Sejarah dan Penjelasan Liga Champions UEFA
Sejarah dan Penjelasan Liga Champions UEFA

Sejarah dan Penjelasan Liga Champions UEFA

Posted on

Liga Champions UEFA

Liga Champions UEFA atau dalam bahasa Inggris UEFA Champions League merupakan sebuah kmpetisi sepak bola antar klub yang selalu diselenggarakan setiap tahun oleh Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) yang diikuti oleh klub-klub yang divisinya tertinggi di Eropa. Kompetisi ini merupakan salah satu turnamen yang paling prestisius di dunia dan merupakan kompetisi antar klub paling prestius di Sepak Bola Eropa, yang diikuti oleh juara-juara liga nasional dan juga untuk beberapa negara yang juara kedua, dari setiap Asosiasi Nasional Anggota UEFA.

Sejarah dan Penjelasan Liga Champions UEFA
Sejarah dan Penjelasan Liga Champions UEFA

Final Liga Champions UEFA merupakan sebuah acara yang paling banyak disaksikan oleh seluruh manusia yang ada di dunia ini pada setiap tahunnya. Pada saat final di musim 2012-2013 merupakan musim yang paling banyak ditonton, sehingga mencapai 360 juta penonton di televisi.

Liga Champions UEFA diperkenalkan sejak 1992, kompetisi ini menggatikan Piala Champions Eropa atau sering disebut dengan Piala Eropa, yang sudah lama ada sejak 1955, dengan menambahkan babak penyisihan grup kedalam kompetisi dan memungkinkan masuknya beberapa klub dari beberapa negara yang tertentu.

Sejarah Liga Champions

Kejuaran kompetisi ini pertama kali di sebarkan oleh salah satu majalah olahraga yang ada di Prancis. Trofi yang berbentuk piala yang dijuluki dengan “The Big Ears” yang berarti (Telingan Besar) dan trofi yang pertama berbeda dengan yang diperebutkan sekarang yang dibuat oleh Stadellman. Trofi/piala yang sekarang diperebutkan sekarang erupakan edisi yang ke-6.

Pada awalnya kejuaraan memperebutkan piala ini bernama Piala Juara Klub Eropa atau dalam bahasa Inggrisnya European Champion Clubs’Cup, yang sekarang biasanya disingkat dengan Piala Eropa. European Cup berbeda dengan Piala Eropa yang dikenal sekarang ini di Indonesia yang merujuk kepada European Championship.

Kompetisi ini dimulai pada musim 1955/1956 yang menggunakan sistem gugur pada setiap dua leg, yaitu disetiap tim bermain sebanyak dua pertandingan, yaitu satu tandang dan satu kandang, dan jika tim yang skor rata-rata yang tertinggi akan maju ke babak yang selanjutnya. Dan hanya tim-tim juara liga saja di masing-masing Negara, ditambah dengan pemegang juara pada saat itu yang berhak maju ke ajang kompetisi ini.

Format Baru

Sejarah dan Penjelasan Liga Champions UEFA
Sejarah dan Penjelasan Liga Champions UEFA

Format kemudian namanya diganti pada musim 1992/1993. Dan sejak itu kejuaraan memiliki tiga babak kualifikasi, yang satu babak adalah kompetisi grup yaitu tim-tim yang bermain dalam bentuk tandang-kandang yaitu bermain di kandang sendiri dan bermain di  kandang lawan sama seperti kompetisi regular dan kemudan empat babak final yaitu dengan sistem gugur. Semua babak kualifikasi dan pertandingan dengan sistem gugur dimainkan dengan dua leg, kecuali pada pertandingan final, karena pertandingan final merupakan pertandingan tunggal yang diselenggrakan pada sebuah tempat yang sudah ditentukan oleh anggota-anggota UEFA.

Pemegang Gelar Juara Terbanyak

Pemegang gelar juara pada Liga Champions terbanyak pada saat ini di pegang oleh klub Real Madrid yang sudah menjuarai kompetisi ini sebanyak dua belas kali dan menjadi juara yang terbanyak di seluruh Eropa. Dan tim-tim yang menjadi juara terbanyak dan tim yang paling sukses berikutnya adalah AC Milan yang menjuarai pada Liga Champions in sebanyak tujuh kali juara, lalu Liverpool FC, Bayern Munchen, dan FC Brcelona yang menjuarai Liga Champions lima kali, kemudian di posisi yang keempat adalah AFC Ajax yang menjuarai sebanyak empat kali, kemudian Manchester United F.C dan F.C. Internazionale Milano atau sering disebut dengan Intermilan yang menjuarai liga champions sebanyak tiga kali juara.

Serba-Serbi Liga Champions

Khusus bagi tim yang pernah menjuarai Liga Champions minimal 5 kali secara berturut-turu atau tiga kali berturut-turut, maka di lengan baju kiri akan terdapat logo Liga Champions dan tercatat jumlah trofi yang sudah dikoleksi.

Dalam 19 musim terakhir hanya ada satu tim yang dapat berhasil mepertahankan gelar juara Liga Champions yaitu selama dua  musim secara berturut – turut, yaitu AC milan yang pada saat itu masih bepredikat The Dream Team tetapi masih pada saat formant dan namanya masih Piala Champions. Namun, setelah formatnya diubah menjadi Liga Champions, belum ada satu timpun yang mampu mempertahankan gelar juaranya.

Sehingga pada saat edisi Liga Champion 2016/2017, Real Madrid menjadi tim yang pertama yang mapu mempertahankan gelarnya yaitu sebagai juara Liga Champion yang telah menundukan Juara Liga Italia yaitu Juventus dengan skor 4 – 1. Milan dan Juventus merupakan tim yang dalam 15 musim terakhir yang dapat berhasil meraih final secara tiga kali secara berturut-turut.

Pada akhir musim 2004/20054 terjadi masalah yaitu, Liverpool yang menjadi juara Liga Champions pada musim itu berhak lolos langsung ke babak penyelisihan musim depan , namun Liverpool pada liga domestic berada diperingkat yang kelima. Lalu Everton yang merupakan peringkat ke empat mengajukan protes, sehingga Liverpool dan Everton tetap mengikuti Liga Champions musim depan, namun Everton masuk melalui kualifikasi. Dan akhirnya Inggris pun memiliki lima tim terbanyak dalam satu negara yang berhasil lolos ke Liga Champions.

Kualifikasi

Kualifikasi untuk Liga Champions ditentukan oleh posisi tim-tim yang ada di liga domestic dan melalui sistem kuota yaitu negara-negara yang mempunyai liga domestic yang lebih kuat yang diberikan lebih banyak tempat. klub yang bermain di liga domestik yang lebih kuatpun juga mulai mengikuti pada babak yang lebih akhir. Misalnya tiga liga yang terkuat menurut peringkat UEFA, akan menyaksikan juara dan runner-ipnya akan langsung masuk kebabak fase grup, dan peringkat yang ketiga dan keempat masuk pada babak kualifikasi ketiga.

Semoga dengan mengetahui tentang Liga Champions bisa menambah pengetahuan Anda dan semoga semua informasi tadi bermanfaat.

Leave a Reply