resep membuat bakso
cara membuat bakso

Cara Membuat Bakso Yang Super Nikmat Dan Lezat

Posted on

Mungkin tidak asing lagi bagi anda semua tentang makanan yang satu ini, yaitu bakso. Bakso kini menjadi kuliner yang sangat digemari oleh banyak orang, mulai anak kecil, orang dewasa bahkan orang tua, kara bakso memiliki cita rasa yang sangat lezat dan enak. Mak tidak lagi jik kini bakso telah menjadi menu yang populer salah satunya di indonesia ini. Kian hari bakso semakin banyak diburu oleh banyak orang dan banyak warung – earung bakso yang dibanjiri oleh para pembeli.

Dan kinpun bakso menjadi peluang usaha yang menjanjika, karna banyaknya peminat dari bakso ini. Kini bakso dapat anda jumpai di mana – mana hampir di seluruh wilayah indonesia  suda banya dijajakan dengan fariasi rasa, nama, bentuk, dan penyajianya. Dan bakso dijajakan dengan  bermacam – macam mulai dari pedagang keliling, di warung – warung bahkan hingga di restoranpun kini suda banyak yang menjajakn bakso. Dan kin juga sudah banyak orang yang menguasai cara pembuatan bakso.

Membuat bakso adalah kegiatan membuat salah satu makanan yang banyak diidolakan oleh banyak orang, banyak orang yang ketagihan untuk menyantap bakso. Bakso pada umumnya di buat dari campuran daging sapi yang sudah digiling dan dicampurkan dengan tepung tapioka, akan tetapi ternyata juga ada bakso yang terbuat dari daging ayam, udang, ikan, bahkan daging kerbau.

cara membuat bakso
resep membuat bakso

Dalam hal penyajianya, pada umumnya bakso disajikan dalam keadan panas – panas atau hangat dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur dengan bawang merah yang telah di goreng, daun sup, toge, tahu, mie, terkandang juga dicampur dengan telur ayam dan ditambah dengan kerupuk pangsit dan masih banyak lagi campuran yang lainya. Bakso kini menjadi makanan yang sangat populer di kalangan masyrakat dan dapat di temukan  di hampir seluruh wilayah indonesia. Dan kini  berbagai jenis macam bakso banyak di jajakan atau ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang banyak dijual di swalayan – swalayan maupun di mal – mal. Dan lebih populernya lagi kini bakso juga dapat dijadikan sebagai pelengkap atau tambahan jenis – jenis makanan yang lainya sepertyi nasi goreng, mie goreng, atau cap cai, bahkan bayak dijadikan sebagai olahan makanan rumah tangga.

Pertama Kalinya Cara Membuat Bakso Di Indonesia  

Cra membuat bakso sendiri merupakan seni kuliner yang turun temurun dari budaya kuliner masyarakat tionghoa. Buktinya berada pada cara penamaan makanan yang satu ini yaitu bak – so. Bakso mempunyai makna harafiah yaitu daging giling. Disebabkan negara indonesia yang mempunyai mayoritas masyrakat beragama muslim, cara membuat bakso di indonesiapun mengunakan daging yang halal deperti daging sapi, kambing, ayam, ataupun daging kerbau.

cara membuat bakso
cara membuat bakso

 

Dan kebanyakan pedagang bakso yang menjamur di tiap – tiap sudut kota adalah orang jawa yaitu orang malang atau wonogiri atau solo. DI indonesia sendirin, malang dan solo cukup terkenal sebagai pusat kuliner bakso. Dan bakso yang disajikanpun yaitu dengan bersamaan dengan kuah kaldu yang melimpah, segar dan gurih dengan dicampur daging sapi di dalamnya.

Dan bagi anda yang ingin membuat bakso sendiri tak perlu kuatir cara membuat bakso terbilang tidak terlalu sulit, adapun juga dapat melakukanya. Jika anda belum mengerti cara dan resep pembuatan baksotidak perlu kuatir di bawah ini terdapat beberapa cara dan resep pembuatan bakso.

cara membuat bakso
resep membuat bakso

Cara Membuat Bakso sapi Lengkp dengan Kuahnya

Bahn – bahan yang perlu disiapkan

  • 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • 1 sdt merica
  • 5 sdm tepung tapioka
  • 500 gram daging sapi yang telah digiling
  • 1 butir telur
  • 2 sdt garam
  • 90 ml air es
  • 1 sdt baking powder

Cara Membuat Bakso sapi

  1. Siapkan wadah atau tempat yang bersih lalu masukan tepung tapioka dan baking powder.
  2. Haluskanla daging giling bersama dengan air sampai halus, anda juga dapat mengunakan food processor.
  3. Kemudian tambahkan bawang putih, putih telur, garam, dan merica kedalam daging yang yang sudah digiling diatas, aduklah hingga merata.
  4. Kemudian campur daging itu dengan tepung tapioka tadi, aduk hingga merat dan halus.
  5. Lalu taruh di mangkuk, tutupi dengan plastik dan masukan kedalam kulkas. Diamkan sekitar 30 menitan.
  6. Setelah itu ambil dan bentuk bulat bakso seperti biasanya. Didihkan air kemudian masukan adonan bakso yang sudah anda bentuk bulat tadi.
  7. Jika sudah mengapung lalu angkat dan taruh di tempat yang bisa untuk meneteskan air dari rebusan, jika bakso telah mengapung itu pertanda bahwa bakso suda matang.

Bahan – bahan yang perlu disiapkan untuk membuat kuahnya

  • ½ sdt merica
  • 3 sdt garam
  • 6 siung bawang putih
  • 2 liter air
  • 2 batang daun bawang yang sudah di iris
  • 600 gr lutut atau tulang sapi
  • Caranya yaitu, haluskan bawang putih bersamaan dengan garam dan merica, lalu didihkan air dan masukanlah tulang sapi tersebut. Masaklah hingga air mendidih.

Jika telah selesai silahkan anda menikmati bakso tersebut bersamaan dengan kuahnya. Agar lebih nikmat, maka nikmatilah bakso dan kuahnya dalam keadaan panas – panas atau hangat dan campurilah dengan bawang merah goreng dan daun sledri.

Dan anda juga dapat mengkereasikanya dengan bahan – bahan yang lainya seperti dahing giling, telur, keju dan lainya, kara dengan perkembangan zaman ini, kini bakso suda dikereasikan dengan beberapa jenis rasa, bentuk, dan cara penyajianya, tentunya juga dengan harga yang berbeda – beda. Silahkan anda mencoba resep ini semoga berhasil. Mungkin dengan anda mencobanya juga dapat menjadi peluang usa yang menjanjikan bagi anda.

Incoming search terms:

  • Cra membuat bakso

Leave a Reply