Cara membuat pempek

Resep Membuat Pempek Yang Nikmat Dan Lezat

Posted on

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini yaitu pempek, pempek merupakan kuliner yang berasal dari kota palembang, pempek sudah melekat dengan kota palembang dan tak dapat terpisahkan. Anda belum  resmia mendatangi kota palembang kalau belum mencicipi pempek dari tanah bumi sriwijaya. Pempek yang terbuat dari ikan dan tepung tapioka ini sudah banyak di jual dimana – mana mulai dari pedagang keliling, warung – warung makanan bahkan sampai ke lestoran, tentunya harganyapun berbeda – beda.

Tidak hanya itu pempek pun sudah banyak dijual di berbagai kota di indonesia dengan konsep penjualan yang berbeda – beda dan tentunya juga dengan tarif yang berbeda – beda. Maka tidak heran lagi kalau pempek kini menjadi jajanan yang populer dan banyak diburu oleh masyrakat dan hampir kebanyakan dari kita juga sudah pernah merasakan. Asal – usul pempek sendiri ternyata sangat menarik untuk disimak.

bahan pembuatan pempek
cara membuat pempek

Di masa kesultanan palembang, pempek disebut kelesan. Kelesan adalah panganan adat rumah limas yang mengandung sifat dan kegunaan tertentu. Dinamakan kelesan juga karna makanan ini dikele atau disimpan lama. Pempek pada akhirnya pempek dijual kormesial di saat zaman kolonial, uniknya pempek mulya dibuat oleh orang asili palembang. Setelah dibuat pempek dioper ke orang china untuk dijual, orang china di palembang saat itu terkenal sebagai ahli dalam berdagang.

Tercatat pada tahun 1916, pempek sudah mulai dijajakan dengan penjual yang berjalan kaki  dari kampung ke kampung, khususnya di kawasan keraton.

cara membuat pempek
bahan – bahan yang diginakan untuk membuat pempek

Lantas dari mana nama pempek berasal, jika nama aslinya adalah kelesan? Ternyata, nama pempek berasal dari sebutan pembeli kepada penjual kelesan. Empek adalah sebutan dari orang china yang menjajakan kelesan, para pembeli yang biasa membeli kelesan, dan rata – rata anak muda sering memanggil penjual kelesan dengat pangilan ‘’pek , empek, mampir sini. Akhirnya panggilan pempek lebih populer dari pada kelesan dan nama pempek bertahan sampai saat ini. Dan pempek pun kini sudah dapat kita jumpai dimana – mana, tapi bagi anda yang ingin membuat pempek tidak perlu khuatir lagi kini suda banyak orang yang mampu membuat pempek dengan tanganya sendiri, dan andapun pasti juga mampu untuk membuatnya. Namun katanya yang paling nikmat itu hanya pempek yang berasal dari kota asalnya yaitu palembanmg. Yang katanya bisa membuat pempek menjadi lebih lembut dan jga cita rasa yang khas. Sebenarnya cara untuk membuat pempek palembang yang enak terbilang cukup mudah. Kalau anda ingin mencobanya sendiri dirumah anda tidak perlu cemas dan khuatir, dibawah ini ada resep.

bahan pembuatan pempek
cara membuat pempek

 

Cara membuat pempek khas palembang beserta sausnya atau cokonya. Selamat membaca.

Resepnb Membuat Pempek palembang

Bahan – bahan Utama Yaitu :

  • 1,5 tepung sagu, usahakan yang kualitasnya terbaik agar hasilnya nanti juga baik dan memuaskan.
  • 1 kg ikan belida yang suda digiling terlebih dahulu, kalau anda tidak dapat menemukan ikan belida, anda tidak perlu cemas, soalnya dapat diganti dengan daging ikan yang lainya seperti ikan tenggiri atau ikan gabus.
  • 1 sendok makan garam dapur
  • 1 bungkus bumbu penyedap rasa
  • 1 gelas air putih yang dingin (air es)
  • Rebuslah beberapa liter air kedalam panci, jangan lupa tambahkan minyak goreng 2 sendok makan cukup

Cara Membuat Pempek Palembang

  • Langkah pertama. Masukan ikan yang telah digiling tadi kedalam sebuah wadah, kemudian masukan bumbu penyedap rasa, garam dan juga gula serta tambahkan pula air dingin, aduk – aduk hingga adonan ikan dan bumbunya merata.
  • Langkah kedua. Masukan tepung sagu yang kualitasnya bagus kedalam adonan ikan, ketika memasukan tepungnya bertahap – tahap dan secukupnya saja jang sampai kelebihan. Kalau di rasa – rasa adonan sudah tidak lengket dan bisa diuleni, hentikanlah pengunaan tepung. Jika kebanyakan pempeknya menjadi berasa sagu bukan berasa ikan.
  • Tahap berikutnya adalah pempentuk adonan pempek yang suda disiapkan seperti yang diatas. Caranya ya tinggal anda bentuk saja sesuaikan dengan selera anda bisa anda bentu lonjong, bulat – bulat, pipih, anda juga dapat memberi isi pada bagian dalam pempek seperti telur, gilingan daging dan lainya. Namun perlu diperhatikan sebelum anda membentuk adonanya, ambil dulu sedikit tepung kemudian usapkan ketangan anda. Fungsinya agar tangan anda tidak lengket dengan adonan di saat membentuknya.
  • Setelah semua adonan selesai dibuat, barulah direbus kedalam panci yang berisikan air yang sudah dipanaskan.
  • Setelah itu tungulah hingga pempeknya mengambang, dan itu juga menjadi pertanda bahwa pempeknya sudah matang dan siap untuk disantap, namun agar lebuh nikmat jika dimakan buatlah terlebih dahulu sausnya.

Bahan – bahan yang Perlu Disiapkan Untuk Membuat Sausnya Atau Cukonya :

  • 1 liter air putih
  • 250 gram gula merah (aren)
  • 200 gram bawang putih yang telah di iris dan dicincang halus
  • Cabai rawit, sesuaikan dengan selera anda, kemudian haluskan
  • Ebi kering yang sudah dihaluskan, kira – kira 2 sendok makan

Cara Membuat Saus Atau Cukonya

  • Langkah pertama masaklah air yang sebelumnya suda dicampur dengan asam jawa beserta gula merah, tunggulah beberapa saat hingga mendidih, setelah benar – benar mendidih, kemudian masukanlah bahan – bahan yang lain seperti cabai rawit, ebi, bawang putih dan garam, lalu aduklah hingga semuanya tercampur rata.
  • Terakhir angkat saus yang telah dibuat itu dan makanlah pempek tadi bersamaan dengan saus ini, maka rasanya akan jauh lebih nikmat. Anda juga dapat mencampur sausnya dengan timun.

Silahkan anda mencobanya semoga berhasil. Mungkin anda juga dapat membuka peluang usaha dari resep ini. Dan silahkan anda kereasikan sesuai dengan selera anda masing – masing. Selamat mencoba.

Leave a Reply