kenari
burung kenari

Cara Ternak Burung Kenari Mudah dan Lengkap Bagi Pemula

Posted on

Banyak sekali hobi yang ada di dunia ini, namun tak jarang ada sebagian orang yang memilih menekuni hobinya menjadi penghasil pundi-pundi uang. Sebut saja berternak burung, khususnya burung kenari. Memang yang namanya merawat itu susah-susah gampang terutama bagi mereka yang masih dalam katagori pemula.

Sebagai orang yang berpengalaman, tak jarang dalam menekuni hobinya ini terjadi kekecewaan terutama bila gagal merawat burung kenari atau biasa di katakan burung yang kita rawat mati, tidak mau bertelur, atau mau bertelur tapi tidak mau menetas. Hal ini memang biasa terjadi terutama bagi pemula karena ada kesalahan yang terjadi dalam proses-proses yang harus di jalani dalam tahap pengawinan  atau memang karena faktor-faktor tertentu.

Selain itu merawat burung kenari juga dapat menimbulkan kesenangan tersendiri, karena sekarang ini sudah banyak sekali orang-orang yang membuat kontes burung kenari, mulai dari kontes suara, kontes bulu terindah, dll. Sehingga banyak sekali orang-orang yang berminat dengan burung kenari, lalu lama –kelamaan menjadi hobi dan terus di tekuni sehingga menjadi salah satu penghasil pundi-pundi uang yang lumayan.

Bila anda adalah salah satu orang yang sangat berminat dan ingin merawat atau berternak burung kenari, maka anda mampir pada blog yang tepat, karena di sini saya akan membagikan tips dan cara berternak burung kenari bagi pemula. Sebelum anda berniat untuk berternak burung kenari maka pertama-tama anda harus memulai dengan mempersiapkan diri anda dengan sungguh-sungguh karena merawat burung kenari adalah suatu hal yang gampang-gampang susah apalagi bagi pemula.

Banyak sekali burung kenari yang ada mulai dari burung kenari lokal ( kenari kecil ) dan manca Negara, mungkin anda sudah sangat tergiur untuk berternak kenari dari ras non lokal. Eits, jangan gegabah untuk mencoba berternak kenari non lokal dulu, karena anda masih pemula dan berternak kenari lokal lebih mudah di banding kenari non lokal, selain kenari kecil anda juga bisa mencoba berternak kenari besar seperti Yorkshire, F1, F2 dan F3. Namun bila memang memungkinkan anda boleh mencoba berternak kenari besar. Oke langsung saja simak di bawah ini cara berternak burung kenari bagi pemula.

Cara berternak burug kenari bagi pemula.

  1. Pembedakan si jantan dan si betina.

Sebagai seorang peternak maka sudah sepatutnya kita bisa membedakan mana kenari jantan dan mana kenari yang betina maka di sini saya akan membagi tips pada kalian biar tidak salah dalam membedakanya.

Kenari jantan

  • Duburnya cenderung menonjol, dengan entuk lurus dan vertikal.
  • Body atau bentuk tubuhnya lebih cenderung ramping memanjang dan lehernya lebih panjang.
  • Memiliki bunyi yang nyaring atau ngerol.

Kenari betina

  • Duburnya tidak menonjol namun cenderung datar.
  • Body atau bentuk tubuhnya lebih cenderung agak bulat dan leher lebih pendek.
  • Memiliki bunyi tidak ngerol, namun ada juga yang ngerol tapi tidak nyaring dan putus-putus.
  1. Menghitung usia kenari dan kesiapan sang kenari.

Usia dan kesiapan kenari adalah salah satu faktor yang penting karena faktor yang ini adalah penentu antara sukses atau tidaknya penangkaran burung ini. Pada umumnya kenari yang telah siap untuk di ternakan adalah kenari yang ber umur 8 bulan ( kenari jantan ) dan umur 6 bulan ( Kenari betina ). Namun beda dengan kenari postur atau kenari besar, seperti kenari yorkhire keturunan yang satu ini memiliki usia ideal yaitu sekitar 10 bulan atau lebih.

Sekedar Tips

Kenari yang akan diternak harus di pastikan cukup umur, karena banyak kasus perkawinanya gagal karena si kenari belum cukup umur sehingga tidah bisa birahi dan jangan lupa pastikan kenari dalam kondisi sehat.

Ciri-ciri kenari sedang birahi

Kenari jantan: Sering sekali berkicau ( gacor ), dan terkadang jika kita perhatikan dia sering menabrak jeruji sangkar, melompat-lompat ke arah kanan dan kiri di bagian dasar sangkar sambil berkicau. Bunyi kicauanya nyaring dengan gaya menurunkan sayapnya sampai setengah badan di atas tangkringan.

Kenari betina: sering mengeluarkan bunyi cuit-cuit ( memanggil si jantan ). Merobeki koran atau benda sejenis kertas yang ada di sangkarnya dan sering mengeleperkan sayapnya.

  1. Perhatikan sangkar dan sarana tambahan lainya.

Setelah anda menyiapkan kenari yang ssudah siap untuk di kawinkan ( di ternak ), maka berikutnya anda harus menyiapkan sangkarnya. Usahakan pilih sangkar box khusus untuk berternak kenari , bisa juga menggunakan sangkar yang ada penyekat di bagian tengahnya, sehingga dapat memudahkan proses perjodohan. Saya sarankan untuk kenari jantan menggunakan sangkar gantung dengan ukuran agak besar seperti sangkar kos-kosan dan letakanlah sangkar tersebut pada tempat yang nyaman, tenang dan aman.

Untuk pemilihan makanan  agar proses ternak kenari berjalan lancar maka berikanlah makanan berupa, biji-bijian seperti canary seed, millet, sayur sawi ijo,biji sawi, sawi putih, buah apel, mentimun danair minum. Agar lebih sehat maka berilah telur rebus ( telur puyuh ), dan akan lebih baik lagi bila di beri multivitamin khusus ternak kenari.

  1. Prosesi perjodohan kenari

Perjodohan adalah proses di mana kenari jantan dikenalkan dengan kenari betina. Taruh kenari jantan dan betina pada kandang yang berbeda keculali pada kandang bersekat. Namun di sini saya hanya akan menjelaskan ternak burung kenari dengan sangkar box ( betina) dan dengan sangkar gantung ( pejantan ).

burung kenari

Cara menjodohkan kenari

  • Dekatkanlah kedua sangkar tersebut, yaitu kenari betina pada box dan yang jantan pada sangkar gantung. Secara umum idealnya perjodohan berlangsung selama 3 hari saja.
  • Selama perjodohan jemur kenari jantan dan betina pada sangkar yang terpisah. Waktu penjemuran yang baik adalah jam 07.00 – 09.30 dan dekatkan sangar tersebut.
  • Pastikan pilih kenari yang ideal atau tidak gemuk, jika si kenari gemuk maka proses perjodohan akan terhambat. Untuk mengetahui kenari gemuk atau tidak dapat di lihat daribagian leher dan perut, jika si kenari gemuk maka akan terlihat gumpalan lemak berwarna kuning. Bila si kenari gemuk maka bisa di ubah pola makannya, yaitu tambahkan mentimun dan jemur setiap hari.
  1. Ciri-ciri kenari saling berjodoh.

  • Ketika sang kenari jantan benar-benar berjodoh maka ia akan menoleh pada si betina walaupun dari luar sangkarnya.
  • Kedua kenari terlihat akur dan tidak saling berantem satu sama lain.
  • Si pejantan akan mengeluarkan suara keras untuk merayu si betina, dan si betina menungging dan inilah tanda bahwa si betina minta kawin.
  1. Menyatukan si jantan dan si betina ( proses kawin ).

Jika anda telah menjumpai ciri-ciri di atas maka proses selanjutnya adalah menyatukan si jantan dan betina pada satu sangkar. Adapun caranya yaitu tangkap si pejantan dan masukan pada sangkar box si betina ( jangan terbalik yaaa ). Mungkin proses ini memakan waktu cukup lama karena belum tentu kenari yang masih perawan langsung mau melakukan perkawinan. Maka lakukan proses ini setidaknya sampai si betina terlihat mau bertelur. Biasanya bila si kenari betina akan bertelur maka dia akan membuat sarangnya menjadi bentuk melingkar rapi.

  1. Proses pengeraman telur.

Jika si betina sudah bertelur maka jangan keluarkan si pejantan dari kandangnya karena si pejantan akan ngeloloh ( memberi makan si betina ), sehingga si betina akan jarang keluar sarang dan hal ini akan membuat proses pengeraman menjadi lebih maksimal. Namun bila anda memiliki kenari betina yang lainya maka anda boleh mengambil si kenari jantan untuk di jodohkan dengan kenari betina yang lainya, tapi jangan keluarkan dari sangkar sebelum si betina bertelur 2 biji.

  1. Perawatan kenari saat proses pengeraman

makanan kenari

  • Pastikan pakan dan minum selalu tersedia, jangan sampai kehabisan.
  • Selalu jaga kebersihan kandang, dan jangan lupa berhati-hatilah ketika membersihkan kandangnya agar si telur tidak terguncang.
  • Berikanlah buah apel dan sawi secara selang-seling atau bergantian, karena banyak kasus yang timbul si betina mati dengan keadaan tubuh kurus karena hanya di beri makanan biji-bijian.
  • Dan jangan lupa beri makanan tambahan, seperti telur puyuh rebus, setidaknya 2 kali dalam seminggu.
  • Jangan jemur kenari.
  1. Menetas dan panen.

Setelah si telur imut sudah menetas maka langkah selanjutnya adalah pemberian pakan ( biji-bijian dan telur puyuh rebus sampai si kenari imut berumur 1 minggu.

anak burung kenari

  • Perlu di perhatikan sebelum si kenari imut berumur 1 minggu, maka jangan di tambahkan sawi atau apel, karena pencernaan si kenari imut belum kuat.
  • Namun jika si kenari imut sudah berumur lebih dari 1 minggu maka silahkan tambahkan, sawo ijo, sayuran, apel dan sawi putih.
  • Berikanlah tambahan multi vitamin pada si imut. Multivitamin ini sudah banyak sekali beredar di pasaran seperti, Om kicau, Bnr, dll.
  • Idealnya si kenari imut boleh di panen ketika berumur 25 hari, namun pada umur ini si kenari imut mash makan telur rebus dan setelah berumur 1 bulan dia sudah mampu makan biji-bijian.

Setelah anda memanen kenari imt ini, maka pisahkanlah si kenari imut dari sangkar indukanya. Lalu masukanlah si kenari jantan ke kenari betina tersebut, setelah itu mandikan keduanya bila perlu tambahkan obat kutu agar kutu yang menempel mati. Lakukanlah pemandian ini setidaknya sampai 1 minggu dan jemur jam ( 07.00 – 09.30 ).

Setelah 1 minggu maka si induk sudah siap di kawinkan kembali dan proses pengawinanya juga tidak ribet, karena dia sudah berjodoh maka pengawinanya akan lebih gampang. Lakukan tahap tersebut sampai seterusnya.

Berternak kenari tidak hanya dengan merawatnya saja, namun juga memerlukan yang namanya perhatian khusus dan ketulusan hati, karena merawat tidak hanya dengan hati namun juga dengan perasaan, maka rawatlah kenari anda dengan sepenuh hati. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjungnya.

Leave a Reply