlalu aktif, dan setia. Dan jenis dari kucing persia ini memiliki banyak jenisnya, salah satunya adalah persia peaknose, persia flatnose, persia himalaya, dan persia medium. Bentuk fisik dari kucing persia ini yaitu hidungnya yang pesek, dan mukanya yang bulet.

Mereka juga memiliki ciri fisik pada bagian tubuhna yang bulet pendek dan ukuran kakinya yang pendek, serta pada bagian rambutnya yang panjang dan halus, dan untuk makanannya yaitu mereka lebih cocok mengkonsumsi  makanan kering dan basah, yang biasanya di jual di toko-toko hewan.

  1. Persia himalaya

    kucing himalaya
    kucing himalaya

Kucing persia himalaya merupakan jenis kucing yang telah lama di kenal di dunia dari waktu ratusan tahun silam. Namun, kucing ini baru di kenal di benua eropa pada jajaran tahun 1950, dengan nama yaitu colour point persian.

Jenis kucing ini tergolong jenis yang sangat unik, unik dari kucing ini adalah hasil persilangan dari kucing silam dan kucing persia, sehingga menghasilkan seekor jenis kucing yang sangat lucu dengan memiliki nama kucing himalaya. Karakter dari kucing himalaya ini yaitu aktif, senang bermain, dan tidak senang bermalas-malasan.

Ciri fisik yang di miliki kucing persia ini yaitu hidung dari kucing ini yaitu pesek, dan berbulu tebal seperti persia longhair, kelompok jenis kucing ini memiliki corak warna  badan yang sangat unik, waarna di ambil dari keturunan kucing siamese, ditambah lagi dengan matanya yang berwarna biru. Soal makananya, sebaiiknya anda menggunakan makanan yang kering dan basah yang biasa di jual di toko-toko yang terdekat.

  1. Russian Blue

Asal mula dari kucing ini yaitu berasal dari sebuah pelabuhan yang ada di arkhangelsk yang ada di rusia. Kucing Russian blue memiliki rambut yang pendek dengan warna bulu abu-abu kebiruan, dan mempunyai mata hijau yang cukup menarik jika di lihat secara langsung.

Karakter sifat  dari kucing ini yaitu cerdas, penasaran, ramah, pemalu, dan sangat sensitif. Dan, kucing ini memiliki berat badan yaitu untuk ukuran dewasa yaitu 33.5-7 kg, atau 7,7-15.4 pon.

Jenis  dari kucing ini bisa di sejajarkan dengan kucing tercerdas di dunia. Karakteristik dari kuciing ini memiliki sifat yang cukup menraik, selain mereka dapat di katakan cerdas, ternyata kucing ini mempunyai sifat yang agak pemaludengan orang asing yang belum di kenalnya. Untuk makananya cukup dengan makanan kering dan basah yang biasa di jual di toko-toko hewan.

  1. Kucing Domestik/Indonesia

Kucing domestik merupakan kucing populer yang ada di indonesia, semua sudah pasti tau jenis kucing ini, mungkin karena penampilanya yang sering terlihat di jalanan ibu kota, di gang rumah, bahkan sampai lewat di depan rumah sendiri.

Kucing ini umumnya memiliki karakter dan sifat yang cukup baik, seperti madiri, ingatanya yang tajam, serta fisik yang kuat. Walaupun kucing ini terlihat agak liar dan menyeramkan, kalian sebaiknya jangan menendang pada bagian matanya, karena kucing ini empunyai beberapa kelebihan yang sangat baik pada bagian matanya.

Kelebihan pada kucing ini yaitu sangat mudah di jinakan, dan dapat di jadikan sahabat baiik dan selain itu, kucing in juga bisa menjaga rumah anda dari serangan tikus yang menjijikan. Dalam melakukan perawatan kucing ini, bisa di katakan yaitu cukup mudah, dan murah meriah. Karena, untuk jenis kucing ini termasuk kelomok kucing yang mandiri, tidak manja, fisik yang cukup baik, serta tidak hobi dalam memilih makanan.

  1. Turkish Anggora

Kucing Anggora merupakan kelompok kucing yang sangat terkenal di indonesia. Mereka adalah jenis kucing yang berbadan sedang dengan bulu yang cukup panjang. Kucing anggora merupakan kelompok kucing alami yang merupakan kucing tertua yang ada di dunia. Asal mula kucing ini sangat sering di kaitkan dengan mitos dan legenda yang ada di turki. Walaupun demikian, bukan berarti kucing ini berasal dari turki. Bahkan, sampai sekarang tidak ada yang tahu dari mana asal kucing ini.

Ciri fisik dari kucing ini adalah berbeda dengan kucing persia, kepala mereka itu berbentuk seperti segitiga dan memiliki bentuk hidung yang cukup mancung, serta bulu yang agak panjang di bagian lehernya( seperti singa).

Untuk karakteristik dari kucing ini, mereka memiliki gaya yang anggung, lincah serta aktif. Oleh karena itu, supaya menyediakan mainan di sekitar kucing tersebut, serta selalu memperhatikan dirinya dan kebersihan pada lingkunganya. Dalam memandikanya, kucing anggora sebaiknya di lakukan secara rutin, karena dengan sifatnya yang aktif, dapat memberikan dampak yaitu kucing tersebut akan mudah cepat kotor.

  1. American Shorthair

    kucing shorthair
    kucing shorthair

Kucing ras ini merupakan jenis kucing keturunan ras european hoorthair dan british shorthair. Awal dari kucing ini seing di kenal dengan sebutan shorthair, lalu memiliki nama populer dengan nama domestik shorthair pada tahun 1960. Setelah berjalanya waktu, pada tahun 1966 kucing tersebut berubah nama menjadi amerian shorthair, dan nama itu terkenal sampai detik ini.

Karakteristik darai kucing ini yaitu memiliki ukuran badan yang sedang, otot kaki yang cukup bagus serta memiliki cakar yang kuat. Bentuk badan dari kucing ini yaitu mereka di selimuti bulu yang pendek dan tebal, yang dapat berfungsi untuk melindungi dirinya dai cuaca ekstrim di saat musim dingin. Realitasnya, kucing ini merupakan salah satu kucing yang memiliki bentuk fisik dan kesehatan yang baik, untuk jenis makanan dari kucing ini, biasanya mereka sangat menyukai jenis makanan basah yang segar, yaitu seperti ikan, daging, dan ayam.

Itulah, sedikit tentang macam-macam kucing ras yang ada di indonesia, sebenarnya masih banyak lagi macam-macam kucingnya. Jadi bila anda ingin memelihara hewan peliharaan, saya sarankan supaya memelihara hewan yang satu ini, selain mudah dalam pemberian makananya, juga mudah dalam perawatanya. Dan juga dapat menemani kita bersantai di rumah, ketika kita sedang bosan di rumah. Sekian dari saya, Terima Kasih.

Leave a Reply