software-development
Software

Software Paling Populer 2017

Posted on

Software atau dalam bahasa Indonesia berarti Perangkat Lunak merupakan sebuah istilah khusus untuk sebuah data yang sudah diformat, dan juga desimpan dengan secara digital, termasuk juga program komputer, berbagai informasi yang dapat kita baca, dokumentasi dari program komputernya, dan juga yang dapat ditulis oleh komputer. Artinya, software atau perangkat lunak ini merupakan bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud. Berbeda dengan hardware atau perangkat keras yang dapat kita sentu atau dapat diraba oleh tangan kita (memiliki wujud).

Didalam pembuatan software atau perangkat lunak itu memerlukan sebuah bahasa pemrograman yang dibuat atau ditulis oleh seorang yang membuat software atau seorang pemrogram tersebut, agar kode dari software tersebut dapat diterima oleh aplikasi kompiler yang kemudian di kompilasikan dan kemudian menjadi sebuah kode agar dapat dikenali oleh mesin hardware atau perangkat keras.

Ditahun 2017 ini sudah banyak sekali software yang populer dan juga banyak sekali didownload oleh banyak orang. Kepopuleran software tersebut mencerminkan bahwa kinerja dari software tersebut memang memiliki kehebatan dan juga sangat dibutuhkan oleh para pengguna software. Berikut ini merupakan software-software yang sedang populer di tahun ini.

  1. Ccleaner

CCleaner
CCleaner

Crap Cleaner merupakan nama yang dipakai sebelumnya memakai nama CCleaner. Sebuah fasilitas perangkat lunak software gratis untuk mengoptimalkan kinerja sebuah komputer dan juga dapat untuk membersihkan registry-nya. Didalam program software in memiliki kelebihan yaitu antara lain sudah tersedia alat untuk membersihkan cache yang ditinggalkan oleh sebuah program peramban saat kita sedang menggunakan browsing di internet.

Fasilitas yang berupa untility tools (perkakas pelengkap) yang digunakanuntuk pendamping bagi sistem operasi ini juga memiiki ukuran yang sangat kecil, sehingga tidak akan membebani resource pada saat komputer sedang melakukan pengoperasian. Berbeda dengan sebuah program yang sejenis namun memiliki lisensi berbayar, program ini memiliki kekurangan dalam fitur yang tersedia sangat minim dibandingkan dengan program sejenis dengan lisensi berbayar yang memiliki fitur yang lebih daripada program ini.

CCleaner merupakan perangkat yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan Piriform Ltd. dan juga dibuat untuk dioperasikan di sistem Microsoft Windows dan Mac OS. CCleaner tidak memungut biaya (gratis) untuk para pengguna komputer, sehingga perusahaan ini memerlukan donasi untuk mengembangan program ini. didalam program ini sudah tersedia 47 bahasa nasional di berbagai negara di dunia dan juga rencananya dalam versi-versi yang baru nantinya ingin dtambahkan lagi.

  1. Picasa

Picasa
Picasa

Picasa merupakan perangkat lunak atau software yang sudah sangat populer saat ini, karena hampir semua pengguna komputer menggunakan aplikasi ini untuk meninjau, mengelola, dan juga mengedit gambar digital, didalamnyajuga terdapat fitur sosial media yang sudah terintegrasi. Aplikasi ini pertama kali dibuat pada tahun 2002 oleh perusahaan Life Scape, Inc yang dahulunya bernama Idealab. Aplikasi ini bisa dioperasikan di Windows Vista, 7, Linux, danjuga Mac OS X (versi Intel). Sedangkan untuk Windows 98 dan juga Windows ME hanya tersedia untuk versi yang lama.

Dengan menggunakan aplikasi ini kalian dapat mengedit foto dengan menggunakan aplikasi ini, karena aplikasi ini sudah tersedia berbagai retouches photo dasar yang digunakan untuk meningkatkan kualitas gambar atau sebuah foto dan juga didalam aplikasi ini memiliki beberapa alat edit yang menarik seperti efek photo dan juga kolase. Bagi kalian yang sudah mempunyai blog maka picasa juga dapat menampilkan photo anda yang sudah kalian posting di blog. Karena picasa juga terhubung dengan akun Google kalian. Sehingga akan memudahkan kalian apabila ingin berbagi photo di Google+.

  1. WinRar

WinRAR
WinRAR

WinRAR merupakan sebuah aplikasi software shareware kompresi dan juga pengarsipan yang dibuat oleh Eugene Roshal. Kegunaan dari aplikasi software ini yaitu adalah untuk mengarsipkan sebuah berkas-berkas menjadi format RAR ataupun ZIP. Pocket RAR, merupakan sebuah pocket PC, dan juga WinRAR inisudah tersedia secara freeware. Fitur yang tersedia didalam aplikasi software ini yaitu dapat memadatkanberkas hngga 40% dari ukuran sebelumnya atau ukuran semulanya. Misalkan berkas A berukuran 100 MB lalu dikompresi atau dipadatkan menggunakan aplikasi ini dapat menjadi ukurannya 40 MB.

Banyak sekali kegunaan dari WinRAR ini yaitu antara lain :

  • Dapat membuat pekerjaan anda lebih cepat. Karena WinRAR sangat konsisten dalam membuat sebuah arsip kecil. Dengan menggunakan aplikasi ini kalian dapat menghemat ruang disk kalian.
  • WinRAR mendukung dengan semua format komprensi
  • WinRAR sangat ideal untuk file multimedia

Masih banyak lagi kegunaan dari aplikasi software ini, namun tidak dapat saya bahas pada artikel saat ini.

  1. CorelDraw Graphics Suite X7

corel draw x7
CorelDraw Graphics Suite X7

Aplikasi software yang satu ini merupakan aplikasi software desain grafis yang sangat berkualitas serta bisa menghasilkan hasil yang profesional. Hal ini dikarenakan software in banyak menawarkan teknologi yang baru untuk mendesain sebuah gambar yang dilengkapi dengan teknologi 3D dan juga aplikasi mobile dan juga memiliki fitur yang sangat menonjol yaitu seperti ilustrasi vektor, efek raster tata letak dan lain sebagainya. Aplikasi ini dikenakan kepada publik yaitu pada saat tahun 1989 ini sudahlah terbukti untuk software grafis pertama untuk platform Windows dan juga pada saat ini telah diluncurkan aplikasi software yang bernama CorelDraw Graphics Suite X7. Software ini dirancang khusus untuk memudahkan kalian untukmembuat sebuah hasil gambar yang sangat berkualitas serta profesional. Semua designer yang ada didunia menggunakan aplikasi ini untuk membuat sebuah design. Karena apa, software ini membuat para pelanggannya dengan memberikan pelayanan terbaiknya kepada para pelanggan.

Leave a Reply