Stadium Old Trafford
Stadium Old Trafford

Sejarah Manchester United

Posted on

Manchester United Football Club  atau juga bisa disebut dengan ManUtd, ManUnited atau hanya MU merupakan club yang terkenal di inggris yang berbasis di Old Trafford. Club ini didirikan sebagai Newton Heath LYR Football Club pada tahun 1878, kamudia club ini berganti nama menjadi nama Manchester United pada tahun 1902 dan pindah ke Old Trafford pada tahun 1910.

Skuad manchester united
Skuad manchester united

Meski sejak dulu telah termasuk menjadi salah satu tim terkuat di inggris, barulah sejak tahun 1993 Manchester United merasakan dominasi yang besar di kejuaraan domestic di bawah kepelatihan Sir Alex Ferguson dominasi dengan skala yang tidak terlihat sejak berakhirnya era Liverpool F.C pada pertengahan 1970-an dan awal 1980-an. Sejak di mulainya primier league pada tahun 1992, Manchester united adalah tim yang paling sukses dangan dua belas kali merebut trofi juara.

Manchester united telah memenangkan banyak trofi di sepak bola inggris, termasuk rekor 20 gelar liga inggris, 12 piala FA, 4 piala liga dan rekor 21 FA Community Shield. Tim ini juga telah memenangkan piala UEFA, satu piala winners UEFA, satu piala super UEFA, satu piala interkontinenteal dan satu piala dunia antar club FIFA. Meskipun sukses di kompetisi domestic, kesuksesan tersebut masih saja sulit baginya untuk bisa mengulanginya lagi di kejuaraan eropa  mereka hanya pernah meraih juara di liga champions tiga kali dalam sepanjang sejarahnya pada tahun 1968,1999,2008. Sejak musim 86-87, mereka telah meraih 22 trofi yang besar jumlah ini merupakan prestasi  yang terbanyak di yang belum pernah terjadi sebelumnya antara club-club liga inggris lainnya.

Sejarah Manchester United Bersama Sir Alex Ferguson

Sir alex ferguson
Sir alex ferguson

Pada era kepelatihan sir alex ferguson datang dari Aberdeen untuk menggantikan Atkinson dan menghantarkan club meraih gelar juara. Musim berikutnya yaitu musim 1987-1988, united menyelesaikan liga di posisi kedua, dengan brian mcclair yang menjadi pencetak 20 gol iga setelah George best. United juga mengalami masa sulit 2 musim berikutnya dengan pembelian pemain yang cukup banyak, ferguson tidak dapat memenuhi harapannya supporter. Alex ferguson telah berada dalam bahaya karena pada tahun 1990 alex ferguson sempat di pecat. Akan tetapi sebuah gol dari mark robins membawa united menang 1-0 atas Nottingham forest dibaba ketiga piala FA. Ini membuat ferguson terselamatkan dan pada akhirnya united memenangkan piala FA, setelah mengalahkan crystal palace di partai ulang babak final.

Untuk memenangkan winners c cup eropa di 1990-1991, Manchester united mengalahkan juara spanyol musim itu Barcelona di final, namun mengecewakan musim berikutnya karena di liga mereka kalah dari saingan, leeds united. Kemudian kedatangan eric cantona di November 1992 menjadi sebuah langkah krusial united saat itu. Karena apa catona membaur bersama pemain dan memenangkan final piala FA dan menjadikan MU menjadi juara dua di liga dan piala FA. Ferguson membuat supporter kesal karena telah menjual beberapa pemain dan beberapa pemain mereka telah terpilih menjadi anggota tim nasional inggris. Secara mengejutkan United meraih double pada tahun 1995-1996. Ini adalah pertama kalinnya club inggris meraih double sebanyak dua kali dan akhirnya mereka mendapat sebutan double-double dan mereka memenagkan liga musim 1996-1997 dan eric cantona menyatakan pensiun dari dua persepak bolaan pada usia 30 tahun. Mereka mengawali musim 1997-1998 dengan baik, akan tetapi akhirnya Mu mengahirkan liga nya di posisi kedua klasemen. Dibawah pemenag dua gelar, arsenal

Pada Musim 1998-1999 manchester united menjad club yang tersukses mereka berhasil menjadi tim satu-satunya di inggris yang pernah merasakan treble winners dalam satu musim. Dengan memenangkan liga premier league inggris, piala FA dan liga Champions UEFA di musim yang sama setelah mereka bersusah kalah melewati tim utama, Manchester united berhasil memenangkan liga pada pertandingan terakhir melawan tottenham hotspur dengan skor 2-1, memengkan liga utama menjadi awal trible united selanjutnya di final piala FA mereka bertemu Newcastle united dan menang dengan skor 2-0 melalui gol teddy sheringham dan paul scholes. Pada pertandingan champions UEFA 1999, mereka mengalahkan Bayern munich, dalam pertandingan tersebut menjadi pertandingan yang terbaik kaena apa pada waktu itu Manchester united terlebih dahulu kalah dengan Bayern munich dengan skor 0-1 kamudian sampai njury time akhirnya Manchester united bisa mencetak 2 gol di menit-menit terakhir untuk bisa memastikan kemenangan 2-1 atas Bayern munich. Manchester united juga memenangkan piala intercontinental setelah mengalahkan palmeiras dengan skor 1-0 di Tokyo.

Usai meraih treble winner, ferguson seakan-akan tak terhentikan. Dua musim berikutnya, ferguson berhasil mempertahnkan gelar untuk MU selama tiga musim berturut-turut, yaitu musim 1999-2000 dan 2000-2001. Akan tetapi kesuksesan ferguson terhenti sejenak ketika arsenal tampil menjadi juara di musim 2001-2002. Sementara MU secara mengejutkan finis di posisi ketiga .

Ferguson sempat mendapatkan penampilan terbaiknya lagi di musim 2002-2003 dengan memenagkan gelar juara liga premier. Gelar itu menjadi pencapaian untuk kedelapan kalinya yang berhasil di berikan ferguson kepada MU. Akan tetapi kesuksesan MU bersama ferguson sempat mandek setidaknya dalam tiga musim, tepatnya di musim 2003-2004, 2004-2005, dan 2005-2006. Ferguson yang gagal meraih gelar juara liga premier selama tiga musim, hanya mendapat hiburan dengan memenangkan tiga gelar yaitu piala FA dan Community Shield musim 2003-2004 dan satu gelar lagi di musim 2005-2006 dengan mengangkat piala liga. Namun, ferguson kembali mendapatkan penampilan terbaiknyabersama MU di musim 2006-2007

Ferguson kembali mendapatkan sentuhan emasnya usai menjadi juara liga premier 2006-2007. Bukan hanya sentuhan dengan sekuatnya pada saat itu seperti kehadiran Cristiano Ronaldo, wayne rooney, park ji sung, Patrice evra, ryan gigs, nemanja vidic, luis nani, dan carlos tevez, mu pada waktu itu kembali meraih kejayaan bkan hanya inggris tapi juga eropa. Setelah memenangkan liga premier 2007-2008 dengan 87 poin, setelah menghadapi banyak rintangan di liga champions, MU secara dramatis tampil menjadi juara usai mengalahkan Chelsea lewat adu pinalti. MU menang 6-5 dalam adu pinalti di petandingan yang langsung pada 21 mei 2008 di stadion luzkniki, moskow.

Setelah kembali meraih gelar treble, MU semakin langgeng bersama ferguson. Penampilan MU pun terbilang stabil. Sebab, setelah kembali mempertahankan gelar juara liga premier selama tiga musim berturut-turut untuk keduakalinya di musim 2008-2009, MU tidak pernah mencicipi peringkat ketiga.

Manchester united sempat gagal meraih gelar juara di musim 2009-2010 dan hanya bisa meraih piala liga, akann tetapi semusim berikutnya, MU meraih gelar juara liga premier 2010-2011. Akan tetapi kembali terjerebab ke peringkat kedua di musim 2011-2012 setelah dikalahkan tim tetangga mereka yaitu Manchester city, dengan poin yang sama 89 point. Tapi sialnya, MU harus kalah karena selisih gol yang lebih dikit disbanding Manchester city.

Tahun 2013 pada tanggal 8 mei 2013, ferguson mengumumkan bahwa ia akan pensiun sebagai manajer pada akhir musim, tetapi dia akan tetapi di club sebagai direktur dan duta club. Pihak club mengumumkan pada hari berikutnya bahwa mantan manajer everton. David moyes akan menggantikan ferguson mulai 1 juli 2013, setelah menendatangi kontrak enam tahun.

Sir alex ferguson
Sir alex ferguson

Pada tanggal 22 april 2014, pihak united mengumumkan bahwa david moyes telah meninggalkan klub.

Pada tanggal 19 mei 2014 louis van gaal resmi menggantikan sebagai pelatih Manchester united. Dan akhirnya pada tanggal 2016 louis van gaal di pecat dan jose mourinho di tunjuk menjadi pelatih united pada tanggal 27 mei 2016 dengan kontak tiga tahun.

Leave a Reply