Bunga Mawar
Bunga Mawar

Macam-Macam Bunga Mawar dan Manfaatnya

Posted on

 

Kalian pasti tahu apa itu bunga mawar, bunga mawar adalah merupakan salah satu bunga yang tercantik, dan terindah di dunia. Bunga ini memiliki yaitu sebanyak 100 jenis atau spesies berbeda yang dapat kita jumpai di seluruh dunia. Budidaya bunga mawar sendiri telah ada sejak 500 tahun sebelum masehi, dan pada saat ini, ada sekitar 13000 variasi mawar yang hidup di tempat pembudidayaan ataupun yang hidup di alam liar.

Ukuran dari bunga mawar pun beragam, tergantung pada spesienya, Bunga mawar, dapat mencapai diameter yaitu 33 inci, dan pada beberapa spesies atau jenis bunga mawar tertentu, dapat mencapai panjang 23 kaki. Bunga mawar juga memiliki batang yang mana batangnya itu berduri.

Bunga yang sudah termasuk dari jenis bunga tanaman hias ini juga memiliki berbagai macam warnna, mulai dari warna putih, merah, ungu, pink, dan juga berwarna hitam. Nah untuk kali ini saya akan menjelaskan Macam-Macam Bunga Mawar yang sangat cantik, berikut adalah penjelasanya:

  1. Bunga Mawar pink/ Merah Muda

    Bunga Mawar Pink
    Bunga Mawar Pink

Awal muka dari bunga mawar pink ini adalah kekaguman. Sedangkan,, warna pink tua itu juga biasanya berguna untuk menunjuan rasa terima kasih kepada seseorang, baik dari segi jasanya, maupun dari segi telah menolong, atau mengasihi kita.

  1. Bunga Mawar Ungu

Filosofi dari bunga mawar ungu ssendiri yaitu dari perasaan yang menakjubkan, misterius, dan tad dapat terlukiskan, selain itu bunga mawar ungu ini dapat bermakna yaitu kemewahan dan kemegahan.

  1. Bunga Mawar Merah

Filosofi dari bunga mawar merah ini yaitu merasakan tentang cinta sejati, bunga mawar merah ini biasanya di manfaatkan untuk mengekspresikan raya sayang pada seseorang, wajar saja kalau kita sering melihat laki-laki memberi mawar merah kepada wanita, itu karena laki-laki itu sayang kepadanya. Sejak abad ke 18, bunga yang memiliki bentuk yang elegan, cerah, dan indah ini memang sudah diidentikan dengan hal yyang berbau romantisme.

  1. Bunga Mawar Putih

    Mawar Putih
    Mawar Putih

Filosofi dari bunga putih sendiri yaitu memiliki ari keharmonisan, baik itu keharmonisan dalam pasangan hidup, maupun keharmonisan dalam persahabatan. Namun, bunga mawar putih ini juga memiliki makna yaitu perpisahan, dan penghormatan, biasanya bunga mawar ini dapat anda temukan di acara pernikahan, maupun di acara pemakaman. Makna dari bunga mawar putih ini memang kontras. Yang satu menunjukan kebahagiaan dan juga menggambarkan kesedihan, semuanya itu tergantung pada momen ketika kamu menggunaka bunga ini.

  1. Bunga Mawar Orange

Filosofi dari bunga mawar orange sendiri yaitu adalaha antusiasme, kegembiraan, kebanggaan, keinginan dan rasa hormat. Bunga mawar orange juga dapat di gunakan sebagai perasaan keceriaan kamu pada orang lain, termasuk kepada para sahabatmu.

Bunga mawar orange ini memang sangat cocok di gunakan untuk menunjukan rasa banggamu kepada seorang atau pada pasanganmu ketika kamu pertama kali menikah, dengan tujuan untuk memperkuat hubungan kamu dan pasangan kamu bahwa kamu sungguh-sungguh, tulus, dan bersemangan dengan apa yang di lakukan.

  1. Bunga Mawar Biru

Jenis dari bunga mawar biru ini yang banyak di jual di toko-toko bunga adalah hasil dari pemulian atau dari proses osmosis, yaitu proses pengubahan susunan genetik mawar ataupun pencelupan mawar yang berwarna putih, ke dalam suatu cairan, sampai warna asli dari bunga itu menjadi berubah.

Jadi, Bunga mawar biru ini bukanlah hasil pembudidayaan bunga secara alami. Namun, bunga mawar biru ini tetap memiliki arti atau filosofi. Bunga mawar biru ini memiliki filosofi yang melambangkan misteri, pesimistis, dan juga kemustahilan, contohnya yaitu seperti kamu menyukai pada seseorang, tetapi kamu menganggap orang yang kamu sukai itu tidak mungkin memiliki perasaan yang sama seperti apa yang kamu rasakan.

  1. Bunga Mawar Kuning

Filosofi dari bunga Warna kuning ini yaitu adalah tentang keindahan, kehangatan hati, persahabatan sejati dan hati yang tulus. Semua makna yang terkandung yang ada di dalam bunga mawar kuning ini mengandung makna yang positif. Walaupun pada zaman victoria dulu, bunga ini di maknai yaitu sebagai lambang perselingkuhan dan kecemburuan.

  1. Bunga mawar hitam

    mawar hitam
    mawar hitam

Filosofi dari bunga mawar berwarna hitam ini memiliki ari yaitu kematian, awal yang baru, dendam, dan kebencian, serta simbol perlawanan dan keberanian, seperti yang pernah di lakukan pada tentara pasukan irlandia ketika saat bertempur melawan penjajah inggris.

Bunga mawar hitam ini sebagian orang menganggapnya fiktip, walaupun bunga mawar ini sebenarnya memang ada, walaupun hanya ada di satu tempat, yaitu di dekat sungan eufrat, provinsi halfeki, turki. Bunga mawar hitam ini juga termasuk jenis bunga yang terlangka, dan keadaanya pun hampir punah.

Fakta Tentang Bunga Mawar

Warna dari bunga mawar ini tergantung pada jenis spesiesnya, biasanya bunga yang  terindah di dunia ini memiliki wana yaitu warna putih, merah muda, pink, kuning, orange, merah dan juga ada yang berwarna hiram yang ada di turki.

Setiap warna yang di miliki oleh bunga mawar itu memiliki arti dan simbol tersendiri. Seperti warna merah, melambangkan yaitu tentang cinta, bunga mawar kuning bersimbol persahabatan, warna orang yaitu tentang antusiasme, warna putih memiliki simbol kesucian, dan bunga warna merah muda memiliki simbol sukacita.

Manfaat dari Bunga Mawar

Selain warnanya yang beragam, ternyata bunga mawar memiliki manfaat. Berikut adalah manfaat bunga mawar:

Dari segi kesehatan:

  • Ketika di gunakan aromatically, berguna untuk menenangkan pikiran.
  • Minum secangkir teh mawar berguna untuk membantu memerangi depresi.
  • Teh rose dapat membantu memerangi kelelahan kronis dan insomnia
  • Aroma rosenya dapat membangkitkan anda untuk mrningkatkan libido.
  • Bekerja sebagai anti spasmodi, dan efisien mengurangi kejang pada paernapasan, usus,dan kejang otot di tungkai.
  • Membantu mengatur dan menyeimbangkan produksi hormon.
  • Meningkatkan sirkulasi, mengurus jantung, mengurangi tekanan darah dan memabntu penyembuhan sakit kepala, asma dan infeksi penyakit tertentu.

Manfaat Bunga mawar untuk kecantikan:

  • Bunga mawar dapat di gunakan untuk membersihkan wajah dan menghilangkan kotoran dan make up,dan juga membantu untuk mengencangkan pori-pori.
  • Minyak alami yang ada di bunga mawar dapat membantu kelembaban kulit yang membantu untuk menjaga kulit agar tetap terasa halus dan lembut. Kadar gula yang ada pada kelopak mawar dapat membuatnya sempurna untuk mereka yang memiliki kulit sensitif, karena langsung dapat menciptakan perasaan yang menenangkan.
  • Dapat membuat kulit anda bersinar, jika menggunakan beberapa tetes air mawar.
  • Sifat anti bakteri di dalam bunga mawar dapat memerangi jerawat.
  • Dapat membantu menenangkan kulit yang iritasi dan kemerahan.
  • Vitamin C yang ada pada bunga mawar dapat berguna sebagai antioksidan yang indah, yang dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat matahari terbenam.
  • Berguna untuk rambut anda, ketika menggunakan shampo, tambahkan beberapa tetes air mawar ini, dan
  • Dapat membantu menumbuhkan rambut dengan cepat.

Itulah sedikit tentang mawar. Sekian dari saya, terima kasih.

Leave a Reply