bumi
bumi

Rotasi Bumi

Posted on

Rotasi bumi yaitu perputaran bumi pada porosnya. Dan kala rotasi adalah waktu yang di butuhkan oleh suatu benda untuk berputar putar pada porosnya.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang akibat rotasi bumi lengkap dengan penjelasan dari masing-asing akibat tersebut. langsung saja kita simak materinya.

tata surya

Proses Rotasi Bumi

Proses rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya. Rotasi bumi ini ada arahnya gak sembarangan berputar,bumi berputar menuju kearah timur atau berlawan arah jarum jam yang ada. Rotasi ini menyebabkan berbagai dampak arah rotasi bumi yang dapat kita rasakan dari kota kota, daerah daerah dan lain lain. Salah satu diantaranya adalah kita bisa menjumpai malam dan siang, meskipun panjang malam dan siang antara satu tempat dengan tempat yang lain berbeda- beda waktunya.

Dampak Rotasi Bumi

Rotas bumi adalah suatu peristiwa harian yang di lakukan oleh para bumi yang di tempatin tersebut. Hanya bumi saja, namun planet planet yang lainnya juga di tata surya yang lainnya.setiap aktivitas manusia atau kegiatannya manusia yang di lakukan benda benda langit pastilah menimbulkan dampak yang negative nkyang di rasakan oleh para manusia yang ada di bumi. Adanya rotasi bumi, dapat menimbulkan berbagai macam dampak atau akibat yang nantinya bisa kita rasakan. Bahkan beberapa dampak dari rotasi bumi ini akan menjadi peristiwa harian di bumi.

Macam macam akibat rotasi bumi

  • Terjadinya siang dan malam
  • Terjadinya derak semu harian matahari
  • Terjadinya perbedaan waktu di berbagai tempat
  • Terjadinya perbedaan gravitasi di bumi
  • Terjadinya pembelokan arah arus laut

Berikut akibat rotasi bumi

bumi

1.Terjadinya siang dan malam

Berputarnya bumi pada porosnya mengakibatkan sebagian bumi ada yang menghadap ke matahari ( siang ) dan ada juga bumi yang menghadap ke bulan ( malam ). Bagiann bumi yang menghadap matahari akan mengalami waktu siang karena akan mendapatkan cahaya sinar matahari tersebut. Dan bumi yang menghadap kearah belakang akan mengalami waktu malam karena tidak mendapatkan cahaya sinar matahari.

2.Terjadinya gerak semu harian matahari

Gerak semu harian matahari adalah seakan akan matahari bergerak mengelilingi bumi pada hal bukan matahari yang mengeliling bumi tap bumi lah yang mengelilingi matahari setiap panjang masa. Pada pagi hari matahari terbit di sebelah timur, pada siang hari matahari berada di atas kepala kitadan dan pada di sore hari matahari tampak mau terbenam di sebelah barat yang ada di arah lautan.

3.Terjadinya perbedaan waktu di perbagai tempat di bumi

Bagian gelap atau terang itu mengakibatkan terjadinya siang dan malam juga akan mendapatkan akibat terjadinya perbedaan waktu di bumi. Bumi terbagi menjadi 24 daerah waktu. Kota Greenwich di Inggris dilalui garis bujur 0⁰ dan ditetapkan sebagai  pusat daerah waktu di dunia. Setiap ada perselihan 15⁰ menyebabkan perselihan perbedaan waktu 2 jam.

Sebaagian bumi disebelah timur Greenwich mengalami perbedaan waktu yang lebih cepat dari Greenwich, sedangkan sebagian bumi di sebelah barat Greenwich mengalami perbedaan waktu yang lebih lambat dari Greenwich. Hal ini disebabkan arah rotasi bumi dari arah barat ke arah timur sehingga sebagian bumi yang lain sebelah timur akan lebih dulu menghadap matahari dari pada bulan.

4.Terjadinya perbedaan gravitasi bumi

Rotasi bumi menimbulkan gaya sentrifugal. Gaya sentrifugal adalah gaya arah yang menjauhi pusatnya. Gaya sentrifugal yang mengakibatkan oleh rotasi bumi menyebabkan bumi tidak bulat sempurna karena pepat pada kedua kutubnya dan menggembung pada khatulistiwa sehingga diameter kutub bumi lebih kecil dari pada diameter khatulistiwa. Hal ini menyebabkan percepatan gravitasi bumi lebih besar di daerah kutub dari pada di derah khatulistiwa tersebut.

5.Terjadinya pembelokan arah mata angi yang ada

Angina ialah udara yang selalu bergerak atau berpindah pindah tempat karena tekanan udara. Menurut hukum Buys Ballot angin bertiup dari tempat yang bertekanan tinggi menuju tempat yang bertekanan lebih rendah. Pada belahan di sebelah bumi selatan arah angin berbelok kearah kekiri dan pada belahan bumi utara arah mata angina berbelok kekanan.

Kalender Masehi

Kalender masehi juga merupakan mengakibat dari terjadinya rotasi bumi, maka pergerakan bumi mengelilingi matahari terjadi selama 365 hari dan setiap 4 tahun sekali akan terjadi tahun kabisat yang memiliki waktu lebih lama satu hari yang terjadi pada bulan februari tersebut.

Perubahan musim

Seperti yang kalian ketahui sebelumnya bahwa bumi itu bulat tetapi setelah di teliti bumi itu tidak bulat dan bumi berputar pada porosnya. setiap daerah dipermukaan bumi memiliki jarak matahari yang sangat berbeda-beda. terjadinya perbedaan musim antar daerah merupakan salah satu akibat rotasi bumi yang terakhir. daerah yang paling dekat dengan matahari (khatulistiwa) yang berada pada iklim tropis akan mengalami musim hujan dan panas saja karena jauh dari daerah kutub yang notabennya jauh dari matahari seperti kutub utara.

6.Terjadinya pembelokan arah arus laut

Pada belahan bumi selatan arah arus laut berbelok berlawanan dengan arah perputaran arah arum jam yang ada, sedangkan pada belahan bumi berbelok kerah utara arah arus laut bergerak pembelokan arah mata angin dan arah arus berlawanan dengan arah jarum jam yang ada di sana. Gerak pembelokan arah angin dan pembelokan arus laut sebagai akibat rotasi bumi disebut efek Coriolis.

Revulosi bumi

revolusi

Revolusi bumi adalah peristiwa berputarnya bumi mengelilingi matahari menurut
lintasannya yang ada. Arah perputarannya tersebut berlawanan dengan putaran jarum pada halkan harus berurutan bukan berlawanan. Terjadinya revolusi bumi ini sendiri dikarenakan adanya gaya tarik antara matahari dengan bumi. Untuk sekali melakukan revolusi, bumi membutuhkan waktu sekitar 365 hari 6 jam 9 menit dan 10 detik atau sekitar 1 tahun.

Akibat yang ada di revolusi bumi

1.Terjadi perbedaan siang dan malam

Di setiap daerah memiliki perbedaan yang sangat lama siang dan malam yang berubah tiap bulannya juga lama. Perbedaan ini terjadi karena kombinasi antara revolusi bumi dan -kemiringan sumbu bumi terhadap bidang ekliptika. Keadaan ini paling jelas terlihat jika diamati di sekitar kutub utara dan kutub selatan bumi.

2.Perbedaan Semu Tahunan

Gerak semu tahunan ini adalah pergeseran posisi matahari ke arah sebelahan bumi utara dan selatan. Gerak ini disebut semu karena sebenarnya matahari tidak bergerak dari posisinya pada hal yang bergerak adalah buuminya bukan mataharinya, hanya terlihat seolah-olah matahari itu bergerak gerak sendirinya.

3.Terjadinya Perubahan Musim

Perubahan musim terjadi di bumi adalah salah satu dari akibat dampaknya revolusi bumi, ini terjadi akibat dari perolehan cahaya mataahari yang diterima di tiap daerah yang ada di plosok plosoknya atau sebaliknya.

Leave a Reply