Asmaul Husna
Asmaul Husna

99 Asmaul Husna Arti, Maknanya, dan Manfaatnya Lengkap

Posted on

Arti Asmaul Husna (Nama-nama Baik Allah) dan Maknanya

Asmaul Husna artinya dan maknanya
Asmaul Husna
  1. Ar-Rahman ( الرحمن ) artinya Maha Pemurah

Ar-Rahman  yang artinya adalah yang mempunyai rahmat yang sangat luas untuk seluruh makhluq tanpa terkecuali muslim atau pun non muslim yang sudah diberikan didunia ini, contoh nya rizky jalan hidup dan seluruh urusan kebaikan.

Maka nama ini menyiratkan kepada pengutusan para rasul, dan turunnya kitab-kitab, karena ini nama tidak hanya sekedar menurunkan hujan saja , tetapi juga menumbuhkan tanaman, dan mengeluarkan biji-bijian. Dan sudah dijlaskan di :

Didalam surat Al-Fatihah: 3

Didalam surat Al-Ahzab: 43

Didalam surat Al-A’raaf: 156

Didalam surat Al-Baqoroh: 163

وَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ لا إِلَهَ إِلاهُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ

Artinya: “Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” (Didalam surat Al-Baqoroh: 163)

Khasiat Ar-Rahman: bagi yang membacanya nama Allah Ya Rahman ya Rohim sebanyak 100 kali pada setiap selesai melaksanakan sholat wajib dia akan terhindar dari kalalaian dan terhindar dari sifat keras kepala.

  1. Ar-Rahim ( الرحيم ) artinya Maha Penyayang

Ar-Rahim yang berarti pelaku rahmat yang sangat penyayang kepada orang yang beriman, yang telah  memberikan rahmat secara khusus kepada orang yang beriman di akhirat, (khusus bagi umat muslim). Dan sudah di jelaskan di :

Didalam surat Al-Fatihah: 3

Didalam surat Al-Baqoroh: 143

Didalam surat Asy-Syuaraa’: 191

وَإِنَّ رَبَّكَ لَهُوَ الْعَزِيزُ الرَّحِيمُ

Artinya: “Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang.”

Khasiat Ar-Rohim: yang terkandung dalam Ar-Rohim ketika kita membacanya sebanyak 100 kali setelah sholat shubuh maka kita akan mendapatkan kasih sayang dari semua makhluq.

Dan lafad Ar-Rohman in diulang dalam al-quraan sebanyak 90 kali

  1. Al-Malik ( الملك ) artinya Maha Raja

Al-Malik yang artinya adalahAllah dzat yang merajai dan menguasai semua makhluk-makhlukknyya. Semua yang ada didalam jagat raya ini adalah makhluk ciptaan-nya. Karena hanya Allah yang Maha Kuasa. Dan diterangkan di dalam surat :

Didalam surat Al-Hasyr: 23

Didalam surat Al-Mu’minun: 116

Didalam surat Al-Ma’idah: 17

وَاذْكُرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْكُمْوَمِيثَاقَهُ الَّذِي وَاثَقَكُمْ بِهِ إِذْ قُلْتُمْ سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ

Artinya: “Dan ingatlah karunia Allah kepadamu dan perjanjian-Nya yang telah diikat-Nya dengan kamu, ketika kamu mengatakan: “Kami dengar dan kami taati”. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui isi hati (mu).”

Khasiat Al-Malik: setiap umat muslim membaca Al-Malik 99 kali sesudah sholat shubuh, maka dia akan disegani oleh kawan-kawannya dan mendapat kan posisi yang sangat terhormat di tempat kerjanya.    

  1. Al Quddus ( القدوس ) artinya Maha Suci

Al-Quddus yang berarti Dzat yang maha suci dan mempunyai semua sifat yang ditangkap oleh panca indra, dan digambarkan dalam khayalan, dugaan, dan apa yang terlintas dalam hati dan pikiran. Dan di terangkan di surat :

Didalam surat Al-Jumu’ah: 1

Didalam surat Al-Baqoroh: 87

وَلَقَدْ آتَيْنَا مُوسَى الْكِتَابَوَقَفَّيْنَا مِنْ بَعْدِهِ بِالرُّسُلِ وَآتَيْنَا عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ الْبَيِّنَاتِ وَأَيَّدْنَاهُ بِرُوحِ الْقُدُسِ أَفَكُلَّمَا جَاءَكُمْ رَسُولٌ بِمَا لا تَهْوَى أَنْفُسُكُمُ اسْتَكْبَرْتُمْ فَفَرِيقًا كَذَّبْتُمْ وَفَرِيقًا تَقْتُلُونَ

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan Al Kitab (Taurat) kepada Musa, dan Kami telah menyusulinya (berturut-turut) sesudah itu dengan rasul-rasul, dan telah Kami berikan bukti-bukti kebenaran (mukjizat) kepada `Isa putra Maryam dan Kami memperkuatnya dengan Ruhul-Qudus. Apakah setiap datang kepadamu seorang rasul membawa sesuatu (pelajaran) yang tidak sesuai dengan keinginanmu lalu kamu angkuh; maka beberapa orang (di antara mereka) kamu dustakan dan beberapa orang (yang lain) kamu bunuh?.”

Khasiat Al-Quddus: bagi yang membacanya 100 kali dalam sehari, hatinya akan terbebas dari semua pikiran dan perhatian yang menimbulkan kesulitan, kekhawatiran dan penderitaan.

  1. As-Salam ( السلام) artinya Maha Penyelamat

As-Salam yang berarti tuhan Dzat-Nya selamat dari segala macam cacat dan cela, selamat sifat-sifat-nya, dari segala kekurangan, serta selamat perbuatan-nya dari segala kejelekan dan keburukan. Dan sudah diterangkan dalam surat :

Didalam surat Asy-Syuara’: 89

Didalam surat Al-an’am: 125

Didalam surat Yasin: 58

سَلامٌ قَوْلا مِنْ رَبٍّ رَحِيم

Artinya:”(Kepada mereka dikatakan): “Salam”, sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang.”

Khasiat As-Salam: bagi umat muslim yang membacanya 33 kali dalam setiap mengawali pekerjaannya, insya Allah akan mencapai sukses dan akan selamat. Dan jika dibacakan untuk orang yang sedang sakit 100x maka insya Allah akan mendapat ketenangan dan kesembuhan.

  1. Al-Mu’min ( المؤمن) artinya Maha Pengaman

Al-Mu’min yang berarti Allah adalah Dzat yang kepada-nya dinisbatkan segala keamanan dan kesentosaan dengan memberikan sebab-sebabnya dan menutupi jalan hal-hal yang ditakutkan. Allah adalah al-mu’min yang berarti   muthlaq, karena hanya kepada-nyalah keamanan dapat diraih dan dia adalah pencipta keamanan, baik di dunia ataupun di akhirat. Dan diterangkan di dalam surat :

Didalam surat Hasyr: 23

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لا إِلَهَ إِلاهُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Artinya: “Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala keagungan, Maha Suci, Allah dari apa yang mereka persekutukan.”

Didalam surat Quraisy: 4

Khasiat Al-Mu’min: bagi para pembacanya 36 kali maka dia dan hartanya akan diselamatkan, dan jika membaca saat menghadapi kekerasan atau dalam keadaan bahaya, maka insya Allah dia akan diselamat.

  1. Al-Muhaimin (المهيمن) artinya Maha Pemelihara

Al-Muhaimin yang berarti Allah adalah dzat yang mengerjakan penciptaan makhluknya, amal dan perbuatan mereka, rizky dan kematian mereka. Allah mengurusi semua dengan penglihatan, kekuasaan dan penjagaan-nya. Dan tidak ada yang bisa melakukan semua itu secara sempurna dan muthlaq kecuali Allah.

Didalam surat hasyr: 23

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لا إِلَهَ إِلاهُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Artinya: “Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala keagungan, Maha Suci, Allah dari apa yang mereka persekutukan.”

Khasiat Al-Muhaimin: bagi para pembacanya 100 kali sesudah mandi dan sesudah menjalankan sholat dalam kesunyian dan dalam keadaan konsentrasi, maka Allah akan memberikan kemuliaan dan kehormatan selaras dengan keinginannya.

  1. Al-‘Aziz (العزيز) artinya Maha Perkasa

Al-Aziz yang berarti Dzat yang tidak bisa dikalahkan dan tidak bisa dicegah, dan tidak ada tandingannya yang maha kuasa dan kuat. Dan diterangkan di surat :

Didalam surat Al-Ahzab: 25

Didalam surat Al-Baqoroh: 260

Didalam surat Al-Maidah: 118

إِنْ تُعَذِّبْهُمْ فَإِنَّهُمْ عِبَادُكَ وَإِنْ تَغْفِرْ لَهُمْ فَإِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Artinya: “Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba Engkau, dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Khasiat Al-‘Aziz: bagi umat muslim yang membacanya 100 kali dengan penuh konsentrasi, insya Allah akan mendapatkan kekuatan dan kebangkitan dalam menyelesaikan masalah, dan tidak lari dari masalah

  1. Al-Jabbar (الجبار) artinya Maha Kuasa

Al-Jabbar yang berarti Allah adalah dzat yang dapat melaksanakan keinginan dan kehendak-nya dengan jalan memaksa kepada setiap orang, dan tidak ada sesuatu pun yang dapat mencegah keinginan-nya. Semuanya ada dalam kekuasaan-Nya, dan tidak ada kemampuan manapun yang sanggup melanggar larangan-Nya.

Didalam surat Hasyr: 23

Didalam surat Maryam: 14

وَبَرًّا بِوَالِدَيْهِ وَلَمْ يَكُنْ جَبَّارًا عَصِيًّا

Artinya: “Dan banyak berbakti kepada kedua orang tuanya, dan bukanlah ia orang yang sombong lagi durhaka.”

Khasiat Al-Jabbar: bagi para membacanya 21 kali setiap pagi dan sore hari, insya Allah akan terhindar dari ancaman orang-orang dhalim, membaca 10 kali untuk suami istri sebelum melakukan hubungan, maka Allah akan memberikan rizky anak yang sholeh

  1.  Al-Mutakabbiru (المتكبر) artinya Maha Memiliki Kebesaran

Al-Mutakabbiru mempunyai arti bahwa Allah sebagai Dzat yang mempunyai pandangan hina kepada makhluk yang lain dibandingkan dirinya Allah, dan tidak ada kesombongan, keagungan, dan kebesaran kecuali pada dirinya Allah. Kita sebagai manusia biasa tidaklah pantas untuk menyombongkan diri kita,karena hanya Allah lah yang pantas untuk sombong.

Didalam surat al-hasr ayat 23 diterangkan :

 

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ ۚ

سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ – 59:23

 

Artinya : Dia adalah Allah, tiada tuhan (yang wajib disembah) kecuali Dia, yang maha merajai, yang maha suci, yang maha mensejahterakan, yang maha menjaga, yang maha mempunyai keselamatan, yang maha perkasa, maha kuasa, maha agung. Maha suci Allah jauh dari apa-apa yang mereka persekutukan.

  1.  Al-Kholiq (الخالق) artinya Maha Pencipta

Al-Kholiq mempunyai arti Maha Pencipta. Menerangkan bahwa Allah adalah Dzat yang menciptakan langit dan bumi dan segala sesuatu yang ada didalamnya. Apa saja yang ada didalam langit bumi ini itu yang menciptakan Allah, matahari, bulan, bintang dan lain sebagainya juga yang menciptakan Allah. Didalam surat Al-Hasr ayat 24 diterangkan bahwa :

هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ ۖ لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ ۚ يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ – 59:24

 

Artinya : Dialah Allah, dzat yang maha menciptakan, dzat yang maha mengadakan, dzat yang maha membentuk rupa. Bagi Allah nama-nama yang baik. Segala sesuatu yang ada didalam langit dan juga bumi sama mensucikan kepada Allah. Adapun Allah adalah dzt yang maha mulya lagi maha menghukumi.

Incoming search terms:

  • asmaul husna terpenuhi/tercukupi artinya
  • bagaimana menanggapi perbedaan arti nama dan penafsiran tentang asmaul husna
  • gambar asmaul husna lengkap
  • saya tahu bahwa allah adalah as shomad (maha dibutuhkan) maka saya harus
Gravatar Image

Pribadi yang sederhana, berjuang, berusaha, dan terus berdoa untuk bisa menjadi orang yang bermanfaat dan berguna untuk sesama. Mencari ilmu akhirat dan dunia untuk hidup yang Barokah.

Leave a Reply