Asmaul Husna
Asmaul Husna

99 Asmaul Husna Arti, Maknanya, dan Manfaatnya Lengkap

Posted on
  1.  Al-Waasi (الواس) Artinya Maha Luas

Adalah zat yang berkhasiat untuk mendatangkan kelapangan dan kedudukan, lapang dada dan terhindarnya ia dari sifat dendam dan tamak, serta mendatangkan sifat qanaa’ah bagi orang yang berdzikir dengannya.

Yang mana dalam Al-Quran Telah dijelaskan

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لَائِمٍ ۚ ذَٰلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui.

  1. Al-Hakiim ( الحكيم) artinya Maha Bijaksana

Sebagaimana hakim, hakim adalah orang yang di percaya membawa sebuah perkara seseorang untuk di selesaikan. Hakim juga orang memberikan atau menghukumi karena sifatnya yang bijaksana. Namun berbeda dengan Allah, Sifat Al Hakiim yang di miliki Allah mengalahkan memang sasa-sama bijaksana namun memiliki kebijaksanaan yang melibihi segala-galanya, tak hanya menghukumi layaknya manusia, namun juga memberikan ilmu dan hikmah yang sangat berguna bagi manusia.

Maka, ketika seseorang memiliki sebuah perkara yang sangat berat atau sebuah beban yang membuat hidup terasa sulit, hendaklah orang tersebut menyebut dan menghayati makna dari sifat Allah yang satu ini, karena dengan kebijaksanaanya dan yang paling bijaksana dari segala makhluk yang ada.

Seperti yang di jelaskan di surat Al-Hadid ayat 1:

سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Artinya: Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi bertasbih kepada Allah (menyatakan kebesaran Allah). Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Dan  insya Allah atas seizin Allah SWT kita akan mendapatkan sebuah pertolongan yang tak di sangka-sangka. Terlebih bila kita mengamalkanya secara rutin, maka insya Allah akan terbukalah ilmu dan hikmah, atas sebuah perkara yang akan kita dapatkan.

  1.   Al-Waduud ( الودود ) artinya Maha Pecinta

Terkadang manusia pernah merasakan yang namanya jatuh cinta, jatuh cinta kepada seseorang atau ada seseorang yang mencintainya, maka niscaya siapa yang tidak senang akan nikmatnya di cintai. Padahal di cintai oleh seseama jenis adalah hal yang fana dan belum tentu akan kekal.Namun bagaimana anda dapat membayangkan bila anda di cintai oleh sang maha kuasa, tak hanya sekedar cinta biasa, namun juga dapat memberikan efek ketenangan.

Seperti yang di jelaskan di surat Al-Buruuj ayat 14:

وَهُوَ الْغَفُورُ الْوَدُودُ

Artinya: Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih.

Jika seseorang telah di cintai oleh Allah SWT, maka niscaya atas seizin Allah SWT dia akan mendapatkan apa yang ia inginkan, karena dia telah di cintai oleh Allah, sehingga Allah senang kepadanya, dan bila kita telah di cintai oleh Allah maka otomatis sama saja kita telah dekat dengan Allah SWT. Maka hendaklah membaca, menghayati dan senantiasa ingat pada nama yang satu ini. Karena kefadolanya sangat luar biasa.

  1.   Al-Majiid (  المجيد ) artinya Maha Mulia

Banyak sekali orang yang mengatakan “  yang mulia ” mulia adalah sifat yang tergolong sangat elit dan atas karena hanya orang yang benar-benar di anggap berkuasa yang memiliki panggilan ini. Sebagaimana manusia juga ada yang di panggil dengan sebutan ini, karena mereka di anggap berkuasa atau bahkan di anggap tuhan.

Seperti yang di jelaskan di surat Huud ayat 73:

رَحْمَتُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الْبَيْتِ إِنَّهُ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Artinya: (Itu adalah) rahmat Allah dan keberkatan-Nya, dicurahkan atas kamu, hai ahlulbait! Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Pemurah”.

Namun semua itu salah, karena jika menganggap manusia berkuasa adalah sesuatu pengertian yang fatal, apakah mereka tidak tau? Bahwa Allah lah dzat yang maha mulia, karena Allah adalah dzat di atas mulia yaitu maha mulia, yang mana berhak dan mampu merajai dari segala raja yang ada di jagat raya ini. Jadi tak sepatutnya seorang manusia di anggap yang mulia.

  1.   Al Baa’its ( الباعث ) artinya Maha Membangkitkan

Sebagai mana telah kita tau, bahwa kiamat adalah hal yang akan terjadi, dan sebelum kiamat maka manusia akan kembali kepada penciptanya terlebih dahulu, yaitu dengan cara di matikan atau di wafatkan terlebih dahulu, lalu akan di bangkitkan kembali ketika hari pembangkitan international, yaitu hari di bangkitkanya selur manusia yang pernah hidup di muka bumi ini tanpa terkecuali.

Seperti yang di jelaskan di surat

Begitu banyak cara untuk Allah mematikan makhluk ciptaanya. Dan dengan gampangnya Allah akan membangkitkan kita dari kubur, yang mana kita tau bahwa kebanyakan orang yang telah lama di kubur akan hancur dan rata menjadi tanah atau bahkan ada yang telah di buang di laut dan hancur entah kemana perginya. Namun dengan kekuasaan Allah SWT yaitu Al Baa’its yaitu maha membangkitkan maka tidak ada hal yang tidak mungkin untuk di bangkitkan olehNya.

  1.   Asy-Syahiid ( الشهيد ) artinya  Maha Menyaksikan

Di mana saja, apa saja, sedang apa, apa yang kita kerjakan Allah SWT akan selalu tau akan segala perbuatan kita entah itu berbuat baik atau buruk, sesuai namaya yaitu maha menyaksikan. Maka sudah sewajarnya bila Allah SWT tau atas segala sesuatu.

Bayangkan saja di dunia ini manusia telah membuat alat yang sangat canggih untuk melihat, mengamati dan memantau situasi di bumi, seperti cctv, drone, google maps, efek slow motion, dll. Apalagi ilmunya Allah SWT yang tak terhingga, maka akan sangat detail sekali yang di saksikan oleh Allah SWT atas segala sesuatu yang terjadi.

Seperti yang di jelaskan di surat fusilat ayat 53:

أَوَلَمْ يَكْفِ بِرَبِّكَ أَنَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ

Artinya: Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?.

Ketika seorang hamba di tuduh melakukan kesalahan maka hendaknya dia mendekatkan diri  dan mengadu kepada Allah SWT karena hanya dialah yang dapat menyelamatkan dari suatu perkara , karena Allah maha menyaksikan atas segala sesuatu, maka patutlah Allah SWT yang menjadi saksi atas segala sesuatu.

  1.   Al-Haqq ( الحق ) artinya Maha Benar

Al-Haqq memiliki makna benar, dapat di artikan bahwa Allh SWT itu benat atau nyata adanya. Karena Allah SWT nyata adanya karena ada sendiri dan tidak terikat oleh sesuatu apapun, tidak seperti manusia, manusia ada karena terikat oleh Allah SWT, yaitu diciptakan olehNYa.

Dapat di gambarkan seperti angka satu, yang tidak ada alasanya kenapa ada angka satu, angka 2 ada karena 1+1 adalah 2 dan seterusnya lalu dari manakah angka satu. Maka perlu di yakini bahwa Allah ada dan tiada yang  membuatnya ada karena Allah SWT adalah yang pertama. Seperti yang di jelaskan di surat Al-khaji 62:

ذَلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ هُوَ الْحَقُّ وَأَنَّ مَا يَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ هُوَ الْبَاطِلُ

Artinya: (Kuasa Allah) yang demikian itu, adalah karena sesungguhnya Allah, Dialah (Tuhan) Yang Haq dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain dari Allah, itulah yang batil.

  1.   Al-Wakiil ( الوكيل ) artinya  Maha Memelihara, Maha Mencukupi

Segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah milik Allah SWT, maka sudah sewajarnya bila Allah SWT lah, yang telah mencukupi segala kebutuhan makhluknya, seperti memelihara, yang namanya memelihara pasti di beri makan, minum, dll. Segala kebutuhan seorang makhluk telah di jamin oleh Allah SWT, karena dial ah yang telah menciptakanya. Seperti seorang bayi yang baru lahir, dia juga telah di beri jatah rizki yang akan dia dapatkan oleh Allah SWT.

Bayangkan saja, jumlah makhluk yang ada di muka bumi ini, tentu tidak sedikit bukan? Namun Allah SWT mampu untuk memelihara dan mencukupi kebutuhan makhluknya dan Allah SWT juga tak akan lupa pada makhluknya. Dari yang hidup di air, udara, dan darat sampai yang tidak kita ketahui.

Seperti yang di jelaskan di surat AliImran ayat 173:

فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Artinya: maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”

Bahkan ada sebuah riwayat yang menceritakan bahwa ada seekor ulat buta yang hidup di batu batu di laut, lalu atas seizin Allah SWT, ulat tersebut di beri makanan setiap hari oleh seekor  semut yang di bantu katak untuk menuju ke dasar batu utuk memberi makan sang ulat setiap harinya.

  1.   Al-Qawiyy ( القوى ) Artinya: Maha Kuat

Allah SWT adalah dzat yang sangat kuat dan tidak aka nada satupun orang yang dapat mengalahkanya, karena kuatnya maka alat patut di sebut dengan nama Maha Kuat. Kebanyakan orang akan memilih orang yang paling kuat untuk melindunginya, karena secara umum yang kuat adalah yang menang dan yang kalah nadalah yang yang tidak kuat dan tidak pantas di jadikan pelindung.

Seperti yang di jelaskan di surat asy-Shuuro ayat 19:

يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ الْقَوِيُّ الْعَزِيزُ

Artinya: Dia memberi rezeki kepada yang di kehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa

Dengan sifat Allah SWT yang maha kuat maka hendaklah kita selalu meminta pertolongaNya atas segala sesuatu yang terjadi dan resiko atas sesuatu yang akan datang nantinya. Karena kita tidak tau kapan sebuah kodar jelek akan menimpa diri kita, maka jalan yang terbaik hanyalah meminta pertolongan kepadaNya, dengan cara selalu mengamalkan, menghayati, membaca nama yang satu ini setiap harinya.

  1. Al – Matiin (لمتين) Artinya  Maha Kokoh

Al – matiin berarti allah itu maha kokoh, tida akan pernah musnah atau hancur. Jika seseorang yang beriman dia menyadari dirinya sendiri merupakan seseorang yang zalim dan berprilaku buruk, lalu dia ingin meninggalkan sifat zalim dan sifat buruknya itu, maka hendaknya dia membiasakan membaca asma allah ini sebanyak 500 kali dalam setiap harinya. Maka dengan hal itu akan membantu dia menjadi orang yang baik.

  1. Al – Waliyy  (الولى) Artinya  Maha Melindungi, Maha Menolong dan Mendidik

Al – waliyy berarti allah memiliki sifat maha melindungi, maha menolong, maha mendidik. Yang mengendalikan atau menolong seluruh urusan mahluk adalah allah. Jika seseorang hamba ingin meminta sesuatu atau memiliki suatu permasalahan maka memintalah dan mengadulah kepada allah karna allah itu zat yang menolong. Jika seseorang yang iman membaca asma ini sebanyak 700 kali pada malam jumat, maka rintangan material spritual akan hilang dengan.

Incoming search terms:

  • asmaul husna terpenuhi/tercukupi artinya
  • bagaimana menanggapi perbedaan arti nama dan penafsiran tentang asmaul husna
  • gambar asmaul husna lengkap
  • saya tahu bahwa allah adalah as shomad (maha dibutuhkan) maka saya harus
Gravatar Image

Pribadi yang sederhana, berjuang, berusaha, dan terus berdoa untuk bisa menjadi orang yang bermanfaat dan berguna untuk sesama. Mencari ilmu akhirat dan dunia untuk hidup yang Barokah.

Leave a Reply