bibir kering dan pecah-pecah
Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Ketahui Penyebab Bibir Kering dan Penanganannya

Posted on
bibir yang sehat
Contoh Bibir Lembab Dan Sehat

Bibir merupakan salah satu bagian dari wajah yang penting. Bibir yang sehat dan merona akan mencerminkan kesehatan pemiliknya. Banyak orang yang mengidam-idamkan memiliki bibir yang sehat dan merah merona karna wajah akan terlihat semakin cantik dan tampan dengan bibir yang sehat dan merona.

salah satu masalah pada bibir
Salah Satu Masalah Bibir

Namun bibir juga tidak luput dari berbagai masalah yang salah satunya adalah bibir kering. Pada dasarnya, kulit bibir berbeda dengan kulit tubuh yang memiliki kelenjar minyak. Kulit bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan itulah yang menyebabkan bibir seingkali terasa kering. Bila bibir kering dibiarkan saja, lama-kelamaan bibir akan menjadi pecah-pecah dan menimbulkan luka apabila kita mengelupasnya. Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan tentang penyebab bibir kering,cara mengatasinya, dan penanganannya.

Pertama, kita bahas dulu tentang penyebab bibir kering, apa saja sih yang menyebabkan bibir kering?

1.Dehidrasi

Tubuh yang kekurangan cairan menyebabkan kulit pada bibir dan bagian tubuh lain mengalami kekeringan. Untuk menjaga kelembaban bibir, konsumsi air putih minimal 8 gelas perhari.

2.Merokok

Hentikanlah kebiasaan merokok kalau kamu menginginkan bibir yang sehat dan lembab. Karna tanpa disadari, asap rokok dapat mencuri kelembaban kulit bibirmu.

3.Sering Menjilat Bibir

Sering menjilat bibir dapat melarutkan minyak alami pada bibir,yang akibatnya bibir kamu akan menjadi kering dan pecah-pecah.

4.Paparan Sinar Matahari

Sinar UV dapat mengurangi kelembaban bibirmu, apalagi juka bibir terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, bibir akan tambah kering dan menghitam.

5.Salah Memilih Lipstik

Sama halnya dengan krim pemutih wajah yang harus dicocokkan dengan kondisi kulit, lipstik pun juga sama. Sebelum memilih lipstick, anda harus mencocokkannya dengan kondisi bibir anda

Hal-hal yang harus kamu lakukan untuk mencegah bibir kering:

1.Memenuhi asupan nutrisi tubuh.

2.Hindari menjilat lidah terlalu sering.

3.Konsumsi banyak air putih.

4.Hindari kebiasaan menggingit bibir.

5.Jangan bernafas melalui mulut terlalu sering.

6.Hati-hati dalam memilih lipstik.

7.Sering-seringlah mengoleskan madu pada bibirmu.

8.jangan lupa  gunakan lip balm untuk menjaga kelembaban bibir saat keluar rumah.

 

Kalau bibir kamu terlanjur kering dan pecah-pecah, saya akan memberi tips mengatasi bibir yang kering dengan baha-bahan alami:

1.Menggunakan Tomat

Tomat merupakan buah yang mengandung banyak vitamin C dan E yang tinggi. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kelembaban bibir. Cara mengatasi bibir menggunakan tomat sangat mudah, kamu bisa langsung mengkonsumsinya dengan memakannya langsung atau menjadikannya jus tomat, cara yang lain yaitu kamu bisa langsung mengoles-oleskan buah tomat pada bibir dan tunggulah sebentar sampai tomat tersebut mengering.

2.Lemon atau Jeruk Nipis

Kedua buah keluarga jeruk ini mengandung banyak vitamin C yang bermanfaat untuk mencerahkan warna bibir dan memperbaiki kerusakan pada bibir.

3.Wortel

Wortel diperkaya dengan vitamin A yang baik untuk menjaaga kesehatan mata, namun setelah dilakukan penelitian lagi, ternyata kandungan dalam wortel juga bermanfaat untuk melembabkan bibir secara alami. Cara mengatasi bibir dengan wortel mudah sekali yaitu cukup dengan menghaluskan wortel kemudian oleskan ke bibir dan tunggu selama kurang lebih 30 menit sampai wortel tersebut mengering.

4.Mentimun

Mentimun merupakan salah satu sayuran yang mengandung banyak air, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi bibir yang kering. Caranya cukup dengan mengoles-oleskan mentimun pada bibir.

5.Madu

Selain penyembuh alami, madu juga merupakan pelembab alami. Madu sangat baik untuk melembabkan bibir yang kering.

Catatan: lakukanlah cara-cara di atas dengan rutin agar bibir kamu dapat terasa lembab setiap saat.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply