Bandung

Makanan Khas Kota Bandung

Posted on

Kota Bandung merupakan kota terbesar yang ada diwilayah Jawa bagian selatan dan juga merupakan Ibukota dari Provinsi Jawa Barat. Kota Bandung merupakan kota yang berada atau terletak disebalah tenggara Jakarta, jarak antara Jakarta dengan kota ini yaitu sekitar 140 km. Di Bandung terdapat Wilayah Metropolitan Bandung atau biasa disebut Bandung Raya yang merupakan kota metropolitan terbesar kedua se-Indonesia setelah Jabodetabek.

Berbagai catatan sejarah telah terukir di kota ini. Mulai dari didirikannya perguruan tinggi teknik yang pertama di Indonesia yaitu Technische Hoogeschool te Bandoeng– TH Bandung yang sekarang berganti namanya menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB). Menjadi salah satu tempat perjuangan kemerdekaan Indonesia yang disebut peristiwa Bandung Lautan Api. Juga menjadi tempat diselenggarakannya Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955 yang mana ketika itu diadakan suatu perkumpulan atau pertemuan yang akan membahas untuk menyuarakan semangat anti kolonialisme, yang didatangi oleh banyak Perdana Menteri didunia antara lain yaitu Perdana Menteri dari India yaitu Jawaharlal Nehru yang mengatakan bahwa Bandung merupakan Ibukotanya Asia-Afrika.

Selain terkenal dengan sejarahnya kota ini juga terkenal akan kulinernya serta makanan khas yang dimiliki oleh kota ini. Banyak sekali makanan khas dari Kota Bandung ini. Apabila kalian sedang berkunjung ke kota ini jangan lupa untuk mencoba makanan khas dari kota ini atau bahkan kalian mau mencoba semuanya.

Makanan Khas Kota Bandung yaitu antara lain :

  1. Serabi atau Surabi

serabi atau surabi
Serabi atau Surabi

Serabi merupakan salah satu dari sekian banyak jajanan pasar tradisional yang ada di Indonesia. Sedangkan serabi atau surabi yang khas dari Kota Bandung yaitu terbuat dari tepung dan juga bentuknya yaitu seperti pancake. Hanya saja bedanya serabi atau surabi itu dibuat dengan menggunakan sebuah tungku yang terbuat dari cetakan tanah liat, lalu kemudian adonannya dibakar diatasnya dan juga adanan dari serabi ini sangat tebal. Alat inilah yang membuat rasa dari serabi ini menjadi lebih nikmat dan juga lebihterasa keasliannya.

Sekarang serabi ini baisanya dinikmatidengan menggunakan tambahan toping diatasnya yaitu ada toping coklat, keju, kacang, sosis, nangka, durian dan lain-lain. Diantara toping tersebut masih ada toping yang paling unik yaitu serabi meggunakan toping oncom. Serabi dengan toping oncom ini sudah terkenal di sebuah tempat yang menjajakan serabi ini yang berada di Kampus NHI, di Jalan Setia Budi.

  1. Pisang Coklat (Piscok)

pisang coklat (piscok)
Pisang Coklat (piscok)

Beda dengan pisang seperti yang lainnya, selain olahan pisang yang sudah banyak diketahui oleh orang-orang yaitu pisang goreng, pisang keju dan lain sebagainya. Olahan pisang yang satu in sangat unik dan menarik untuk kita coba. Piscok atau pisang coklat ini dibuat dengan menggunakan bahan pisang, tepung dan juga coklat. Pisang coklat ini yaitu pisang yang dilumeri dengan coklat kemudian ditutup menggunakan kulit lumpia lalu setelah itu digoreng. Piscok ini paling nikmat untuk dicoba atau dimakan yaitu pada saat masih panas, karena apabila masih panas coklat yang ada didalamnya akan terasa lembut dan juga nikmat untuk dimakan. Jangan lupa apabila berkunjung ke Bandung untuk mencoba makanan yang satu ini.

  1. Cimol (Aci Digemul)

Cimol
Cimol

Cimol atau merupakan singatan dari aci digemul ini merupakan salah satu makanan khas dari Kota Bandung yang terbuat dari tepung kanji, lalu setelah itu dibentuk menjadi bulat-bulat kecil kemudian setelah itu digoreng dan saat sedang digoreng akan mengembang dengan sendirinya.

Cimol ini biasanya dinikmati dengan menggunakan bumbu sama seperti saat menikmati basreng. Namun, berbeda dengan basreng makanan yang satu ini memiliki rasa yang gurih serta lezat yang memiliki tekstur kenyal. Saat kita menikmati cimol ini paling pas atau paling enak kita temani dengan secangkir teh atau secangkir kopi.

  1. Siomay Bandung

siomay bandung
Siomay Bandung

Makanan yang satu ini mungkin sudahlah asing lagi kita, karena biasanya makanan ini biasanya sering kita jumpai di sekolah, perumahan, di pingir jalan, dan lain sebagainya. Siomay ini terbuat dari daging ikan, dengan dicampur sagu dan akan lebih nikmat dengan ditambah bumbu kacang. Di Jl. Veteran Bandung terdapat sebuah tempat yang menjajakan siomay yang sangat enak dan juga nikmat , karena pasalnya tempat tersebuat merupakan tempat favorit masyarakat untuk membeli siomay, tempat tersebut bernama Kingsley.

  1. Bandros

bandros
Bandros

Makanan yang berbahan tepung terigu yang kemudian di adoni dengan menggunakan santan kelapa. Kemudian setelah itu, dimasak dengan cetakan yang berbentuk cekung setelah itu baru taburi dengan parutan kelapa. Makanan ini bernama bandros, makanan ini bisa dibilang makanan yang murah meriah, karena biasanya harga bandros ini yaitu hanya 3000/ 5 bandros. Saat yang tepat untuk menikmati bandros yaitu pada saat bandros ini masih hangat dan baru selesai matang.

  1. Cireng (Aci Digoreng)

Cireng
Cireng

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Biasanya makanan ini dijajakan di sekolah, pinggir jalan dan lain sebagainya. Makanan ini merupakan makanan khas dari Kota Bandung. Nama cireng sendiri memiliki kepanjangan dari aci digoreng. Cireng merupakan makanan yang dibuat dari tepung kanji yang kemudian digoreng. Makanan ini sudah sangat populer didaerah Priangan, Bandung. Disana sudah tersedia berbagai jenis cireng dengan beragam bentuk yang indah.

  1. Seblak

Seblak
Seblak

Seblak merupakan makanan yang dibuat dengan bahan kerupuk udang yang direndam, lalu kemudian direbus diatas kompor lalu kemudian masukkan bumbu pedas, bawang putih, garam serta kencur. Seblak ini identik dengan rasanya yang sangat pedas. Ada dua jenis seblak yaitu seblak basah dan juga seblak kering.

Leave a Reply