Tanaman Obat
Tanaman Obat

Macam-Macam Tanaman Obat Herbal

Posted on

 

Di Indonesia ini banyak sekali jenis-jenis tanaman, mulai dari tanaman yang besar, maupun yang kecil, dan ada juga tanaman yang dapat di gunakan sebagai obat, dan ada juga yang beracun. Masalah tentang tanaman obat, di setiap daerah pasti mempunyai resep tersendiri. Namun dengan resep yang berbeda-beda, tetapi manfaatnya sama yaitu dapat menyembuhkan penyakit. Banyak orang-orang ketika sakit segera berobat ke rumah sakit, bahkan sampai ke luar negeri. Padahal, di negara kita sendiri itu memiliki obat yang mana, obatnya itu bersifat alami. Dari pada anda mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Mending anda mengkonsumsi tanaman obat ini. Berikut adalah macam-macam Tanaman obat:

  1. Temulawak

Temulawak merupakann tanaman yaitu berupa rempah-rempah yang asli berasal dari indonesia, temulawak ini memilki banyak khasiat untuk kesehatan. Bagian yang sering di manfaatkan yaitu bagian akarnya, atau sering kita sebut dengan rimpang. Bagian inilah yang dipercaya mampu menyembuhkan penyakit.

Manfaat dari akar temulawak yaitu dapat mengatasi gangguan pada ginjal, meancarkan pencernaan, menjaga kesehatan hati, dan menyehatkan jantung. Bukan hanya itu, buahnya pun sering di gunakan untuk campuran pada jamu, yang dapat mnyehatkan tubuh kita.

  1. Belimbing Wuluh

     

    Belimbing Wuluh
    Belimbing Wuluh

Belimbing yang satu ini berbeda dengan belimbing jenis lainya, belimbing ini biasanya sering kita sebut dengan belimbing sayur. Karena biasanya di gunakan untuk campuran makanan, karena memiliki rasa asam yang cukuo kuat.  Manfaat dari buah ini selain untuk masak, yaitu dapat digunakan untuk obat tradisional. Mulai dari buah, batang, daun, dan bunganya pun bisa di gunakan untuk sebagai obat. Manfaat dari belimbing wuluh adalah dapat mengobati Gusi berdarah, obat untum reumatik, obat godongan, sariawan, dan obat pegelinu, serta dapat untuk obat sakit gigi.

  1. Kumis Kucing

Tanaman obat ini sudah tidak asing lagi di indonesia. Tamanan ini sudah lama di kenal sebagai obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman ini juga dapat di jadikan sebagai bahan untuk pembuatan ramuan herbal dengan racikan atau takaran tertentu sehingga dapat menjadi obat yang ampuh.

Manfaat dari Tanaman obat ini yang paling sering  terkenal adalah sebagai obat kencing batu. Karena tanaman ini dapat meluncurkan kencing batu, sehingga dapat melancarkan saluran kemih. Selain itu, tanaman ini juga dapat mengobati reumatik, asam urat, batuk, masuk angin, diabetes, dan hipertensi.

  1. Lidah Buaya

Tanaman ini boleh di bilang merupakan tanaman sejuta manfaat. Karena ada banyak seklai manfaat dari tanaman ini. Fungsi utama tanaman ini adalah dapat menyehatkan rambut, menghilangkan jerawat, dan kecantikan, ternyata tanaman ini juga dapat berguna untuk mengobati segala penyakit.

Tanaman obat lidah buaya ini bermanfaat untuk mengobati penyakit serangan jantung, radang tenggorokan, diabetes, sembelit, dan masih banyak lagi penyakit lain yang dapat diobati dengan tanaman ini. Saya sarankan, anda menanam tanaman obat ini di kebun rumah anda ya.

  1. Daun Jarak.

Sudah sejak zaman dahulu, daun jarak sudah dipercaya berguna sebagai obat herbal. Tidak heran, bila tanaman jenis ini di daftarkan sebagai tanaman apotik hidup. Daun, buah, bahkan sampai bijinya pun dapat di percaya dapat mengobati berbagai penyakit. Makanya, tidak heran para penjajah ingin berebut supaya tanaman ini di bawa ke negara mereka.

Daun Jarak ini memiliki khasiat dapat mengobati penyakit gata-gatal, luka berdarah, jamur pada kulit, reumatik, dan bengkak karena luka. Selain itu, tanamn ini dapat mengobati perut kembung pada anak. Sungguh sangat luar biasa tanaman ini bisa di jadikan obat alternatif.

  1. Daun Sambiloto

    Daun Sambiloto
    Daun Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman herbal yang sudah digunakan pada zaman dahulu yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman ini berasal dari negara Srilangka dan India. Saat ini, tanaman ini tumbuh subur di negara yang memiliki daerah tropis, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan beberapa negara yang ada di benua Amerika. Daun ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kencing manis, panas, memperlancar air seni, sakit perut,, dan masih banyak lagi. Setelah di teliti lagi, air hasil rebusan sambiloto ini dapat berguna untuk menurunkan kadar gula.

  1. Daun Dewa

Mungkin salah satu dari kalian tidak mengenal dengan daun dewa ini. Daun Dewa adalah salah satu tanaman apotik hidup yang berguna untuk obat herbal. Tanaman ini tumbuh subur di daerah yang memiliki ketinggian 200-800 di atas permukaan laut. Masyarakat di jawa biasanya menyebut daun ini dengan sebutan daun Sabung Nyowo( daun penyambung dewa).

Daun dewa ini memeiliki khasiat yaitu dapat mengobati penyakit kronis, kangker, tekanan darah tinggi, wasir, diabetes, militus, dan pendarahan. Serta, tanaman ini dapat mengobati luka memar, pembersih racun, serta dapat mengobati berbagai penyakit lainya.

  1. Daun Cincau

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini. Ya tanaman daun cincau ini sering diola menjadi cincau yang memiliki beragam kesehatan bagi tubuh kita. Daun cincau sendiri memiliki 2 macam, yaitu cincau hijau dan hitam, rasa dari 2 cincau ini pun sama-sama lezat.Selain Untuk membuat cincau, ternyata daun cincau juga berguna untuk kesehatan, yaitu salah satunya dapat mengobati demam, diabetes, radang lambung, dan mengobati penyakit tipes, Mungkin inilah salah satu tanaman obat yang rasanya sangat lezat.

Itulah beberapa macam tanaman obat yang memiliki khasiat yang luar biasa. Saya sarankan supaya menanam tanaman obat ini di pekarangan rumah anda, supaya anda memiliki pekarangan obat herbal sendiri, sekian dari saya. Terima kasih.

Leave a Reply