kanker
kanker

Macam Macam Kanker dan Faktor Penyebab Kanker

Posted on

Kanker merupakan suatu penyakit yang mana bisa membuat orang yang penderita kangker, dapat mengakibatkan kematian. Sejak saat ini, penderita penyakit kangker ini di indonesia belum di ketahui secara pasti, tetapi setiap tahun ke tahun selalu meningkat. Hanya beberapa macam kangker saja yang dapat diobat saat masih stadium rendah.

Kanker adalah suatu penyakit yang di sebabkan oleh sel-sel jaringan yang ada di tubuh yang bersifat tidak normal. Sel-sel kangker yang ada di tubuh akan berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan akan terus membelah diri.

Setelah membelah diri, selanjutnya sel akan menyusup ke jaringan sekitarnya, dan akan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan akan menyerang organ-organ pernting, dan akan menyerang syaraf tulan belakang.

Jika sel masih dalam keadaan normal, sel hanya akan membelah diri, jika ada pergantian sel-sel yang telah mati dann rusak. Sebaliknya, sel kangker akan membelah terus menerus meskipun tubuh itu tidak memerlukanya, sehingga dapat terjadi penumpukan sel-sel baru yang biasa di sebut dengan tumor ganas. Penumpukan sel tersebut akan mendesak dan merussak jaringan norma, sehingga dapat menggangu organ yang di tempatinya.

Kangker dapat terjadi disetiap organ tubuh. Mulai dari kaki sampai bagian kepala. Bila kangkernya terjadi di bagian permukaan tubuh, itu akan mudih di ketahui obatnya, namun jika terjadinya di dalam tubuh, akan sulit di ketahui obatnya, kadang-kadang tidak memiliki gejala, kalaupun timbul gejalanya, biasanya sudah stadium yang lanjut, sehingga akan sulit di obati.

Macam- Macam Kangker

Di indonesia ini banyak sekali macam-macam kangker yang dapat di derita oleh rakyat kita, yaitu:

  • Kangker Otak

Biasanya gejala kangker otak ini berawal dari sakit kepala yang sangat sakit pada pagi hari, dan berkurang jik asudah siang hari. Epilepsi, lemah, mati rasa yang terjadi pada lengan dan kaki, kesulitan dalam berjalan, mudah mengantuk, perubahan yang tidak normal pada paenglihatan, perubahan pada sifat kepribadian, perubahan pada ingatanya, dan sulit untuk berbicara.

  • Kangker Mulut

Gejala dari kangker mulut ini biasanya terdapat sariawan pada mulut, lidah dan gusi yang tidak kunjung sembuh.

  • Kangker Tenggorokan

Gejala dari kangker tenggorokan ini biasanya sering terjadi batuk yang terus menerus, suaranya serak dan parau.

  • Kangker Paru-Paru

    kangker paru-paru
    kangker paru-paru

Gejala dari kangker Paru-Paru ini biasanya sering terjadi batuk yang terus menerus, batuk yang bercampur dengan darah, rasa sakit yang terjadi pada darah. Biasanya Kangker ini terjadi kebanyakan para pengkonsumsi Rokok.

  • Kangker Payudara

Gejala Kangker ini hanya terjadi pada wanita, biasanya terjadi ketika adanya benjolan, penebalan kulit, perubahan bentuknya, merasakan gatal-gatal, kemerahan, rasa sakit yang tidak ada hubunganya ketika sedang menyusui atau menstruasi.

  • Kangker Saluran Pencernaan

Gelaja Kangker ini biasanya terjadi ketika terjadinya darah di dalam kotoran, yang biasanya di tandai dengan warna merah matang, atau berwarna hitam, rasa tidak enak terus-menerus yang ada pada perut, benjolan yang ada pada kulit, rasa sakit pada saat setelah makan, penurunan pada berat badan.

  • Kangker Rahim(Uterus)

Gejala kangker ini biasanya terjadi ketika terjadi pendarahan di periode-periode datang bulan, pengeluaran darah saat mens yang berlebihan, dan rasa sakit yang sangat luar biasa.

  • Kangker Indung Telur(Ovarium)

Kangker ini biasanya terjadi ketika fase umur yang sudah lanjut.

  • Kangker Kolon

Gejala Kangker ini biasanya terjadi ketika adanya pendarahan pada rectum, ada darah pada kotoran, perubahan pada buang air besa(Diare yang tersu mennerus, atau kesulitan ketika buang air besar).

  • Kangker Kandung Kemih atau Ginjal

     

    Kangker Ginjal
    Kangker Ginjal

Gejala ini biasanya terjadi ketika adanya pendarahan pada air seni, rasa sakit atau rasa perih ketika membuang air kecil, kesulitan atau seringnya membuang air kecil, dan sakit saat pada kandung kemih.

  • Kangker Prostat

Gejala kangker ini biasanya terjadi ketika seringya kencing yang tidak lancar, rasa sakit yang terjadi pada pinggang belakang, penis, dan paha atas.

  • Kangker buah zakar

Gejala kangker ini biasanya terjadi adanya benjolan pada buah zakar, ukuran penanpungan pada buah zakar membesar dan menebal secara cepat, sakit yang terjadi pada perut bagian bawah, dada membesar dengan seketika, atau melembek dengan seketika.

  • Limfoma

Gejala kangker ini biasanya terjadi ketika adanya kelenjar getah bening membesar, dan kenyal seperti karet, terjadinya gatal-gatal, berkeringat ketika tidur malam, demam atau penurunan berat badan tanpa ada sebab yang jelas.

  • Leukemia

Gejala ini biasanya terjadi ketika wajah pucat, kelelahan kronis, penurunan berat badan, sering terkena infeksi, mudah terluka, rasa sakit yang terjadi pada tulang dan persendiaan, serta adanya mimisan.

  • Kangker Kulit

Gelaja ini biasanya terjadi ketika adanya benjilan pada kulit, yang menyerupai kulit, infeksi yang tidak sembuh-sembuh, adanya bintik-bintik, berubah warna dan ukuran, rasa sakit pada daerah tertentu, perubahan warna kulit berupa bercak-bercak.

  • Komplikasi

Biasanya gejala ini terjadi ketika adanya infeksi yaitu pada pasian yang mempunyai penyakit kangker stadium lanjut. Infeksi ini terjadi akibat kekurangan zat gizi dan protein dan zat lainya, serta penekanan sistem imun yang sering terjadi setelah pengobatan konvensional.

Penyebab Kangker biasanya tidak dapat kita ketahui secara pasti. Karena, penyebab dari kangker dapat merupakan gabungan dari sekumpulan faktor genetik dan lingkungan. Namun, ada beberapa faktor yang di duga dapat meningkatkan resiko adanya kangker, yaitu sebagai berikut:

`1.Faktor keturunan

Faktor keturunan juga merupakan dapat terjadinya kangker, faktor generik yang menyebabkan beberapa keluarga dapat memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita kangker terntenu, bila di bandingkan dengan kaluarga lainya. Jenis kangker yang cenderung diturunkan terhadap keluarga biasanya adalah kangker payudara, indung telur, kulit, dan kangker usus besar.

2.Faktor Lingkungan.

Faktor lingkungan juga maerupakan dapat terjadinya kangker, salah satunya adalah kangker paru-paru yang terjadi akibat asap rokok, sinar ultraviolet daari matahari, radiasi ionisasi.

3.Faktor Makanan Yang Mengandung Bahan kimia

Makana juga termasuk faktor yang penting yang dapat menyebabkan kangker, terutama kangker pada saluran pencernaan. Contohnya adalah: makanan yang di asap dan yang di diasamkan(dalam bentuk acar) itu dapat menyebabkan resiko kangker lambung. Kemudian minuman yang mengandung alkohol, yang dapat menyebabkan resiko kangker kerongkongan.

4.Virus

Ada virus yang dapat menyebabkan kangker yaitu, virus papiloma yang dapat menyebabkan kutil pada alat kelamin, Virus sitomegalo yang dapat menyebabkan kangker pada pembuluh darah, Virus hepatitis B dapat menyebabkan kangker pada hati,dan masih banyak lagi.

5.Faktor Perilaku

Faktor perilaku juga termasuh dapat menyebabkan kangker. Contoh: perilaku yang di maksud yaitu merokok dan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak dan daging yang tinggi, dan juga peminum minuman ber alkohol. Kemudian yaitu perilaku seksual, yaitu melakukan hubungan intim di usia dini, dan sering berganti ganti pasangan.

Itulah sedikit Macam-Macam dan Penyebab Kangker yang dapat terjadi pada diri kita. Maka dari itu, sayangilah diri kita, rawatlah diri kita, supaya kita tidak terkena penyakit kangker ini. Sekian dari saya, terima kasih.

Leave a Reply