Jenis-Jenis Tanah Unik Yang WAJIB Kalian Ketahui

Posted on

oke pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan membagikan sedikit ilmu dari saya yaitu berupa Jenis-Jenis Tanah Unik Yang Wajib Kalian Ketahui. Oke mungkin dari kalian sudah pada tau apa sih itu tanah? Pasti kalian sudah pada tau tapi kalian tidak tau jenis-jenisnya kan. Ya sudah dari pada lama-lama mendingan di cepetin aja ya karna menurut kata pepatah lebih cepat lebih baik.

Tanah adalah bagian dari kerak bumin yang tersusun dari mineral dan juga bahan organik juga. Tanah sangat vital peranannya bagi kesemua kehidupan yang ada di bumi ini karna dari itu tanah ini mendukung kehidupan dari tumbuhan dengan menyediakan hara dan air dalam sekaligus sebagai penopang akar.

Tanah
Tanah

Dalam struktur tanah ini berongga-rongga juga menjadi tempat yang baik bagi akar supaya bisa bernafas dan juga untuk tumbuh.

Jenis-Jenis Tanah :

  1. Tanah Liat

Tanah Liat
Tanah Liat

Tanah liat  adalah sejenis tanah yang terdiri yaitu dari campuran yaitu aluminium  serta  juga silikat yang mana memiliki diameter kurang lebih dari dari 4 mikrometer.  Tanah liat yang berbentuk yaitu yang mana adanya proses pelapukan batuan silica yang mana dilakukan oleh asam karbonat dan yang mana sebagian diantaranya yang mana menghasilkan dari aktivitasnya pansnya bumi.

Tanah liat ini tersebar di bagian wilayah Indonesia secara merata. Biasanya tanah ini di gunakan untuk membuat kerajinan sehingga juga untuk keperluan yang lainnya. Tanah liat ini mempunyai warna abu-abu yang amat pekat dan hamper mengarah kewarna hitam.

  1. Tanah Podsolik Merah Kuning

Tanah Podsolik Merah Kuning
Tanah Podsolik Merah Kuning

Tanah Podsolik Merah Kuning ini sangatlah mudah untuk ditemukan karna hampir diseluruh wilayah yang ada diindonesia ini sudah tersebar secara merata.

Untuk tanah ini berwarna merah sampai kuning dan untuk kandunga organiknya serta juga mineralnya akan sangatlah mudah mengalami pencucian oleh air hujan. Oleh sebab itu untuk menyuburkan tanah ini harus dengan cara ditanami tumbuhan yang mana memberikan zat organic yaitu untuk kesuburan tanah ini, dan jjuga supaya di berikan pupuk berupa hayati maupun juga hewani.

  1. Tanah Podsol

Tanah Podsol
Tanah Podsol

Tanah Podsol ini memiliki berbagai campuran tekstur yang  mana mulai dari pasir sampai juga bebatuan yang kecil.

Untuk ciri-ciri dari tanah podsol ini adalah tidak memiliki perkembangan profil, dan warnanya kuning sampai kekuning keabu-abuan dan juga memiliki tekstur pasir yang mana pasirnya sampai lempung. Kandungan organiknya sangatlah rendah sehingga terbentuk dari curah hujan yang amatlah tinggi tapi suhunya yang rendah.

  1. Tanah Pasir

Pasir
Pasir

Tanah pasir ini merupakan pelapukan dari bebatuan pasir. Tanah ini amatlah banyak ditemukan di daerah sekitar pantai atau juga dapat ditemukan di daerah kepulauan.

Tanah pasir ini tidak sama sekali memiliki kandungan air dan juga mineral yang mana teksturnya sangatlah lemah. Tanah pasir sangatlah mudah ditemukan yang didaerah  yang berpasir  apalagi di Indonesia. Sebagai Negara yang berbentuk kepulauan, Indonesia juga salah satu Negara dengan jumlah pasir terluas di dunia. Jenis pasir ini sangat lah cocok untuk ditanamkan umbi-umbian.

  1. Tanah Padas

Tanah Padas
Tanah Padas

Tanah padas  sebenarnya tidak bisa dibilang  sebagai tanah sih karna teksturnya yang sangatlah keras dan juga hamper seperti bebatuan.

Tanah padas ini dikarenakan kandungan airnya hamper sangatlah tidak ada karena tanah padas sangat lah padat dan juga tidak ada kandungan air maupun mineralnya sama sekali.unsur hara yang ada didalamnya sangatlah rendah dan apalagi organiknya sangatlah rendah sekali dan juga tidak ada sama sekali.tanah ini sangatlah cocok untuk bercocok tanam.

  1. Tanah Oxisol

Tanah Oxisol
Tanah Oxisol

Tanah Oxisol ini merupakan tanah yang mat kaya denga zat besi dan juga aluminium oksida. Untuk tanah jenis ini sanagt sering kita temui di daerah tropis, desa, hingga perkotaan.

Untuk ciri-ciri dari tanah ini anata lainnya memiliki solum yang dangkal dan untuk ketebalannya hanya kurang dari 1 meter. Untuk warna dari tanah ini memiliki warna merah sampai kuning dan juga memiliki tekstur yang halus sama seperti tanah liat.

  1. Tanah Organosol

Tanah Organosol
Tanah Organosol

Tanah organosol ini terbentuk dari adanya pelapukan benda organic yaitu tumbuhan, gambut, dan juga rawa. Biasanya tanah ini terdapat di daerah yang beriklim basah  dan juga memiliki curah hujan yang tinggi.

Untuk ketebalan dari tanah ini sangat minim sekali 0,5 mm saja kawan dan untuk diferensiasi horizonnya yang jelas organic dalam organosol kurang lebih 30% untuk teksur lempungnyadan 20% nya untuk tanah yang berpasir.

  1. Tanah Mergel

Tanah Mergel
Tanah Mergel

Jenis tanah yang ini berasal dari kapur, namun tanah ini dicampur  dengan berbagai bahan yang lainnya yang mana membedakankannya yaitu tanah ini lebih mirip seperti pasir.

Tanah ini bisa subur dan juga bisa ditanami persawahan dan juga perkebunan. Dan untuk tanah ini memiliki banyak sekali kandungan air dan juga mineral di dalam tanah ini.

  1. Tanah Kapur

Tanah Kapur
Tanah Kapur

Tanah kapur ini sangatlah sesuai dengan namanya  tanah kapur ini berasal dari berupa bebatuan yang mana mengalami pelapukan.

Untuk tanah ini tidaklah subur dan tanah ini tidak bisa ditanami tanaman apapun apalagi tanaman yang membutuhkan banyak air. Tapi kalo ditanami tanaman yang kuat, kokoh, dan juga tahan lama seperti halnya pohon jati dan juga pohon yang kokoh lainnya.

  1. Tanah Litosol

Tanah Litosol
Tanah Litosol

Tanah litosol ini merupakan tanah yang baru saja mengalami perkembangan dan juga merupakan tanah yang masih muda. Karna terbentuknya perubahan iklim vulkanisme dan juga topografi.

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis semoga ilmu yang saya bagikan ini bisa bermanfaat untuk anda. AMIN…!!!

Pembaca yang baik yang mana mau melakukan subscribe, like, comment,dan Share untuk artikel ini.

Terima Kasih.

Incoming search terms:

  • Tanah
  • ciri tanah merah nikel
  • gambar tanah
  • podsolik merah kuning
  • tanah podsollik merah
  • tanah retak wallpaper

Leave a Reply