majapahit
majapahit

Sejarah Kerajaan Majapahit

Posted on

Kerajaan majapahit adalah sebuah kerajaan yang terletak di daerah jawa timur, Indonesia yang pernah berdiri sejak tahun 1293 sampai 1500 masehi. Kerajaan ini mencapai kejayaannya akan menjadi kemaharajaannya raya yang lebih menguasai wilayah yang sangat luas di nusantara pada masa kekuasaan hayam wuruk dia berkuasa pada tahun 1359 sampai 1389.

Kerajaan majapahit adalah kerjaan hindu-buddha yang terakhir menuasai nusantara dan dianggap sebagai salah satu dalam sejarah Indonesia.

Masa Awalnya kerajaan majapahit

Kerajaan ini menghadapi masalah yang sangat banyak. Beberapa orang terpercaya Kertarajasa, termasuk Ranggalawe, Sora, dan Nambi memberontak melawannya untuk mengambil kejayaannya yang ada di kerajaantersebut, meski pemberontakan tersebut tidak berhasil. Namun ternyata Mahapatih Halayudha-lah yang melakukan konspirasi (persekongkolan yang ada di daerah tersbut) untuk menjatuhkan semua orang terpercaya raja.

Hal yang mereka lakukan agar dapat mencapai posisi lebih tertinggi dalam pemerintahan. Namun, setelah kematian pemberontak terakhir (Kuti), Halayudha di tangkap dan dipenjara samapi di hukum mati.

Raden Wijaya wafat pada tahun 1309 M. Anak dan penerus Raden Wijaya, Jayanegara adalah penguasa yang  sangat jahat dibandingkan kerajaan majapahit dan tidak bermoral dalam agama dan peraturan yang ada di sekitarnya mereka. Ia memiliki nama kecil Kala Gemet, yang berarti “penjahat lemah”, yaitu pada Tahun 1328 M. Jayanegara dibunuh oleh tabibnya, Tanca.

Ibu tirinya yaitu Gayatri Rajapatni seharusnya menggantikannya, tetapi Rajapatni memilih mengundurkan diri dan istana dan menjadi pendeta wanita. Rajapatni menunjukan anak perempuannya Tribhuwana Wijayatunggadewi untuk menjadi Ratu Majapahit.

Selama kerajaan berkuasa di Tnibhuwana, Kerajaan Majapahit berkembang menjadi Iebih besar dan terkenal di daerah jawa timur dan sangat lah terkenal di mana mana. Tribhuwana menguasai Majapahit sampai kematian ibunya pada tahun 1350 M. Kepemimpinannya mereka pun dilanjutkan oleh putranya yang bernama Hayam Wuruk.

Masa kejayaan kerajaan majapahit

Hayam waruk juga disebut rajasanagara. Mereka memerintah Majapahit dan tahun 1350-1389 M. Majapahit mencapai puncak kejayaannya dengan bantuan Mahapatihnyayang ada di Gadjah Mada. Dia bawahnya perintah Gadjah Mada (1313-1364 M), Majapahit mau menguasai Iebih banyak wilayah di daerah jawa timur. Pada tahun 1377 M, beberapa tahun setelah kematian Gadjah Mada, Majapahit melancarkan serangan laut ke Palembang, menyebabkan runtuhnya yang ada tinggal kerajaan Sriwijaya saja.

sejarah

Selain Gadjah Mada, Majapahit juga memiliki jendralnya yang sangat terkenal di wilayah jawa timur yaitu bernama adityawarman. Dia terkenal karena telah mengkalahkan di minangkabau. Menurut kakwin nagarakertagama Pupuh Xlll-XV, daerah kekuassaan majapahit yaitu sumtra, borneo, Sulawesi, Maluku, papua, dan sebagian kepulauan filiphina.

Namun, dalam batasannya alam dan ekonomi menunjukkan bahwa daerah-daerah kekuasaan tersebut tidak berada di bawah kekuasaan Majapahit, tetapi banyak yang terhubungkan satu sama lain di majapahit oleh perdagangan yang berupa monopoli oleh raja. Majapahit juga memiliki hubungan dengan Campa, Kamboja, Siam, Birma bagian selatan, dan Vietnam, dan bahkan mengirim duta-dutanya ke Tiongkok.

Selain melancarkan serangan dan ekspedisi militer, Majapahit juga menempuh jalan diplomasi dan menjalin persekutuan. Kemungkinan karena didorong alasan politik, Hayam Wuruk berhasrat mempersutingkan citra resmi yang ada di kerajaan majapahit.  Pada  tahun 1357 masehi rombongan raja Sunda beserta keluarga dan pengawalnya bertolak ke Majapahit mengantarkan sang putri untuk pernikahannya dengan Hayam Wuruk dalam keadaan indah tersebut.

Akan tetapi Gajah Mada melihat hal ini sebagai peluang untuk memaksa kerajaan Sunda mengalahkan di bawahnya Majapahit untuk mencari kesempatan yang ada disana. Pertarungan antara keluarga kerajaan Sunda dengan tentara Majapahit di lapangan Bubat tidak di kenangkan. Meskipun dengan gagah berani memberikan perlawanan yang ada di sna dan membunuh pemberontakan yang ada di pernikahan tersebut, keluarga kerajaan Sunda kewalahan dan akhirnya dikalahkan. Hampir seluruh rombongan keluarga kerajaan Sunda dapat dibinasakan secara sadis.

Tradisi menyebutkan bahwa sang putri yang sangat mengkecewa pada hal itu dalam keindahan yang tunggu tunggu oleh sang putri, dengan hati remuk redam melakukan “bela pati”,bunuh diri untuk membela kehoratan Negara nya yang ada di kerajaan tersebut. Kisah pasundan bubat menjadi tema utama dalam naskah kidung sundan yang disusun kemudian di bali juga dibacakan naskahnya cerita parahiyangan.

Pada tahun 1377, setelah tahun kematian Gajah Mada, Majapahit melancarkan serangan laut untuk menumpas darahnya dalam pemberontakan di Palembang. Meskipun penguasa Majapahit memperluas kekuasaannya pada berbagai pulau yang ada di Indonesia dan kadang-kadang menyerang kerajaan tetangga sendiri, perhatian utama Majapahit nampaknya adalah mendapatkan porsi terbesar dan mengendalikan perdagangan di kepulauan Nusantara. Pada saat inilah pedagang islam mulai tersebar dimana manan setelah nabi muhammad dan penyebar agama Islam mulai memasuki kawasan ini.

Sejarah islam di kerajaan majapahit

majapahit

Sebelumnya berdirinya majapahit, singhasari telah menjadi kerajaan yang paling kuat di jawa timur. Hall ini menjadi kubilai khan, pengusai dinasti yuan di tiongkok. Mereka mengirim utusan yang bernama mengchi kesinghasari yang menurut upeti. Katanegara, pengusai kerajaan singhasari yang terakhir menolak untuk membayar pajak dan mempermalukan utusa yang ada katanenegara dengan merusak wajahnya dan memotong telingnya.

Suatu hari, jayakatwang, adipati berdiri, sudah menggulingkan dan membunuh katanegara secara diam diam atau berkelompok. Atas saran aria wiraraja, jayakatwang memberi pengampunan kepada raden wijaya, menantun kartanegara, yang datang menyerahkan diri. Kemudian, Wiraraja mengirim utusan ke ke daha, mereka yang membawa surat berisi pernyataan, Raden Wijaya menyerah dirinya dan ingin mengabdikan kepada Jayakatwang.

Keruntuhannya Kerajaan Majapahit

Setelah mencapai kejayaannya kerajaan majapahit pada abad ke 14,  kekuasaan Majapahit sedikit mulai sedikit menjadi melemah. Setelah wafatnya Hayam Wuruk pada tahun 1389, Majapahit memasuki masa kemunduran akibat konflik perebutan kerajaan majapahit. Pewaris Hayam Wuruk adalah putri mahkota Kusumawardhani, yang menikahi sepupunya sendiri, pangeran wikramawardhana.

Perang persaudaraan tersebut menjadi perang paregreg diperkirakan pada tahun 1405-1406 masehi, antara Wirabhumi siliwangi melawan Wikramawardhana. Perang ini akhirnya dimenangi Wikramawardhana, semetara Wirabhumi siliwangi ditangkap dan kemudian dipancung. Tampaknya perang saudara ini melemahkan kendali Majapahit atas daerah-daerah mengalahkan di seberang.

Wikramawardhana memerintah hingga tahun 1426 masehi, dan diteruskan oleh putrinya, Ratu suhita, yang memerintah pada tahun 1426-1447 masehi. Mereka adalah putri kedua Wikramawardhana dari seorang selir yang juga putri kedua Wirabhumi siliwangi dalam peperangan tersebut. Pada 1447, Suhita mangkat dan pemerintahan dilanjutkan oleh kertawijaya, adik laki-lakinya. Ia memerintah hingga tahun 1451. Setelah Kertawijaya wafat, bhre pamotan menjadi raja dengan gelar Rajasawardhana dan memerintah di Kahuripan. Ia wafat pada tahun 1453 AD.

Mereka kemudian wafat pada 1466 dan digantikan oleh Singhawikramawardhana. Pada 1468 pangeran Kertabhumi memberontak terhadap Singhawikramawardhana dan mengangkat dirinya sebagai kerajaan Majapahit.

Pada 1478 Ranawijaya mengalahkan Kertabhumi dengan memanfaatkan ksesempipatan dalam umat Hindu dan Budha atas kebijakan Bhre Kertabumi serta mempersatukan kembali Majapahit menjadi satu persatu kerajaan yang di musnahkan. Ranawijaya memerintah pada kurun waktu 1474 hingga 1498 dengan gelar Girindrawardhana sehingga mereka digulingkan oleh Patih Udara. Akibat konflik dinasti ini, Majapahit menjadi lemah karena tidak ada jendralnya dan mulai bangkitnya kekuatan kerajaan Demak yang didirikan oleh keturunan bhre wirabumi di pantai arah selatan di jawa timur.

Sekian dari kami ada kurang lebihnya mohon maaf sebesar besarnya, semoga ada manfaat bagi kalian semua, sekian dan terimakasih. Wasalamulaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Leave a Reply