cara membuat tahu crispy
bahan untuk membuat tahu crispy

Cara Membuat Tahu Crispy Yang Nikmat, Lezat, Dan Gurih

Posted on

Tahu merupakan makanan yang sudah akrab menjadi bahan baku untuk membuat berbagai olahan panganan dalam kehidbagi tumuhupan sehari – hari. Pada dasarnya tahu dibuat dari kedelai dan memiliki strektur yang lembut dan cukup banyak memiliki kandungan gizi. Tahu  merupakan bahan olahan panganan yang sederhana karna harga yang terjangkau dan dapat ditemukan dengan mudah oleh semua kalangan masyrakat. memang terlihat begitu sepele, akan tetapi tahu dapat dijadikan menjadi berbagai aneka panganan atau kuliner yang lezat dan bergizi.

Saat ini tahu merupakan makanan yang sudah populer dan mendunia akan tetapi banyak orang yang belum mengetahui cara membuatnya. Tahu sendiri sudah ada sejak 164 sm di daratan china sekitar 2200 tahun yang lalu. Menurut penelitian penemunya adalah liu an yang merupakan cucu dari kaisar han gaozu, ternyata tahu sudah ada sejak bertahun – tahun yang lalu. Di indonesia tahu adalah makanan yang sangat disukai atau digemari dan hampir menjadi bagian dari berbagai macam kuliner yang ada di indonesia ini. Rasanya yang lezat dan nikmat juga memiliki kandungan gizi yang banyak membuat makanan yang murah ini banyak di buru oleh banyak orang. Dan sebenarnya hara tahu itu tidak terlalu mahal, hanya dengan mengeluarkan beberapa rupiah saja kita suda bisa mendapatkanya tampa harus mengeluarkan banyak uang.Namun pernahkah anda berfikir untuk membuatnya sendiri di rumah. Bagi anda yang berfikif ingin membuat tahu sendiri di rumah tidak perlu kuatir, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa langkah cara pembuatan tahu. Berikut langkah – langkah pembuatan tahu.

bahan pembuatan tahu
cara membuat tahu

Cara Membuat Tahu

Bahan yang perlu disiapkan:

  • Air
  • 100 ml cuka makan
  • 1kg kacang kedelai yang sudah direndam semalam

Alat yang diperlukan:

  • Saringan
  • Panci besar
  • Blender
  • Serbet makan/ kain

Cara membuatnya:

  1. Masukan kacang kedelai yang telah direndam semalaman kedalam baskom atau panci untuk di pecah dengan cara meremas – remasnya.
  2. Setelah dibersihkan masukan kedelai kedalam belender dan jangan lupa beri air secukupnya setelah itu belender hingga halus.
  3. Ketika telah selesai maka akan menjadi seperti susu kedelai, setelah itu rebus air kedelai tadi mengunakan panci, rebuslah hingga mendidih.
  4. Selanjutnya siapkanlah baskom untuk tempat air dingin. Ketika air rebusan kedelai itu telah mendidih maka akan muncul busa.
  5. Maka segera tambahkan air dingin sedikit demi sedikit dan turunkanlah suhu kompor. Setiap busa mulai muncul lagi berikan air dingin sedikit demi sedikit, Tetaplah rebus air kedelai itu hingga busa habis atau meghilang, setelah itu biarkan rebusan air kedelai itu di atas kompor dengan api kecil selama 20 menit, setelah itu matikanlah kompor dan biarkan air rebusan itu dingin.
  6. Setelah air rebusan itu mulai dingin segera saring mengunakan saringan yang di bagian atasnya di lapisi dengan serbet makan / kain. Peraslah ampas rebusan air kedelai tadi hingga air perasan keluar semuanya. Dan ampas yang tersisa janhanlah anda buang, anda dapat membuatnya menjadi perkedel atau dapat anda masak sesuai dengan selera anda.
  7. Lalu Air hasil penyaringan tersebut rebuslah di atas kompor dengan api yang sedang, rebuslah namun perebusan ini tidak sampai mendidih.
  8. Setelah itu angkatlah air reusan kedelai itu   dari kompor lalu masukan 100 ml cuka makan, aduk sebentar hingga merata. Diamkan air rebusan itu selama 30 menit maka dengan sendirinya air rebusan itu akan terpisah menjadi calon tahu dan air.
  9. Saring massa tahu denganserbet makan atau kain yang bersih hingga air keluar, setelah itu susun pada cetakan yang ingin anda gunakan kemudian tindih dengan mengunakan pemberat sehinng semua air keluar. Biarkan sekitar 15-20 menit.
  10. Setelah itu tahu buatan anda sendiri pun jadi dan potonglah sesuai ukuran yang anda inginkan dan siap untuk anda masak.

    bahan pembuatan tahu
    cara membuat tahu

Di zaman yang semakin moderen dan canggih ini pembuatan tahu mungkin dapat berlangsung dengan mudah karna mengunakan alat – alat yang di jalankan oleh mesin tidak lagi manusia, akan tetapi juga ada beberapa pengerajin tahu yang masih mengunakan cara yang sederhana dan cukup menguras tenaga. Dan saat inipun tahu juga telah dikembangkan menjadi beberapa jenis tahu, di antaranya yaitu, tahu putih, tahu kuning, tahu sutera (tofu), tahu pong, tahu susu, tahu air, tahu kulit. Yang pada dasarnya cara pembuatan tahu – tahu ini sama.

Dan di saat ini, selain dimasak sebagai lauk, tahu juga di olah menjadi berebagai macam olahan yang nikmat dan namanya cukup terkenal diantaranya yaitu, keripik tahu, tahu bulat, tahu crispy dan masih banyak lagi olahan yang lainya. Dan olahan tahupun kini juga menjadi peluang bisnis yang sanhat menjanjikan dan menguntungkan.

Dalam kesempatan ini kami ingin membahas olahan makanan yang berbahan dasar dari tahu yaitu tahu crispy. Mungkin tidak asing lagi bagi anda tentang makanan yanhg satu ini, karna sudah dapat anda jumpai dimana- mana.Tahu crispy menjadi salah satu cemilan favorit untuk keluarga,  karna rasanya yang gurih dan teksturnya yang sangat renyah. Dan selain rasanya yang nikmat harga tahu crispypun juga sangat terjangkau, serta sangat mudah untuk di dapatkan di mana saja.

cara membuat tahu crispy
bahan untuk membuat tahu crispy

Salah satu keunggulan tahu crispy ini adalah dapat dinikmati di saat anda sedang berkumpul bersama keluarga, teman, kerabat, atau bahkan di saat anda sedang melakukan perjalanan atau berpergian. Maka tidak heran lagi kalau tahu crispy ini cocok untuk menemani aktivitas  sehari – hari anda. Pada umumnya, tahu crispy  dibuat dengan berbahan dasar tahu dan diolah dengan racikan bumbu yang pas, sehingga terciptalah cemilan yang nikmat dan lezat yang biasa dikenal dengan nama tahu crispy. Tahu crispy sendiripun merupakan panganan atau cemilan yang belum diketahui berasal dari daerah mana , tapi banyak yang mengaaggap dengan kedatangan cemilan tahu crispy ini dapat meramaikan kuliner nusantara yang banyak diburu oleh masyrakat.

Tahu crispy ini mulai populer sejak tahun 2013 sampai saat ini, bahkan saat ini tahu crispy menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan dan banyak pengusaha yang menekuni usa tahu crispy ini. Tahu crispy berbahan dasar dari tahu putih yang di balut dengan tepung terigu dan diberi bumbu halus yang membuat rasanya menjadi semakin gurih dan nikmat. Dan bahan – bahan untuk membuatnya pun sangat mudah untuk di dapatkan.

cara membuat tahu crispy
bahan untuk membuat tahu crispy

Sebetulnya cara membuat tahu crispy ini sangatlah gampang atau mudah, anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Bagi anda yang belum mengetahui caranya tidak perlu kuatir, di bawah ini terdapat cara- cara membuat tahu crispy yang memiliki cita rasa yang gurih dan lezat untuk dinikmati. Berikut beberapa cara untuk membuat tahu crispy:

Cara Membuat Tahu Crispy  

Bahan – bahan yang perlu disiapkan

  • Tepung terigu ¾ kg
  • Tahu putih 10 buah (sesuaikan dengan kebutuhan anda)
  • Garam secukupnya
  • Baking powder 2 sdt
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus

  • Penyedap rasa 1 bungkus
  • Garam secukupnya
  • Bawang putih 4 siung
  • Merica bubuk secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat Tahu Crispy

  1. Langkah yang pertama yaitu, cucilah tahu yang sudah disiapkan, lalu kukuslah kurang lebih selama 15 menit.
  2. Setelah itu potonglah tahu yang sudah dikukus dengan bentuk kotak atau sesuaikan dengan selera atau keinginan anda.
  3. Selanjutkan haluskan semua bumbu yang telah dipersiapkan, lalu tambahkan air.
  4. Tahu yang telah dipotong – potong rendamlah kedalam air yang sudah diberi bumbu tadi, kemudian masukanlah kedalam lemari pendingin kurang lebih selama 1 jam.
  5. Selagi masih menunggu tahu di dinginkan, buatlah adonan dengan cara mencampurkan tepung terigu, baking powder, garam, dan penyedap rasa, lalu aduklah hingga merata.
  6. Setelah itu keluarkan tahu yang didinginkan tersebut, lalu campurkan tahu kedalam adonan tersebut.
  7. Panaskan minyak pada wajan pengorengan dengan minyak yang banyak, lalu masukan tahu yang telah dilumuri adonan itu kedalam wajan itu, dan gorenglah tahu sampai bewarna kuning kecoklatan (sampai matang)
  8. Kemudian angkat dan tiriskan, tahu crispy yang gurih dan nikmat siap untuk disantap.

 Dan silahkan anda menikmatinya bersama dengan cabai atau saus.Dan silahkan anda untuk mencomanya dan silahkan anda kreasikan sesuai dengann keinginan anda, semoga berhasil.

Leave a Reply