FIFA
FIFA

Sejarah Dan Perkembangan Game FIFA dari Masa ke Masa

Posted on

Kalian semua pasti tau kan tentang game yang bernama FIFA, yah game ini merupakan game yang bergenre sport, game ini merupakan game terlaris sampai saat ini disamping game PES, FIFA dibuat ole perusahaan Electronic Arts atau yang biasa kita kenal sebagai EA. Tapi apakah kalian semua mengetahui tentang sejarah dari game FIFA ini sendiri, kapan pertama kali game FIFA ini dilunncurkan ke publik dan apasaja fitur yang dimuat dalam peluncuran game FIFA daru peluncuran pertama sampai sekarang ?.

Bagi kalian semua yang belum mengetahui semua itu, saya disini akan memberikan informasi dengan sedikit mengulas tentang game yang paling banyak peminatnya di seluruh dunia ini. Game yang diproduksi oleh Electronic Arts ini sudah mampu menyaingi kepopuleran dari game Pro Evolution Soccer yang diproduksi oleh perusahaan Konami.

Perkembangan Game FIFA dari Masa ke Masa

  1. FIFA International Soccer (FIFA 94)
FIFA 94
FIFA 94

Kesuksesan dari game FIFA ini dimulai sejak perusahaan Electronic Arts meluncurkan game yang bernama FIFA International Soccer atau yang biasa dikenal dengan FIFA 94, pada saat itu game ini diluncurkan ke publik pada tanggal 15 Juli 1993 dengan menyguhkan grafis yang menarik dan menakjubkan yang didesign sedemikian rupa sampai bisa dibilang sempurna pada zama itu (tapi anda jangan membandingkanya dengan zaman sekarang yaa). Meskipun sudah menyanding nama “FIFA”, tetapi game ini hanya memuat beberapa tim nasional dan sayangnya nama asli dari pemain pemain tidak dicantumkan dalam game ini, dan juga game ini mempunyai bug yang terkenal yakni saat pemain mencetak gol dengan cara berdiri di depan gawang dan menunggu bola rebound, namun bagi kalian yang masa kecilnya sudah bisa memainkan game ini tentunya sudah bisa merasakan kepuasan yang tersendiri karena pada zaman itu game ini merupakan game terbaik.

  1. FIFA Soccer 95
FIFA 95
FIFA 95

Game FIFA Soccer 95 merupakan game rilisan kedua dari game FIFA 94, didalam game ini hanya terlihat sedikit perubahan dari segi grafiknya dengan ditambahnya teknologi dari perusahaan Electronic Arts. Bukan hanya itu saja namun perusahaan EA juga menambahkan delapan liga yang berlisensi yakni Bundesliga, Amerika Serikat, Eredivisie Belanda, Liga Perancis Divisi 1, Liga Premier Inggris, La Liga Spanyol, Seri A Italia, walaupun sudah ada beberapa perubahan dalam game rilisan yang kedua ini, nama nama dari pemainnya masih tetap fiktif. Game ini mulai diterbitkan oleh perusahaan Electronic Arts pada tanggal 8 Juli 1994, pasti bagi kalian semua yang sudah pernah menjumpai game ini pada zaman itu, kalian pasti bisa merasakan kepuasan tersendiri bukan ?.

  1. FIFA Soccer 96
FIFA 96
FIFA 96

Pada tanggal 1 Juli 1995, perusahaan EA Sports kembali meluncurkan generasi game terbarunya yang bernama FIFA Soccer 96, pada versi kali ini, para pemain sudah menggunakan nama aslinya dalam pertandingan sepak bola, serta sudah mendapat lisensi penuh dari FIFPro. Perusahaan Electronic Arts juga sudah menambahkan teknologi 3D Virtual Stadium, tetapi dalam penggunaan tetap bisa dimainkan secara 2D. Dalam game FIFA pada rilisan kali ini sudah menambahkan rekaman-rekaman Jhon Moston, Des Lynham, Andy Gray dll sebagai komentator pada setiap pertandingan yang dimainkan, dan pada saat itu beberapa orang tersebut adalah komentator terbaik dari beberapa negara di dunia, nah munculnya suara komentator dimulai dalam rilisan game ini yang pasti akan membuat suasana setiap pertandingan menjadi lebih menarik dan seru untuk dimainkan.

  1. FIFA Soccer 97
FIFA 97
FIFA 97

Pada tanggal 24 Juni 1996, Perusahaan Electronic Arts sudah mempersembahkan peluncuran game FIFA versi terbaru, pada versi ini, perusahaan Electronic Arts sudah menambahkan Tagline Emotional Captured. Pada versi ini pula juga sudah menambahkan gerakan gerakan yang disediakan oleh David Ginola yang berdampak pada meningkatnya kelincahan para pemain dari pada versi-versi sebelumnya. Satu tambahan yang dianggap menggelikan oleh banyak orang pada waktu itu yaitu mode six-a-side dalam ruangan atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama streetball.

  1. FIFA : Road To World Cup 98 (FIFA 98)
FIFA 98
FIFA 98

Dalam seri yang terbaru ini, perusahaan Electronic Arts sudah menambahkan 16 stadion, perbaikan AI, Grafis pemain yang lebih halus, mode Road To World Cup dengan semua timnya, serta juga sudah ditambahkan juga soundtrack yang berkualitas yang menampilkan seniman-seniman terkenal dunia pada masa itu.

Dan juga fitur-fitur terbaru lainnya adalah kemampuan merubah ketegasan wasit secara manual dan memungkinkan beberapa pelanggaran tanpa dijatuhi hukuman apapun, jadi bagi kita yang mau bermain sedikit curang pada mode Road To World Cup, kita bisa menggunakan fitur yang satu ini. Game ini diluncurkan / dirilis pada tanggal 17 Juni 1997 untuk PlayStation, Windows 7, GameBoy, MegaDrive, SNES dan juga Nintendo 84

  1. FIFA Soccer 99
FIFA 99
FIFA 99

Didalam Versi FIFA 99 ini, Perusahaan Electronic Arts sudah menambahkan beberapa wajah baru, tinggi badan yang berbeda pada setiap pemain, setra peningkatan kit dan emblem walaupun belum berlisensi. Perusahaan Electronic Arts juga memutuskan untuk menghapus Liga Malaysia dan juga memasukan Divisi Belgia 1 da liga porugal. Fitur terbaru lainnya adalah European Dream League, didalam mode ini menerapkan konsep dimana ada 20 tim teratas bersaing satu dengan lainnya untuk memperebutkan gelar Raja Sepakbola Eropa.

  1. FIFA Soccer 2000
FIFA 2000
FIFA 2000

FIFA Socer 2000 dirilis pada tanggal 26 Oktober 1999. Pada game ini, EA Sports sudah menambahkan fitur Madden NFL, sistem komando yang digunakan untuk mengatur pemain mana yang akan di marking. Dan juga ada penambahan 40 tim nasional baru, peningkatan segi fisik pemain, animasi wajah yang baru dan juga penambahan mode Football Legend.

  1. FIFA 2001
FIFA 2001
FIFA 2001

Game yang dirilis oleh EA Sports pada tanggal 8 November 2000 ini sudah mendukung / support untuk dimainkan di Windows, PlayStation dan Playstation 2. Debutnya di game konsol PS 2 bisa dibilang sangat mengesankan karena sudah menggunakan design lapangan yang melingkar, serta game ini sudah memuat beberapa pemain terkenal pada masa itu.

  1. FIFA 2002
FIFA 2002
FIFA 2002

Pada versi game kali ini, FIFA 2002 dirilis pada tanggal 1 November 2001, perusahaan Electronic Arts menambahkan fitur daya bar, tentusaja fitur ini membantu para gamers untuk mengontrol tendangan, skill para pemain-pemainnya. Game ini diluncurkan dan diperuntukan untuk Windows, Playstation, Playstation 2 dan nintendo Cube

  1. FIFA 07
FIFA 07
FIFA 07

Perbandingan utama yang bisa kita ketahui dari game ini adalah penambahan mode baru yaitu Interactive Leagues, game ini juga sudah disertai fitur untuk membuat pemain dan stadion baru beserta timnya, dan juga penambahan stadion baru seperti halnya Wembley Stadium, Emirates Stadium dll.

  1. FIFA 13
FIFA 13
FIFA 13

EA Sports juga sudah meluncurkan generasi FIFA 13 pada bulan oktober, didalam game ini sudah terdapat fifa ultimate team untuk bermain secara online, game ini sudah memiliki grafis yang sangat bagus , game ini sudah tersedia juga untuk PC, PS3, PS Vita, XBOX dan Mobile.

Itulah sejarah dan perkembangan dari game FIFA yang dibuat oleh Perusahaan Electronic Arts, semoga artikel ini bermanfaat.

Terima kasih atas perhatianya dan salam gamers.

Incoming search terms:

  • sejarah game fifa

Leave a Reply