Pengertian Nabi Wajib Kamu Ketahui Beserta Sifat Sifatnya Dan Mukzijatnya

Posted on

Nabi menurut islam adalah seorang sejenis kelamin laki laki yang mendapatkan wahyu dari Allah swt namun tidak sembarang orang yang di beri wahyu oleh Allah kecuali nabi abi yang telah di utus oleh Allah.

Dalam pengetahuan islam, Rosul adalah seorang yang mendapatkan wahyu dari Allah swt dan memiiliki muzijat untuk menyebarluaskan wahyu tersebut kepada umat islam yang lainnya.

Kisah nyata 9mimpiya Nabi Muhammad SAW

Daripada Abdul Rahman Bin Samurah ra berkata, Nabi Muhammad saw bersabda: “Sesungguhnya aku telah mengalami mimpi mimpi yang menakjubkan pada malam aku sebelum di Israqkan……..”

  1. Aku telah melihat seorang dari umatku telah di datang oleh malaikatul maut dengan keadaan yg amat mengerunkan untuk mengambil nyawanya,maka malaikat itu terhalang perbuatannya itu disebabkan oleh ketaatan dan kepatuhan kepada kedua orang tuanya.
  2. Aku melihat seorang dari umatku telah disediakan azab kubur yang amat menyiksakan, diselamatkan oleh berkatAku melihat seorang dari umatku telah disediakan azab kubur yang amat menyiksakan, diselamatkan oleh berkata waduknya yang sempurna.
  3. Aku melihat seorang dari umatku sedang dikerumuni oleh syaitan-syaitan dan iblis-iblis lakhnatullah, maka ia diselamatkan dengan berkata zikinya yang tulus san ikhlas kepada Allah.
  4. Aku melihat bagaimana umatku diseret dengan rantai yang diperbuat daripada api neraka jahanam yang dimasukkan dari mulut dan dikeluarkan rantai tersebut ke duburnya oleh malaikut Ahzab, tetapi solatanya kusuk telah melepaskannya dari seksaan.
  5. Aku melihat umatku ditimpa dahaga yang amat berat, setiap kali dia mendatangi satu telaga di halang dari meminumnya,ketika itu datanglah pahala puasa yang ikhlas kepada Allah swt memberi minum sehingga puas.
  6. Aku melihat umatku cuba untuk mendekati kumpulan para nabi yang sedang duduk berkumpulan-kumpulan, setiap kali dia datang dia akan diusir, maka menjelmalah mandi junub dengan rukun yang sempurna sambil kekumpulan ku seraya duduk din sebelah ku.
  7. Aku melihat seorang dari umatku berada di dalam keadan gelap gelita di sekelilingnya, sedangkan dia sendiri di dalam keadaan binggung, maka datanglah pahala haji dan umrah dengan ikhlas kepada Allah swt lalu mengeluarkan dari kedelapan kepada tempat yang terang menerang.
  8. Aku melihat umatku cuba berbicara dengan golongan orang mukmin tetapi mereka tidak pun membalas bicaranya,maka menjelmalah sifat silaturrahimnya tidak suka bermusuh musuhan Walaupun mereka membenci nya kepada nabi Muhammad saw.
  9. Aku melihat umatku sedang menepis-nepis percikan api ke mukanya, maka segeralah menjelma pahalasedekahnya ikhlas karena Allah swt lalu mengusap mukanya dari bahaya api tersebut.

Para Nabi dan Rasul mempunyai 4 sifat wajib yaitu :

  1. Shidiq artinya orang yang benar
  2. Amanah artinya orang yang dapat di percaya
  3. Tabliqh artinya orang menyampaikan wahyu kepada umatnya
  4. Fatonah artinya orang yang pandai atau cerdas

Para Nabi dan Rosul mempunya 4 sifat mustahil :

  1. Kizib artinya orang yang berdusta
  2. Khianat artinya orang yang curang dalam segalanya
  3. Kitman artinya orang yang menyembunyikan wahyu dari Allah
  4. Jahlun artinya orang yang bodoh

Dari 25 nabi yang kami ketahui, kami yag patuh kita ajari yaitu Nabi Muhammad SAW. Segala hal dilakukan mereka untuk menjatuhkan mental Rosululloh dalam berdakwah dan mensyiarkan Islam, mulai dari memfitnah, melempari batu, hingga menyuruhnya melakukan sesuatu yang mustahil, misalnya membelah bulan untuk orang kafir dan orang musrik supaya masuk islam.

Kisah Nabi Muhammad Membelah Bulan

Dakwah yang dilakukan Rosullulloh SAW bersama para sahabat membuat pemeluk Islam kian bertambah. Mereka berusaha membuat orang-orang di sekitar Nabi menjadi lemah keimanannya dengan beragam cara. Mereka terus menantang Nabi Muhammad dengan berbagai keinginan yang tak masuk akal.

Seatu ketika orang kafir quraisy itu merencanakan sesuatu untuk menyudutkan nabi. Mereka menyusun untuk meminta Nabi Muhammad untuk melakukan hal yang mustahil di hadapan banyak orang sebagai bentuk olok-olok atas dakwah yang Beliau sampaikan. Mereka meminta Nabi Muhammad untuk menunjukan mukjizat yang dimilikinya Nabi Muhammad.

orang quraisy berkata “Kalau memang engkau adalah seorang nabi, tunjukkanlah satu mukjizat kepada kami. Belahlah bulan purnama yang kini tengah temaram menjadi dua bagian. Letakan yang sebelah diatas gunung ini, dan letakan yang sebelahnya lagi di atas gunung itu.”

Mendengar tantangan dari orang quraisy, Nabi Muhammad kemudian bersabda, “Jika aku sanggup menjawab tantangan kalian, apakah kalian akan percaya jika aku memang diutus oleh Alloh untuk menunjukan jalan kebenaran pada kalian?

Bulan Terbelah Menjadi 2

Pada kisah-kisah Nabi terdahulu, Allah Yang Maha Kuasa kemudian memberikan mukjizat kepada Nabi Muhammad untuk membelah bulan yang kala itu bersinar sangat besar. Nabi Muhammad berdoa, berdzikir dan meminta pertolongan pada Alloh, Nabi Muhammad kemudian berhasil membelah bulan menjadi 2 bagian dengan telunjuknya. Setengah bagian beliau letakan di atas gunung, sedang yang satu lagi diletakannya di atas gunung lain.

Saat itu, tak seorang pun mengeluarkan suaranya. Mereka semua bergumam takjub dan memperhatikan dengan seksama dari apa yang terjadi.  Subhanallah, sungguh luar biasa. Alloh yang Maha Besar, Alloh yang Maha Tinggi telah membelahkan bulan untuk Nabi Muhammad di malam itu dan orang kafir tidak percaya lagi, orang kafir berkata Nabi itu adalah seorang sihir yag sangat luar biasa dan sebagian orang kafir ada yang tidak mempercayainya dan sebagian yang lain ada yang masuk islam.

Itu lah kisanya nabi Muhammad yang membelah bulan dan 9 mimpinya nabi Muhammad yang saya tulis dari kisah teladan islam. Semoga kisah ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua sehingga keimanan kita dan keislaman kita bertambah seiring dengan berkurangnya umur kita hidup di dunia ini menjadi islam semua. Semoga semua itu ada manfaatnya bagi kalian semua. Sekian dan terimaksih.

Incoming search terms:

  • kisah kekumpulan nabi

Leave a Reply