Asmaul Husna
Asmaul Husna

99 Asmaul Husna Arti, Maknanya, dan Manfaatnya Lengkap

Posted on
  1. Al-Muta’aaliy (المتعالي) Yang Maha Tinggi

Allah itu adalah al-muta’aaliy yang artinya adalah allah itu yang maha tinggi dengan ketinggian yang begitu tinggi bisa sempurna dan tidak terkira. Bahkan allah itu saking tingginya tidak ada satu orang pun yang akan melampauinnya.

Keutamaannya adalah jika seseorang tersebut diturunkan jabatannya padahal orang tersebut tidak bersalah, dan kemudia orang tersebut membaca asma allah ini sebanyak 500 kali, maka orang tersebut akan mendapatkan kembali jabatannya itu dan akan bisa dinaiki jabatannya yang lebih tinggi lagi dari orang lain dengan kualifikasi yang sama.

  1. Al-Barr (البر) Artinya Yang Maha Dermawan

Allah itu adalah al-barr yang artinya itu adalah yang maha dermawan, dialah sumber dari segala kebaikan dan kedermawanan. Sebagai pencipta. Allah telah senang senantiasa yang telah memberikan nikmat dan anugerah kepada makhluk-makhluknya yang telah diciptanya.

Keutamaan nya adalah barang siapa yang sudah kecanduan minuman keras, berzina, atau berbuat maksiat yang lainnya, maka hendaklah membaca asma nya allah ini sebanyak 7000 kali dalam setiap hari maka orang tersebut akan mendaptkan hidayah dari allah dan akan dijauhkan dari perbuatan maksiat itu. Dan selain nama allah yang ini juga kalo serng dibaca sebanyak-banyaknya maka sangat manjur sekali untuk menghilangkan rasa cinta dunia dan selalu ingat pada allah.

  1. Al-Tawabb (التواب) ArtinyaYang Maha Penerima Taubat

Allah itu adalah al-tawaab yang artinya adalah maha penerima taubat. karena disebut maha taubat karena ketika orang beriman melakukan kesalahan maka allah akan mengampuninya hambanya yang berbuat dosa. Keutamaannya adalah barang siapa yang menginginkan agar allah memberikan taufik kepadanya untuk bertaubat, dan hendaklah membaca asma allah ini sebanyak 300 kali setiap hari setelah sholat dhuha dan jika nama allah disebut lalu dibaca 10 kali didepan orang yang dzalim, maka orang tersebut akan segera dan terbebas dari kezalimannya, insya allah.

Dan apabila orang iman melakukan kesalahan lalu dia menyadarinya, dan berniat untuk bertobat lalu dia membaca nama allah ini sebanyak 400 kali pada pagi hari. Maka dia akan merasakan bahwa tobatnya akan diterima. Dan tanda terimanya itu adalah bahwa orang tersebut tidak dapat melakukan perbuatan dosa itu. Dan selalu ingat kepada allah.

  1. Al-Mutaqim (المنتقم) Artinya Yang Maha Pemberi Pembalasan

Allah itu adalah al-mutaqim yang artinya adalah allah itu maha penuntut balas. Allah tidak akan segera menghukum orang-orang yang berdosa atau orang yang bersalah dan jika orang tersebut belum bertaubat dan tidak memperbaikin kesalahannya.

Keutamaanya ketika seseorang tersebut dizalimi oleh musuhnya allah yang layak dijatuhi, maka dengan membaca ya mutaqim sebanyak 1.000 kali selama satu hari, maka kekuatan orang dzalim tersebut akan di musnahkan. Dan sebaliknya barang siapa yang berbuat dzalim dan ingin membalasnya akan tetapi tidak mempunyai kekuatan untuk membalasnya, maka hendaklah membaca asama nya allah yang ini sebanyak-banyaknya selama 3 jumat, maka allah sendiri akan membalasnya.

  1. Al-Afuww( العفو ) artinya Maha Pengampun

Barang siapa yang berzikir kepada allah, maka allah akan membuka pintu mengapun dan dosa dosa di ampuni baik dari yang kecil sampai yang besar. Orang yang beriman yang membaca asmaul husna ini sebanyak 188 kali sehari akan mampu dalam mengendalikan kejahatan yang ada di dalam dirinya sendiri. Sifatnya akan membaik dan orang orang akan memaafkan orang tersebut atas kesalahannya sendiri.

Di jelaskan dalam firman Allah ta’ala dalam alquran surat :

إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ

Artinya:“Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Maha Kokoh” [QS. Adz-Dzaariyaat : 58].

Ingat orang yang membaca asmaul husna maka allah ketika tengah berada diambang kemarahannya yag tidak di kendalikan pada dirinya sendiri dan di ikuti dengan membaca salawat naba maka allah akan membantu meredakan marahnya seseorang terhadap orang lain.

Orang yang menghadapi hakim akan menjatuhkan hukuman atas kesalahan yang telah mereka perbuat, hendak lah membaca nama asmaul husna ini sebanyak 188 kali, maka allah akan menurunkan hukumannya.

83. Ar-Rauuf ( الرؤوف ) Artinya Maha Pengampun

Orang yang membaca asmaul husna ini maka allah akan memiliki hati yang penuh dengan kemurahan dan allah akan memperdulikan tehadap orang lain,dan perasaan ini akan bersifat timbal balik kepadanya. Orang tesebut juga akan memberi jalan untuk orang yang sedang membutuhkan pertolongannya.

Dalilnya adalah firman Allah ta’ala:

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلامُ

Artinya: “Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera” [QS. Al-Hasyr : 23].

Barang siapa yang berzikir kepada allah dengan asmaul husna ini sebanyak 15 kali maka ketika sedang di amarahi, dan kemudian membaca salawat nabi niscaya akan redalah kemarahannya orang tersebut. Dan demikian pula jika di bacakan di hadapan orang yang keadaannya marah.

Barang siapa yang menginginkan agar seluruh makhluk mencintai diriny sendiri dan sebaliknya, hendaknya membaca asmaul husna ini berulang ulang kali.

84. Maalikul-Mulk ( مالك الملك ) Artinya Maha Mengusai Kerajaan

Orang yang beriman yang membaca asmaul husna ini setiap hari akan memperoleh rezeki yang paling banyak dengan cara tidak di duga duga. Keraguan yan mungkin ada di dalam pikiran mereka akan berubah dengan keyakinan mereka sendiri. Rakyat yang mereka perintah akan menghormati dan mematuhi dengan penuh ikhlasnya.

Barang siapa yang membaca samaul husna secara rutin, maka allah akan harta kekayaan kepadanya dan dikayakan berbakat karunia dan kemurannya.

Manusia juga merupakan makhluk tertinggi yang diciptakan Allah. Itulah mengapa untuk jangka waktu tertentu Allah memberikan kepada sebagian hamba-Nya kerajaan, tanah, kekayaan, kesejahteraan, dan membiarkan mereka menguasainya kerajaan mereka sendiri.

85. Dzul-Jalaali Wal-Ikraam ( ذو الجلال و الإكرام ) Artinya Maha Pemilik

Berkasiat mendatangkan kemulyaan, kehormatan dan kesabaran bagi orang orang yang berzikir dengan asmaul husna.

Rosullah bersabda “Bacalah Dzuu al-Jalaal wa al-Ikraam jiika kamu memohin sesuatu dari allah.

Jika seseorang yang membaca asmaul husna dalam sehari selama seminggu , maka allah semua beban yang sangat berat dan mempersoal akan meninggalkan hatinya, sehingga hatinya akan tebebas kekhayalannya, rasa cemas yang ada di dirinya mereka dan harapan yang sia sia. Kejahatan tidak akan menyentuhnya dan mereka akan mendapatkan kedamaian mereka.

Dalam mengajarkan kami bahwa api neraka itu pasti ada, mereka mengajarkan kami bahwa ada banyak jalan untuk menyelamatkan diri. Hal itu tak ubahnya seperti pengumuman tuan rumah yang kaya, dermawan dan pemurah yang menyatakan: “Pintu – pintu rumah kami terbuka, meja – meja kami sudah ditata.

86. Al-Muqsitu ( المقسط ) Artinya Maha Pemberi Ke Adillan

Barang siapa yang berziir kepada allah dengan asmaul husna dengan secara rutin, maka allah akan mencegah rasa cemas atau was was yang ada di dlam hatinya mereka darinya dan melindungi dari keraguan di dalam hati mereka sendiri yang di hembuskan oleh setan.

Jika pikiran seseorang selalu menggambarkan pada saat dia telah mengerjakan solat maka dia membaca asmaul husna ini sebanyak 248 kali sebelum mulai mengerjakkan solat aka nada keutamaannya.

Jika asmaul husna ini di baca sebanyak 720 kali untuk saat tujuan tersebut akan mencapai tujuan, insyaallah.

Banyak membaca asmaul husna juga akan membantu yang menyenangkan orang yang ketika marah dalam menghadapi cobaan tersebut.

87. Al-Jaami ( الجامع ) Artinya Maha Mengumpulkan

Jika keluarga atau sana keluarga seseorang saling dipisahkan sma allah, hendaknya mereka mandi dan solat dhuha, kemudian menengadahkan pandangan ke arah langit dan membaca Asmaul husna ini 10 kali.

Tetapi menghitungnya dengan jari sedemikian rupa sehingga dalam setiap membaca, jarinya tetap tertutup hingga hitungan yang kesepuluh. Setelah itu hendaknya tangannya diusapkan ke wajah. Insya Allah keluarga yang saling terpisah akan berkumpul kembali dan bersama sama lagi.

Barang siapa yang membaca dzikir dengan asmaul husna ini, maka mereka semua akan di berhasilkan mencapai cita citanya semua.

88. Al-Ghaniyy ( الغنى ) Artinya Maha adill

Jika di baca atas sesuatu yang sakit maka allah akn menyembuhkan sakit orang tersebut atau sakitnya orang lain maka allah akan melenyapkan sakit tersebut.

Jika orang – orang yang memiliki kebutuhan material membaca Asmaul husna ini sebanyak 1.100 kali pada hari sabtu, maka mereka tidak akan membutuhkan pertolongan dari orang lain dan mereka minta pertolongan kepada allah swt, karena Allah akan memenuhi kebutuhan mereka dari tempat yang sama sekali tidak dapat di sangka sangka sama orang tersebut.

Membaca asmaul husna ini sebanyak 1.200 kali setiap hari jum’at selama 20 berturut turut maka allah akan membantu menghilangkan rasa was was yang ada di dalam tubuh atau hati mereka sendiri.

Jika seseorang membaca Asma Allah ini sebanyak 75 kali, Allah akan mengkaruniakan kebarkahan pada kekayaannya dan kebutuhannya akan lebih tercukupi.

Incoming search terms:

  • asmaul husna terpenuhi/tercukupi artinya
  • bagaimana menanggapi perbedaan pendapat tentang arti nama dan penafsiran tentang asmaul husna
  • gambar asmaul husna lengkap
  • jelaskan bahwa sebelum allah menciptakan makhluknya dia telah memperhitungkan manfaat dan mudaratnya
  • saya tahu bahwa allah adalah as shomad (maha dibutuhkan) maka saya harus
Gravatar Image
Pribadi yang sederhana, berjuang, berusaha, dan terus berdoa untuk bisa menjadi orang yang bermanfaat dan berguna untuk sesama. Mencari ilmu akhirat dan dunia untuk hidup yang Barokah.

Leave a Reply