Asmaul Husna
Asmaul Husna

99 Asmaul Husna Arti, Maknanya, dan Manfaatnya Lengkap

Posted on
  1. Al-AHAD (الاحد ) Artinya Maha Esa

Allah itu memiliki sifat Al-ahad, yang berarti allah itu maha esa. Sudah jelas di terangkan di surat Al-Ikhlas ayat 1  yaitu Allah masa satu(esa)

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ

ArtinyaKatakanlah: `Dialah Allah, Yang Maha Esa(bukan 3 in1)`.(QS.Al-Ikhlas:1)

Dan allah itu tidak ada yang setara derajatnya dengan allah, dan allah tidak beranak dan di peranakan, artinya allah itu tidak ada yang melahirkan. Dan Allah juga tidak memiliki istri dan tidak memiliki anak. Seperti yang telah di jelaskan di Atas tadi.

  1. Ash-Shomad (الصمد ) Artinya Maha Dibutuhkan

Allah itu mempunyai sifat Ash-Shomad, yang memiliki arti Maha di butuhkan. Jadi bila kita perlu sesuatu, dapat musibah, dan ingin minta pertolongan, supaya memintanya itu kepada Allah, jangan minta pada selain allah, sperti minta pada dukun-dukun, paranormal. Jika kalian minta pada dukun-dukun, dan paranormal, sudah di jamin permintaan anda tidak akan di kabulkan. Sebagaimana yang di jelaskan di ayat terakhir surat Al Baqarah:

رَبَّنَا لا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلا تُحَمِّلْنَا مَا لا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

 

Artinya“Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau hukum Kami jika Kami lupa atau Kami tersalah. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau bebankan kepada Kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau pikulkan kepada Kami apa yang tak sanggup Kami memikulnya. beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong Kami, Maka tolonglah Kami terhadap kaum yang kafir.”(QS. Al-Baqarah ayat 286).

Tetapi, jika kalian minta pada allah, pasti akan di kabulkan. Dengan syarat, kalian harus yakin kepada allah, bahwa allah itu pasti akan mengabulkan apa yang kalian minta. Jika kalian tidak yakin apa yang kalian minta pada allah ,allah pun juga tidak akan yakin ingin memberikan atau mengabulkan permintaan hambanya yang tidak yakin, maka dari itu, kalian supaya harus yakin jika meminta sesuatu kepada allah.

  1. AL-qadir (القادر ) Artinya Maha Mampu

Allah itu memiliki sifat Al-muqtadir yang memiliki arti Maha Mampu. Jadi, allah itu mampu dan memiliki segalanya, allah tidak pernah kekurangan apapun. Segala yang allah inginkan pasti akan langsung terwujud, sebab allah itu maha memiliki segalanya. Bumi dan langit ini pun miliknya allah. Sebagaimana di jelaskan di surat QS 2.Al Baqarah:284

لِّلَّهِ مَا فِي ٱلسَّمَـٰوٰتِ وَمَا فِى ٱلأَْرْضِ وَإِن تُبْدُواْ مَا فِيۤ أَنفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوهُ يُحَاسِبْكُم بِهِ ٱللَّهُ فَيَغْفِرُ لِمَن يَشَآءُ وَيُعَذِّبُ مَن يَشَآءُ وَٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya:”Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikan, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehendaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Jadi kita sebagai hambanya supaya selalu tunduk dan patuh akan peraturan-peraturan yang allah telah ciptakan untuk kita. Jangan sampai kita melanggar peraturan yang allah ciptakan untuk kita.

70. AL-Muqtadir (المقتدر ) Artinya Maha Berkuasa

Allah itu memiliki sifat AL-muqtadir yang memiliki arti yaitu maha Berkuasa. Allah itu maha kuasa atas segala sesuatu yang ada di dunia ini. Baik langit bumi, lautan, daratan itu semua adalah kekuasaan allah. Sebagaimana di jelaskan di surat (QS. Al Mulk: 1)

Allah Ta’ala berfirman,

تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: “Melimpahnya keberkahan dari sisi Allah Yang di tangan-Nya lah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Al Mulk: 1)

Jika orang  memiliki tanah di bumi, bahwa dia mengaku bahwa itu tanah dia. Sebenarnya itu hanya titipan yang allah berikan terhadap mereka.

  1. Al-Muqaddim (المقدم ) Artinya Maha Mendahulukan Sesuatu

Allah memiliki sifat Al-Muqaddim yang memiliki arti yaitu maha Mendahulukan sesuatu yang lainya. Jadi allah itu telah turun sebelum langit dan bumi bahkan sebelum semua di turunkan itu, allah telah turun terlebih dahulu.  Dan allah itu meletakan pada tempatnya. Dan allah itu pantas di dahulukan dari pada yang lain, contohnya dalam ibadah, allah itu harus yang paling di utamakan. Maka dari itu, jika kalian mempunyai kegiatan di luar, ketika sudah mendengar suara adzan berkumandang, segeralah datangi sholat, janganlah menunda-nunda sholat. Sebagaimana firman allah:

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَأَقَامُوا الصَّلاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلا هُمْ يَحْزَنُونَ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal soleh, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS.al Baqarah(2):277)

Memang kalian mau masuk surga anda di tunda-tunda dahulu. Allah pun tidak senang jika sholatnya d tunda-tunda.

72. Al-Muakhkhir (المؤخر ) Artinya Maha Mengakhirkan Sesuatu

Allah itu memiliki sifat Al Mutaakhkhir, yaitu allah yang maha mengakhirkan. Allah itu kuasa untuk mengakhirkan segala sesuatu yang ada di muka bumi, maupun yang ada di langit. Dan allah juga dapat menunda apa yang harusnya terjadi pada hari ini. Contohnya yaitu rezeki, Seharusnya orang terebut mendapat rezeki sekian, namun allah menunda rezeki itu, sehingga orang tersebut tidak mendapat rezeki apapun.

Namun Allah menunda sesuatu yang seharusnya terjadi itu memiliki tujuan, bisa di berikan di waktu lain, atau bisa juga di ganti dengan yang lebih baik. Contoh lagi adalah Allah menunda Siksanya yang seharusnya di berikan pada orang yang berdosa , dan memberikan orang yang berdosa itu agar dapat bertobat, sehingga tidak jadi terkena siksa.Allah Ta’ala berfirman,

وَمَآأَصَابَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُوا عَن كَثِيرٍ

Artinya:“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu). (QS. Asy Syura :30)

  1. Al-Awal (الأول) Artinya Yang Maha Awal

Allah adalah Al-Awwal, sebab di katakana yang awal karena allah itu yang awal dalam segala sesuatu, dan allah juga yang menciptakan manusia, dan dialah yang menciptakan langit dan bumi sehingga semua manusia bisa berada di bumi. Dan tidaklah mungkin sang pencipta diawali dengan ciptaannya.

Keutamaan nya adalah barang siapa yang menginginkan seorang anak laki-laki maka hendaklah membaca asmaul husna no 73 sebanyak 40 kali melakukanya setiap hari selama 40 hari. Maka keinginannya itu akan di kabulkan oleh allah. Dan apabila ada seorang musafir membaca asmaul-husna ini sebanyak 1.000 kali pada hari jumat maka ia akan segera kembali kerumah dalam keadaan selamat dan sehat sampai tujuannya itu.

  1. Al-Akhir(الأخر) Artinya Yang Maha Akhir

Allah itu adalah AL-AKHIR karena allah itu yang menghidupkan manusia dan akan mematikan manusia dan akan dikembalikan lagi kesisinya allah. Bahkan kekuasaanya allah itu tidak akan pernah ada akhirnya. Dan semua manusia akan kekal abadi selama-lamanya diakhirat nanti.

Keutamaan nya adalah barang siapa yang ingin selalu dekat dan cinta kepada allah dengan niat sungguh-sungguh niat karna allah bukan selain allah maka allah akan dekatkan orang tersebut disisinya dan akan dimpuni dosa-dosanya dan ketika orang tersebut meninggal dalam keadaan kusnul khotimah atau keadaan beriman maka akan dimasukan kedalam surga. Dan hendalaklah dia supaya membaca asmaul husna ini sebanyak 1.000 kali setiap hari.

  1. Azh-Zahir (الظاهر) Artinya Yang Maha Nyata

Allah itu adalah azh-zahir yang artinya adalah allah itu yang maha nyata. Karena allah itu benar-benar ada, buktinya nya saja dengan adanya alam semesta ini kita bisa melihat kekuasaan allah yang telah diberikan kepada kita. Karena semua ini adalah ciptaannya allah.

Keutamaan nya adalah barang siapa ketika seseorang tersebut mendapat kesulitan dan tidak mengetahui jalan keluarnya, maka setelah orang tersebut mengerjakan shalat isya dan sehabis sholat isya dia melakukan sholat sunah dua rakaat lalu dia membaca nama nya allah sebayak 1000 kali. Dan dia seraya untuk berdua tujuannya mendapat jalan keluar maka allah akan memberikan jalan keluarnya dalam mimpinya.

  1. Al-Bathin (الباطن) Artinya Yang Maha Ghaib

Allah itu adalah al-bathin yang artinya maha tersembunyi dari makhluk-makhluknya. Karena apa allah tidak bisa kita lihat dengan nyata karena kemampuan makhluknya itu sangat terbatas dan memiliki banyak kekurangannya.

Keutamaan nya adalah jika umat manusia yang beriman membiasakan selalu membaca asma allah ini sebanyak 33 kali dalam sehari maka dalam alam batin nya itu akan menjadi terang terus mata hatinya akan terbuka. Dan mereka semua akan mulai melihat kenikmatan allah yang sebenarnya dan bisa mensyukuri atas segala sesuatu yang allah telah berikan. Mereka yang akan memperoleh kedamaian, ucpan mereka akan menjadi manis dan bermanfaat mereka akan dicintai dan akan dihormati oleh orang lain.

  1. Al-Waliy (الوالي) Artinya Yang Maha Memerintah

Allah itu adalah al-waliy yang artinya adalah allah itu maha memerintah segala ciptaanya. Dan allah memerintahkan alam dan segala isinya supaya bisa mengolah itu semua tanpa ada yang menggangunya. Keutamaan nya adalah ketika seseorang tersebut membaca berulang-ulang, maka dia akan diselamatkan dari bencana yang dia tidak diinginkan

Incoming search terms:

  • asmaul husna terpenuhi/tercukupi artinya
  • bagaimana menanggapi perbedaan arti nama dan penafsiran tentang asmaul husna
  • gambar asmaul husna lengkap
  • saya tahu bahwa allah adalah as shomad (maha dibutuhkan) maka saya harus
Gravatar Image

Pribadi yang sederhana, berjuang, berusaha, dan terus berdoa untuk bisa menjadi orang yang bermanfaat dan berguna untuk sesama. Mencari ilmu akhirat dan dunia untuk hidup yang Barokah.

Leave a Reply