Asmaul Husna
Asmaul Husna

99 Asmaul Husna Arti, Maknanya, dan Manfaatnya Lengkap

Posted on
  1. Ar-Raafi’ ( الرافع ) artinya Maha Meninggikan

allah adalah dzat yang meninggikan makhluknya dalam arti saat kita diberikan amanat oleh allah dengan cara diberi derajat yang tinggi dan kita bisa menjalankan amanat itu maka allah akan memberikan kita derajat yang lebih tinggi,allah berfirman :

وَتِلْكَ حُجَّتُنَا آتَيْنَاهَا إِبْرَاهِيمَ عَلَىٰ قَوْمِهِ ۚ نَرْفَعُ دَرَجَاتٍ مَّن نَّشَاءُ ۗ إِنَّ رَبَّكَ حَكِيمٌ عَلِيمٌ – 6:83

Yang artinya :Dan itulah keterangan Kami yang Kami berikan kepada Ibrahim untuk menghadapi kaumnya. Kami tinggikan derajat siapa yang Kami kehendaki. Sesungguhnya Tuhanmu Mahabijaksana, Maha Mengetahui.

gambarannya seperti saat kita adalah seorang pekerja biasa yang bekerja di suatu perusahaan dan karna kita bisa menjalankan itu semua dengan baik maka allah akan meninggikan derajat kita sampai kita bisa menjadi bos perusahhan itu atau makna lain dari itu adalah kita orang iman nanti di akhirat akan ditinggikan derajatnya di surga dan pastinya siapa yang tidak mau kalau derajatnya di naikan saat nanti di surga.

  1. Al-Mu’izz ( المعز ) artinya Maha Memuliakan

allah adalah dzat yang memuliakan pada hambanya dalam arti saat hambanya berbuat baik, sering sholat malam, sering sedekah, dll maka nanti di akhirat allah akan memuliakan dia diantara semua manusia yang ada disana mungkin dengan cara diberi mahkota, badannya bercahaya, dll. Allah berfirman :

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَن تَشَاءُ وَتَنزِعُ الْمُلْكَ مِمَّن تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَن تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَن تَشَاءُ ۖ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ – 3:26

Yang artinya : Katakanlah (Muhammad), “Wahai Tuhan pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.

Kita hidup sekali di dunia ini hanyalah sesaat nggak selamanya kita di sini hidup kita yang sebenarnya ada di akhirat sana dan kita pasti ingin dimuliakan oleh allah kan? Maka dari itu mari kita sama-sama berlomba kebaikan di dunia agar nanti allah mau memuliakan kita, allah punya hak untuk memuliakan semua hambanya di dunia entah dari kalangan yang miskin, kaya, tampan, jelek, dan lain-lain.

  1. Al-Mudzil ( المذل ) artinya Maha Menghinakan

allah adalah dzat yang menghinakan pada makhluknya dalam arti saat suatu hamba melakukan hal-hal yang jelek di dunia seperti berjudi, minum arak, berzina, mencuri, dll maka di akhirat allah akan menghinakan mereka dengan cara menyiksa mereka di neraka atas apa yang sudah mereka lakukan di dunia . allah berfirman :

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَن تَشَاءُ وَتَنزِعُ الْمُلْكَ مِمَّن تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَن تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَن تَشَاءُ ۖ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ – 3:26

Yang artinya : Katakanlah (Muhammad), “Wahai Tuhan pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.

saat kita hidup di dunia semua yang sudah kita putuskan tidak bisa kita ulangi lagi karna apa yang sudah pilih maka itulah pilihan kita oleh karna itu saat kita memilih sesuatu maka pikirlah terlebih dahulu sebelum bertindak karna kita pasti tidak mau menjadi orang yang dihinakan allah di akhirat nanti karna itu menyakitkan sekali dan kita tidak bisa mengulang lagi.

  1. As Samii’ ( السميع ) artinya Maha Mendengar

allah adalah dzat yang mendengarkan pada apa yang hamba samarkan dan tampakkan maksutnya saat ada 2 orang yang berbisik-bisik maka orang yang ke 3 adalah allah. Allah berfirman :

وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْرَاهِيمُ الْقَوَاعِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَإِسْمَاعِيلُ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۖ إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ – 2:127

Yang artinya : Dan (ingatlah) ketika Ibrahim meninggikan pondasi Baitullah bersama Ismail, (seraya berdoa), “Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

apa yang kita samarkan saja bisa di dengar oleh allah apalagi yang kita tampakkan allah pasti lebih tau oleh karna saat kita berkata sesuatu maka katakanlah yang baik-baik sangatlah pantas bagi allah kalau dia adalah maha pendengar karna allah yang menciptakan dunia ini dan pasti dia tau apa saja yang ada di dunia ini sudah pantas sekali kita wajib berkata yang baik-baik karna bahkan allah mendengar apa yang kita katakan dalam hati karna ini semua memang keutamaanya allah yang wajib kita ketahui.

  1. Al-Bashiir ( البصير ) artinya Maha Melihat

allah adalah maha melihat dalam arti bukan hanya mendengar tapi allah juga melihat apa saja yang kita lakukan di dunia seperti di wc, kamar mandi bahkan semut yang hitam yang berada di atas batu hitam di tengah malam yang gelap allah pun tau itu. Allah berfirman :

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَن تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَىٰ أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُم بَيْنَ النَّاسِ أَن تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ ۚ إِنَّ اللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُم بِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ سَمِيعًا بَصِيرًا – 4:58

Yang artinya : Sungguh, Allah menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil. Sungguh, Allah sebaik-baik yang memberi pengajaran kepadamu. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Melihat.

ini memang keutamaan yang memang allah punya dan ini semua hanyalah untuk kita semua agar allah dapat lebih mengontrol kita mungkin saat kita sedang melakukan pelanggaran maka allah akan mengingatkan kita dengan memberi sakit itu semua karna allah melihat semuanya, dia adalah maha melihat barang yang tampak dan gaib, oleh karna itu harusnya kita malu saat kita melakukan pelanggaran karna allah melihat hal itu.

  1. Al-Hakam ( الحكم ) artinya Maha Menghukum / Maha Mengadili,

Al-Hakam artinya Maha Menghukum / Maha Mengadili yaitu sebagai hakim yang menetapkan / memutuskan segala perkara yang tidak ada seorang pun yang dapat menolak keputusanNya, dan juga tidak ada seorang pun yang berkuasa merintangi/mengubah kelangsungan hukumNya itu. Seperti yang dijelaskan dalam Al-quran surat 22:69

اللَّهُ يَحْكُمُ بَيْنَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِيمَا كُنتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

Artinya: Allah akan mengadili di antara kamu pada hari Kiamat tentang apa yang dahulu kamu memperselisihkannya.

Al- Hakam berasal dari kata bahasa arab ha-ka-ma, akar dari kata itu sendiri bisa berubah menjadi haakim & hukm, demua kata yang berasal dari pengembangan kata ha-ka-ma memiliki makna yang sama yaitu menghalangi, itulah yang menjadi sebab bahwa hukum adalah sesuatu yang dapat menghalangi menusia dari berbuat perbuatan yang buruk/tercela di kehidupan sehari-harinya manusia.

Jadi bisa disimpulkan bahwa hanya Allah lah yang menghukumi dan menetapkan segala perkara pada seluruh kehidupan baik itu di Dunia dan di Akherat

  1. Al-’Adl ( العدل ) artinya Bahwa Allah itu Maha Adil

Al-’Adl artinya bahwa Allah itu Maha Adil, hanya Allah lah yang bisa memberi keadilan pada seluruh kelangsungan hidup seluruh makhlukNya , Allah lahyang bisa memberi keadilan pada setiap insan yang ada di muka bumi ini, keadilan Allah bersifat mutlak, tidak yang bisa menandingi sifat adilNya allah. Allah adalah pencipta dari segala keindahan, kejelekan, kebaikan, keburukan yang akan memberi keadilan bagi seluruh ciptaaNya. Oleh sebab itu, kita wajib menerima apa yang telah Allah gariskan kepada kelangsungan hidup kita karena itulah yang adil dimata Allah, dan terbaik bagi kita semua. Seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran Surat 16:126

وَإِنْ عَاقَبْتُمْ فَعَاقِبُوْا بِمِثْلِ مَا عُوقِبْتُمْ بِهِ وَلَئِنْ صَبَرْتُمْ لَهُوَ خَيْرٌ لِلصَّابِرِينَ

Artinya: Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar.

  1. Al-Lathiif ( اللطيف ) artinya yang Maha Mengetahui  pada segala sesuatu

Al-Lathiif artinya yang Maha Mengetahui  pada segala sesuatu baik itu terang maupun samar, baik itu besar maupun kecil dan semua yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia, Allah sudah mengetahuinya. Ini bisa kita simpulkan bahwa segala sesuatu yang dilakukan makhlukNya, Allah sudah mengetahuinya, walaupun makhuknya itu melakukannya dengan keadaan sembunyi-sembunyi di tempat yang sepi, Allah mengetahuinya. Seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran surat 22:63

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ أَنزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَتُصْبِحُ الْأَرْضُ مُخْضَرَّةً ۗ إِنَّ اللَّهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ

Artinya: Tidakkah engkau memperhatikan, bahwa Allah menurunkan air (hujan) dari langit, sehingga bumi menjadi hi-jau? Sungguh, Allah Mahahalus, Maha Mengetahui.

  1. Al-Khabiir ( الخبير ) artinya Maha Waspada/  Maha Mengetahui.

Al-Khabiir artinya Maha Waspada/  Maha Mengetahui. Yaitu Allah adalah dzat Yang Maha Mengetahui apa yang sudah berlalu dan apa yang akan datang pada seluruh makhluk. Dan Allah adalah Dzat yang mengetahui seluk beluk seluruh aktivitas yang terjadi pada makhluknya walaupun itu tampak  /  samar, sembunyi / terang-terangan dan lain sebagainya. Bisa kita ambil kesimpulan bahwa sifat Allah yang satu ini hampir sama dengan Al-Lathiif tapi perbedaanya adalah sifat Allah Al-Khabir ini lebih besar sifatnya.Seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran Surat 17:30

إِنَّ رَبَّكَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَن يَشَاءُ وَيَقْدِرُ ۚ إِنَّهُ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيرًا بَصِيرًا

Artinya: Sungguh, Tuhanmu melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dan membatasi (bagi siapa yang Dia kehendaki); sungguh, Dia Maha Mengetahui, Maha Melihat hamba-hamba-Nya.

  1. Al-Haliim ( الحليم ) artinya Maha Penyabar / Maha Penyantun / Maha Penghamba

Al-Haliim artinya Maha Penyabar / Maha Penyantun / Maha Penghamba, yaitu Allah adalah Dzat yang Maha Sabar dalam segala urusan, bisa kita artikan bahwa Allah akan menerima kembali orang-orang yang dimurkaiNya setelah orang itu mau bertaubat kepada allah, jika saja ada orang yang sudah melakukan bayak pelanggaran pelanggaran pada hidupnya di Dunia, tapi sebelum ajalnya datang ia mau bertaubat dengan sungguh-sungguh, maka Allah akan mengampuninya dan memberikan kepadanya sebuah kesempatan lagi untuk beramal baik di dunianya untuk bekal di Akherat nanti.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa hanya Allah lah yang bisa memberikan kesempatan ini pada umatnya yang tersesat dalam jalan menuju akhirat nya. Seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran surat 17:44

تُسَبِّحُ لَهُ السَّمَاوَاتُ السَّبْعُ وَالْأَرْضُ وَمَن فِيهِنَّ ۚ وَإِن مِّن شَيْءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِ وَلَٰكِن لَّا تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ ۗ إِنَّهُ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

Artinya: Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu tidak mengerti tasbih mereka. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun.

  1. Al-’Adzhiim ( العظيم ) artinya Maha Agung

Al-’Adzhiim artinya Maha Agung, yaitu mencapai puncak tertinggi dan di mercu keagungan kerana bersifat dengan segala macam sifat kebesaran dan kesempunnaan. Allah bersifat yang Maha Agung adalah Allah memiliki sifat keagunga terbesar yang mengalahkan siapapun di alam ini, walaupun sejatinya banyak orang yang tersesat dan menganggap ada tuhan selain Allah, tapi yang benar hanya Allah lah yang memiliki sifat keagungan yang lebih dari siapapun. Jikasaja ada manusia yang mengaku ngaku sebagai tuhan selain Allah  seperti halnya firaun dan mengaku sebagai tuhan yang paling agung, tapi sejatinya hanya Allahlah yang memiliki sifat keagungan yang terbesar di Jagad raya ini. Bisa diambil kesimpulan bahwa tiada Dzat yang lebih agung kecuali hanya Allah semata. Seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran Surat 59:96

فَسَبِّحْ بِاسْمِ رَبِّكَ الْعَظِيمِ

Artinya: Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Maha besar.

Incoming search terms:

  • asmaul husna terpenuhi/tercukupi artinya
  • bagaimana menanggapi perbedaan pendapat tentang arti nama dan penafsiran tentang asmaul husna
  • gambar asmaul husna lengkap
  • jelaskan bahwa sebelum allah menciptakan makhluknya dia telah memperhitungkan manfaat dan mudaratnya
  • saya tahu bahwa allah adalah as shomad (maha dibutuhkan) maka saya harus
Gravatar Image
Pribadi yang sederhana, berjuang, berusaha, dan terus berdoa untuk bisa menjadi orang yang bermanfaat dan berguna untuk sesama. Mencari ilmu akhirat dan dunia untuk hidup yang Barokah.

Leave a Reply