Cerita Rakyat Indonesia

Kumpulan Cerita Rakyat Indonesia

Posted on

Cerita rakyat adalah cerita dimasa lampau yang berasal dari dan berkembang dari masyarakat yang sudah menjadi ciri khas bagi setiap bangsa yang memiliki kultur budaya yang bermacam-macam dan juga beraneka ragam, dan juga memiliki sejarah yang dikenang oleh masing-masing bangsa. Umumnya cerita rakyat mengisahkan tentang suatu kejadian yang mengisahkan asal mulanya suatu tempat, suatu kejadian disebuah tempat atau terjadinya suatu peristiwa. Cerita rakyat biasanya ditokohi oleh tokoh yang berwujud hewan atau binatang, manusia bahkan sampai dewa.

Cerita rakyat memiliki ciri-ciri yaitu diantaranya adalah :

  • Kaya akan nila-nilai luhur.
  • Bersifat tradisional.
  • Berkembang mulai dari mulut ke mulut.
  • Banyak memiliki versi dan juga bervariasi.
  • Disampaikan mulai turun-temurun.
  • Mempunyai sifat anonim, yang artinya nama pengarangnya tidak ada.
  • Tidak diketahui siapa yang pertama kali membuatnya.
  • Cerita rakyat ini disampaikan dengan secara lisan.
  • Mempunyai beraneka bentuk klise dalam cara pengungkapannya atau susunannya.

Banyak jenis-jenis cerita rakyat ini yaitu antara lain cerita binatang, cerita asal-usul atau legenda, cerita jenaka, cerita pelipur lara. Agar lebih mengetahui mari kita bahas bersama-sama.

  1. Cerita Binatang

Cerita binatang biasa juga dikenal dengan nama Fabel. Fabel merupakan cerita rakyat dengan tokoh-tokohnya yaitu adalah binatang dengan berperan seperti layaknya manusia biasa. Biasanya tokoh-tokoh binatang dicerita fabel ini bisa makan, minum, berkeluarga, berbicara seperti layaknya manusia biasanya. Namun sebenarnya, maksud atau tujuan dari cerita fabel ini yaitu untuk menggambarkan metamorfosis kehidupan manusia yang diperankan melalui binatang yang tujuannya yaitu semata-mata agar tidak menyinggung kepada orang yang membacanya ataupun melihatnya.

  1. Cerita Asal Usul atau Legenda

Cerita asal usul atau legenda ini adalah cerita yang mengisahkan terjadinya atau asal usul sebuah tempat tersebut terbentuk atau terjadi. Cerita legenda ini, secara garis besar memiliki tiga jenis yaitu :

  • Cerita Asal-Usul Binatang

Contohnya : Darah dari ikan mas yang berwarna merah separti darahnya manusia karena asal mulanya ikan mas adalah seorang manusia.

  • Cerita Asal-Usul Dunia Tumbuhan

Contohnya : Tandan jagung yang berlubang dikarenakan ditombak oleh pohon gandung. Padi yang bermula dari Dewi Sri. Gadun menjadi beracun dikarenakan dipanah oleh pohon jagung menggunakan anak panah yang mempunyai racun.

  • Cerita Asal-Usul terjadinya suatu tempat

Cotohnya : Nama Gunung Tengger yang dahulunya diambil dari sepasang suami istri yang bernama Rar Ateng dan Joko Seger. Gunung Tangkuban Perahu yang dahulu ceritanya merupakan sebuah kapal besar milik Sangkuriang. Kemudian ketika dia marah besar, perahu tersebut ditendang hingga terbalik dan membentuk sebuah gunung dan kemudian sekarang dikenal sebagai Gunung Tangkuban Perahu.

  1. Cerita Jenaka

Cerita jenaka merupakan salah satu karya sastra klasik yang sudah cukup terkenal. Contoh dari cerita jenaka sendiri yaitu diantaranya cerita pak belalang, lebai malang. Seperti cerita lebai malang, yang menggambarkan keserakahan seseorang yang justru malah tidak memberinya apa-apa.

Cerita rakyat di Indonesia sangatlah banyak sekali. Namun ada beberapa cerita rakyat yang jenisnya itu cerita legenda yang sudahlah sangat populer dikalngan orang-orang di Indonesia. Berikut ini merupakan beberapa cerita rakyat di Indonesia yang sudah populer di kalangan masyarakat.

  • Asal Mula Danau Toba

asal usul danau toba
Asal Usul Danau Toba

Disuatu wilayah Sumatra hiduplah seorang yang bekerja sebagai pengarap ladang dan pencari ikan. Suatu ketika saat dia mencari ikan, dia mendapatkan seekor ikan. Namun ikan tersebut berbeda dengan ikan biasanya, ikan tersebut bisa berbicara dan ikan itu mengatakan bahwa “jangan makan saya, biarkan saya hidup.” Setelah ditanya-tanya dan petani itu mau melepaskan ikan tersebut. Akhirnya ikan tersebut menjadi wanita lalu dinikah oleh petani tersebut. Namun saat petani itu menikah dengan wanita jelmaan ikan itu, petani itu diberi sebuah pantangan yaitu tidak boleh menyebutkan bahwa apabila mereka mempunyai anak nanti dia tidak boleh megatakan bahwa anaknya adalah anak dari ikan.

Singkat cerita, mereka mempunyai seorang anak laki-laki. Suatu hari anak tersebut diperintah untuk mengantarkan makanan untuk bapaknya di sawah, namun ternyata makanan tersebut malah dilalap habis oleh anak itu lalu setelah habis dia tidur disebuah gubug. Dilain tempat bapaknya telah lama menunggu makanan dari anaknya. Dan akhirnya petani tersebut memutuskan untuk pulang. Saat ditengah perjalanan diamenjumpai anaknya sedang tertidur disebuah gubug, dan seketikaitu peteni tersebut memarahi anaknya dan mengatakan bahwa anak tersebut adalah anaknya ikan. Akhirnya petani tersebut mengatakan pantangan tersebut.

Tak berselang lama, akhirnya suatu musibah besar melanda desa tersebut. Musibah tersebut adalah sebuah banjir yang sangat deras hingga bisa membentuk sebuah telaga dan akhirnya membentuk sebuah danau. Danau itu akhirnya dikenal dengan nama Danau Toba dan pulau yang ada ditengah Danau dikenal dengan nama Pulau Samosir.

  • Malin Kundang

malin kundang
Malin Kundang

Pada suatu hari, hiduplah sebuah keluarga yang sangat memprihatinkan keadaanya. Keluarga tersebut memiliki seorang anak laki-laki yang bernama Malin Kundang. Kemudian suatu hari ayah Malin,memutuskan untuk berkerja dinegeri seberang. Lama kemudian, ayah Malin tidaklah kunjung pulang.

Setelah Malin beranjak dewasa akhirnya dia memutuskan untuk bekerja dinegeri seberang bersama seorang yang sudah sukses dinegeri seberang. Akhirnya Malin berangkat belayar bersama dengan temannya tersebut. Saat dikapal mulaibanyak ilmu yang Malin dapatkan dari anak buah temannya tersebut. Namun disuatu ketika saat sedang berlayar, kapal yang dinaiki oleh Malin disrang oleh bajak laut. Hingga pada akhirnya Malin terdampar disuatu pulau yang subur.

Singkat cerita Malin menjadi orang yang kaya raya dan memiliki banyak kapal. Dan jga setelah menjadi kaya raya, akhirnya Malin menikah dengan seorang gadis. Setelah lama menikah, akhirnya pada suatu hari Malin dan juga istrinya melakukan pelayaran menggunakan sebuah kapal yang besar. Ketika memasuki pelabuhan, ibu Malin melihat bahwa yang berdiri bersama seorang perempuan di kapal itu adalah Malin. Lalu setelah Malin turun dengan istrinya dari kapal, ibu Malin menghampirinya dan saat itu ibunya melihat bekas luka ditangannya Malin yang membuat ibunya Malin semakin yakin bahwa itu adalah anaknya. Kemudian ibu Malin menghampiri Malin dan langsung memeluk Malin, lalu ibunya berkata ”lama sekali kau pergi anakku.” Lalu seketika itu Malin langsung melepaskan pelukanya dan mendorong ibunya hingga jatuh. Setelah itu Malin berkata “dasar wanita tidak tau diri, sembarangan saja menggangap aku anakmu.”

Singkat cerita, pada akhirnya ibu Malin berdoa “ya tuhan, jika benar dia anakku. Aku bersumpah dia akan menjadi sebuah batu.” Kemudian setelah ibunya Main berdoa seperti itu, akhirnya terjadilah sebuah musibah yang dahsyat. Musibah tersebut sampai membuat kapal Malin hancur dan lama-kelamaan akhirnya setelah hancurnya kapalnya Malin, tubuh Malin berubah menjadi sebuah batu karang.

Sebenarnya masih banyak lagi cerita rakyat di Indonesia, namun pada kesempatan kali ini tidak dapat saya bahas hanya dapat saya sebutkan saja. Cerita rakyat Indonesia yaitu antara lain :

  • Keong Mas
  • Timun Mas
  • Batu Menangis
  • Lutung Kasarung
  • Asal Mula Selat Bali
  • Cindelaras
  • Legenda Gunung Tangkuban Perahu
  • Asal Mula Salatiga
  • Dan masih banyak lagi.

Leave a Reply