Sejarah dan Perkembanga Olahraga Golf
Sejarah dan Perkembanga Olahraga Golf

Sejarah Perkembangan Olahraga Golf

Posted on

Golf

Olaharaga Golf merupakan satu kegiatan yang bisa dikatakan mewah, kenapa bisa dikatakan olahraga yang mewah? Semua itu dikarenakan perlengkapan dan sarana yang digunakan untuk bermain olahraga golf semua mewah misalnya seperti lapangannya, stick golf, dan masih banyak lagi pralatan-pralatannya.

Disini kami akan menjabarkan atau menjelaskan tentang sejarah dan pengertian dari olahraga golf, simak dan perhatikan artikel ini!.

Golf adalah permainan luar ruang yang dimainkan secara perorangan atau bisa juga tim yang mana semua peserta berlomba memasukan bola kedalam lubang-lubang yang ada dilapangan golf yang sudah disediakan dengan pukulan yang jumlahnya bisa dibilang sedikit.

Cara singkatnya yaitu bola golf dipukul dengan menggunakan satu set tongkat pemukul atau stick golf yang disebut dengan klab. Golf merupakan salah satu permainan yang tidak dimiliki dari lapangan lapangan standard, melainkan dimainkan ditempat suatu padang golf yang memiliki desain yang unik, dipadang tersebut tidak hanya datar saja tapi juga ada yang bergelombang seperti bukit. Maka dari itu permainan golf ini bisa dibilang sangat mewah dikarenakan tempatnya yang tidak mudah ditemukan dan sangat jarang yang tumbuh secara alami, dan bisanya di padang golf tersebut terdapat dari 9 atau 18 lubang yang biasa disebut dengan Hole.

Aturang utama dalam olahraga golf ini adalah memainkan sebuah bola dengan stick golf dari daerah tee (teeing ground) memasukannya ke dalam lubang dengan satu pukulan atau beberpa pukulan yang sudah disesuaikan dengan aturan bermainnya.

Sejarah Golf

Golf berasal dari Skotlandia pada tahun 1100 an yang sudah dimainkan selama kurang lebiih 500 tahun di kepulauan Britania Raya. Lapangan golf tertua di dunia yang diketahui adalah The Old Linkis di Musselburgh, ditempat tersebut sudah dimainkan sejak tahun 1672, namun itu masih belum pasti beberapa sumber memiliki pedapat yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dijelaskan mulai dari sejarah golf dari asal usulnya, perkembangan lapaganya, dan perkembangan alatnya.

Asal Usul Golf

Konon olahraga golf ini sudah dimainkan pada tahun 1297 di Belanda lebih tepatnya lagi kota Leone naan de Vecht. Pada saat itu bola golf yang dipakai masih memakai bola dari bahan kulit dan memakai tongkat dari batang kayu yang dijadikan sebagai pemukulnya.

Sejarah Perkembangan Olahraga Golf
Sejarah Perkembangan Olahraga Golf

permainan olahraga golf ini sempat terkenal dan diminati di Belanda, namun ternyata oleh Skotlandia permainan ini dikuti. Selain di Beland dan di Skotlandia ada satu negara lagi yang telah memperkenalakan atau memainkan permainan olahraga golf ini sekitar 500 tahun sebelum Skotlandia menemukan dan memainkan permainan ini yaitu negara Cina. Negara Cina tersebut sudah mengenal permainan golf ini pada masa Dinasti Tang Selatan dan perkembangan permainan ini bisa terbilang sangat pesat sampai-sampai sudah terdapay 10 jenis tongkat pemukul golf dan orang-orang disan menyebutnya dengan Cuanbang, Pubang, dan Shaobang.

Sejarah Perkembangan Olahraga Golf
Sejarah Perkembangan Olahraga Golf

Namun keberadaan golf di Cina masih sangat jarang dimainkan itu semua dikarenakan olahraga golf ini hanya diperbolehkan atau diperuntuka bagi para pejabat-pejabat kerajaan. Saat ini banyak masyarakat yang ada diseluruh dunia lebih mengenal kalu Skotlandia merupakan negara yang pertama kalinya penemu olahraga atau permainan golf ini, dan di zaman yang modern banyak yang merubah mulai dari peralatannya dan juga lokasinya.

Perkembangan Padang atau Lapangan Golf

Pada zaman dulu padang atau lapangan golf ternyata tidak memiliki 18 lubang seperti yang baisa diamainkan saat ini. Awal mulanya pada abad ke 15 seseorang pecinta golf yang berasal dari Skotlandia yang bernama St. Andrews yang membuat sebuah parit dan lahan dengan kontur yang bergelombang.

Sejarah Perkembangan Olahraga Golf
Sejarah Perkembangan Olahraga Golf

Tekstur padang yang bergelombang menjadikan orang yang memaninkan permainan tersebut harus memutar otak dalam arti harus memiliki perkiraan atau takti supaya bisa memasukan bola kedalam lubang. St. Andrews pada saat itu hanya membuat 11 lubang saja dan setiap orang pemain yang dapat menyelesaikan semua putaran harus kembali lagi dan memainkan hingga sampai ke posisi lubang yang pertama.

Perkembangan Peralatan

Perlatan dalam permainan golf ini dari dulu ditemukan sampai sekarang terus berkembang sering dengan kemajuannya teknologi. Pada setiap tobkat pemukul atau stick golf dan bola golf memiliki standard tersendiri. Pada zaman dahulu stick golf atau tongkat pemukul hanya berupa batang kayu yang berdesain sangat sederhana yang semakin lama lambat laun sampai sekarang stick golf  yang awalnya hanya batang kayu sekarang menjadi sebuah tongkat yang terbuat dari besi. Berikut adalah sejarah dari tongkat pemukul golf.

Sejarah dan Perkembanga Olahraga Golf
Sejarah dan Perkembanga Olahraga Golf

Pada awalnya stick golf dibuat dari kayu yang di ambil di daerah sekitar yang banyak di hutan atau sebagainya. Dalam perkembengannya, kayu pohon Hikori djadikan sebagai tangkai stick, sementara kayu Kesemek Amerika yang sangat keras dan sangat kuat dijadikan sebagai kepala stick.

Pada akhir 1890-an, Thomas Horsburgh sebagai si pandai besi mulai mencoba menciptakan tangkai stik yang terbuat dari baja. The Royal and Ancient Golf Club of St Andrews baru memperbolehkan untuk memakai stik yang terbuat dari baja setelah Pangeran Wales menggunakannya di St Anderws pada tahun 1929, setelah memenangi kejuaraan Golf Amerika Serikat Terbuka pada tahun 1931, Billy Burke tercatat sebagai pemain golf yang pertema kali memenangkan turnamen utama yang menggunakan stick yang bertanngkai besi.

Sedangkan bolanya pada zaman dulu hanyalah berupa bola yang terbuat dari bulu angsa yang dimasukan kedalam kantong yang terbuat dari kulit sapi, namun dengan kemajuan teknologi sekarang bola golf memiliki berbagai macam desain yang dibuat lebih keras yang semakin lama semakin keras dari tahun ke tahun. Namun peralatan golf tersebut cukup mahal harganya dan memiliki berbagai kualitas yang semakin tinggi. Untuk lebih jelasnya lagi berikut adalah sejarah tentang asal usul bola golf.

Pada abd ke-17, bola golf dulu terbuat dari kayu lalu bola kayu digantikan dengan bola yang terbuat dari bulu angsa yang dimasukan atau dibungkus menggunakan kantong pembungkus yang berbahan kulit sapi. Lalu bola dipres pada saat bulu angsa dan kantong pembungkus kulit sapi masih basah kemudian dijahit dan di cat, ketika sudah kering, kantong kulit akan menysut dan bulu angsa akan mengembang sehingga menghasilkan bola yang keras.

Bola golf makin tahan lam dipakai setelah ditemukannya bola yang berbahan dari getah yang disebut dengan gutty dikarenakan bola guty terbuat dari getah perca yang dipansakan. Kelenturan bola getah memungkinkan dipakai dengan stick golf dengan kepala stick dari besi.

Hingga kini, bola golf masih dibuat dari inti karet yang komposisinya menjadi rahasia djuragang produsen. Benang karet dililitkan mengelilingi inti sebelum dibungkus dengan getah belata. Sekarang ini bola golf juga dibuat berlapis polimer seperti Syrlin yang membuat bola golf lebih tahan lama dibandingkan dengan bola golf berlapis belata.

Demikain penjelasan tentang ulasan permainan olahraga golf, meskipun olahraga ini terbilang cukup mahal mulai dari lapangan dan perlatan lainnya, tetapi tentu tidak dapt menurunkan semangat Anda dalam mencoba olahraga golf ini. Semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi.

Leave a Reply