abstrak-lingkaran-lukisan
abstrak-lingkaran-lukisan

Pengertian dan Macam-Macam Jenis Seni

Posted on

Selamat pagi semua? Bagaimana kabar kalian di pagi hari yang cerah ini? Di pagi hari ini saya akan membahas dan menuliskan tentang Pengertian Seni dan Macam-Macam Seni. Oke langsung saja ke topic pembahasan pada pagi hari ini.

Pengertian Seni

secara umum adalah segala sesuatu yang dibuat manusia yang memiliku unsur keindahan yang mampu membangkitkan perasaan orang lain.

Adapun istilah seni berasal dari kata sansakerta dari kata sani yang mempunyai arti persembahan, pemujaan dan pelayanan yang erat hubungannya dengan suatu upacara keagaaman yang disebut dengan kesenian.

Pengertian seni yang palingg awal adalah meniru. Dan itu lah pngertian seni yang pertam kali di utarakan oleh Arsitoteles bahwa seni adalah sebuah peniruan pada alam tetapi dengan tetap menjaga sifat idealnya atau disebut juga dengan mimesis atau mimetric art (Seni Mimetrik). Pengertian seni sendiri ini menurut Arsitoteles adalah manusia ini memang memiliki sifat alami dalam meniru sesuatu , dan dipercaya bahwa seni misalnya seni music ini merupakan tiruan dari harmoni dan ritme yang terdapat di lingkungan sekitar. Tetapi pada saat itu ada beberapa yang menentang termasuk Plato.

Dan dengan berkembangnya ilmu teknologi dan ilmu pengetahuan manusia, manusia memberikan seni dalam beberapa arti yang baru sesuai dengan perkembangan seni tersebut. Dan berikut ini adalah pengertian seni dalam dunia modern. J.J Hogman ini adalah seorang budayawan dan seorang penlis buku The Word Of Man dia berpendapat bahwa sen adalah yang memiliki unsur ide artifak dan aktivitas. Dan dapat kita simpulkan bahwa pengertian seni masih mengikuti pendapat Arsitoteles.

Dan yang selanjutnya adalah pengertian seni menurut Alexander Baum Garton bahwa seni ini adalah sebuah keindahan dan seni ini memiliki tujuan yang positif, untuk menjadikan para penikmat menjadi bahagia.

Pengertian seni yang selanjut nya adalah menurut James Murko bahwa seni adalah ini adalah rasa indah yang sudah terkandung pada jiwa manusia, dan dilahir kan dari perantaraan komunikasi  dalam bentuk yang dapat ditangkap oleh indra pendengar dan pengelihatan atau dilahirkan dari perantara penggerak.

Dan yang selanjut nya adalah pengertian seni menurut Ki Hajar Dewantara pengertian seni merupakan hasil keindahan sehingga bisa menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnnya. Oleh sebab itu, perbuatan manusia yang bisa mempengaruhi serta menimbulkan perasaan indah adalah seni.

Dan yang selanjutnya adalah menurut Hilary Bel tentang pengertian bahwa seni adalah istilah yang sudah digunakan untuk semua karya yang dapat mengunggah hati kita untuk, mencari tahu siapa yang menciptakan nya.

Dan yang selanjutnya pengertian seni menurut Sudarmiji Pengertian seni adalah segala manifestasi batin serta pengalaman estetis dengan menggunakan media garis, bidang, tekstur, warna, volume dan juga gelap terang.

Dan yang terakhir adalah menurut Ira Adriati M,Sn (Dosen Seni dari ITB) yang merupakan salah satu pengertian seni yang menggabungkan pada bebrapa pengertian seni oleh para ahli ahli lainnya bahwa seni ini adalah sebuah proses dan produkdari memilih medium, dan merupakan suatu peraturan untuk sebuah penggunaan medium tersebut, dan suatu set nilai – nilai yang menentukan apa yang pantas untuk di ekpresikan lewat medium tersebut. Untuk menyampaikan kepercayaan, gagasan, sensasi, atau pun perasaan dengan cara yang efektif dan mungkin untuk medium itu.

Dan pengertian seni ini akan terus berkembang dengan seiring berkembang nya zaman teknologi penciptaan rasa yang ada dalam diri manusia sendiri, oleh karena itu sekarang kita dapat berbagi  macam macam jenis seni yang. Dan berikut ni adalah macam macam jenis seni:

Macam macam Seni

Secara umum segeala sesuatu yang indah dan berkesan adalah sebuah seni. Dan cara menangkap kesan dan agar menghasilkan kesan tersebut yang membedakan seni itu sendiri dan dapat membuat beberapa macam seni yaitu:

  1. Seni rupa

    seni rupa modern
    seni rupa modern

Yang pertama adalah Seni Rupa pengertian dari seni ini adalah hasil ciptaan yang sangat berkualitas , dari hasil keindahan alam atau eksperimen atau segala hal yang telah melebihi keasliannya serta klasifikasi dari objek objek terhadap kriteria tertentu yang diciptakan menjadi suatu struktur sehingga dapat dinikmati dengan menggunakan indera mata dan peraba. Seni Rupa intinya adalah sebuah karya seni rupa yang membuat bentuk sehingga dapat dinikmati oleh indera mata atau secara visual.

  1. Seni Musik

Yang ke dua adalah Seni Musik ini adalah hasil dari ciptaan manusia yang menghasilkan bunyi ritme dan harmoni yang indah bagi pendengar nya. Bunyi yang di hasil kan oleh seni music ini merupakan hasil dari suara manusia. Misalnya menyanyi, atau akapela atau dapat dihasilkan dari alat music contohnya dari alat music seperti piano, gitar, dan alat music lainnya.

  1. Seni Tari

Yang ketiga adalah Seni Tari ini juga hasil dari ciptaan manusia yang sedang mengkreasikan gerkan dari tubuh dalam menghasilkan keindahan bagi yang melihatnya. Dengan Seni Tari ini lah manusia menggunakan bagian bagian dari tubuh mereka sendiri sperti dari mata, tangan, kaki, badan, dan yang lainnya dan dalam mengkonsumsikan eksprsi rasa dan bentuk keindahan. Seni Tari sring digabungkan dengan Seni Musik dan digabungkan juga dengan Seni Rupa  untuk melengkapi penyampaiannya rasa yang ada.

  1. Seni Teater

    seni teater
    seni teater

Yang ke empat adalah Seni Teater seni ini uga dihasilkan oleh manusia dan dalam menyisualisasikan imajinassi atau gambaran yang ada dalam pikiran nya yang sudah berhubungan dengan tingkah laku manusia baik sebagai manusia individual kelompok atau pun bermasyarakat. Seni Teater ini layaknya  seni tari yang sering di isi oleh seni rupa dan seni music dan bahkan juga memasukkan seni tari sehingga pesan yang di inginkan agar dapat tersampaikan kepada penikmat senni itu sendiri.

  1. Seni Sastra

    seni sastra
    seni sastra

Yang kelima adalah Seni Sastra dan seni yang satu ini adalah seni yang terbentuk dari segala hal hasil dari kreasi manusia yang sudah dinikmati dari segi visual dan dari makna yang sudah dimilikinya. Hal ini di karenakan Seni Sastra menggambarkan keindahan dalam bentuk kata kata, baik itu ditulis atau pun di suara kan. Misalnya kaligrafi, puisi, dan tulisan.

Mungkin cukup sekian artikel pada pagi hari yang cerah ini yang berjudul tentang Pengertian Seni dan Macam-Macam Seni semoga dalam artikel kali ini saya bisa membantu anda dalam menyelesaikan permasalahan anda. Dan jangan lupa ikuti terus perkembangan artikel artikel terbaru dari saya, dan jika anda tidak suka atau ada yang salah dalam saya menulis silahkan comment dibawah ini dan jangan bosan bosan untuk membaca karena membaca adalah jendela dunia sekian dulu artikel di pagi hari ini. Jangan lupa di like comment and sher yaa. See You Again.

Leave a Reply