Jenis-Jenis Bencana Alam Yang Ada Di Indonesia

Posted on

 

Bencana Alam yaitu Peristiwa yang dapat mengancam dan dapat mengganggu keberlangsungan kehidupanya makhluk hidup, baik tumbuhan, hewan dan manusia yang bertempat tinggal di tempat terjadinya bencana alam tersebut. Faktor dari penyebabnya bencana alam yaitu dari faktor alam, dan faktor dari manusia itu sendiri. Bencana alam itu dapat mengakibatkan kerusakan, korban jiwa, hilangnya harta benda, kemunduran teknologi, dan masih banyak lagi. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa Bencana Alam merupakan Bencana yang dapat mengakibatkan kerusakan dan kemunduran di suatu lingkungan tertentu.

Jenis-Jenis Bencana Alam

Bencana alam secara khusus itu di bagi menjadi 3 golongan yaitu:

  1. Bencana Alam Geologi

Bencana Alam Geologi merupakan Bencana Alam yang mana bencana alam yang sering terjadi di sekitar kita. Yaitu berupa Gempa bumi, Tsunami, tanah losngsor, dan gunung meletus.

  1. Bencana Alam Meteorologi

Bencana alam ini merupakan bencana alam yang biasanya terjadi dengan cara tidak menentu ataupun terjadi secara tiba-tiba, dan biasanya terjadi di tempat yang khusus saja. Contoh dari Bencana alam geologi adalah: Kekeringan atau kebanjiran di suatu tempat tertentu, penyebabnya mungkin dari kurangnya atau lebihnya defisit hujan di tempat daerah tersebut.

  1. Bencana Alam Ekstra-Terestial

Jenis Bencana Alam ini merupakan jenis bencana alam yang jarang terjadi. Karena biasanya terjadi dapat di prediksi jauh-jauh hari sebelum hari terjadinya bencana tersebut. Dikarenakan bencana alam ini merupakan bencana alam yang diakibatkan oleh benda-benda yang ada di luar angkasa.

Itulah beberapa jenis-jenis bencana alam yang ada di muka bumi. Sekarang saya akan menjelaskan tentang Macam-Macam Bencana Alam Yang Ada Di Indonesia. Berikut adalah penjelasnya:

  1. Bencana Alam Banjir

Bencana Alam ini merupakan bencana alam yang paling sering kita temukan di indonesia. Hampir semua tempat terjadi peristiwa ini. Penyebab dari bencan alam ini adalah mungkin dari faktor curah hujan yang tinggi, atau juga memang dari faktor tidak ada lahan untuk air mengalir. Penyebab banjir juga yaitu akibat jebolnya tanggul dikarenakan tidak kuatnya tanggul yang menahan debit air yang berlebih. Penyebab banjir juga dapat diakibatkan oleh manusia itu sendiri, mereka membuang sampah sembarangan di sungai, atau membuangnya ke saluran air, sehingga air tersumbat, atau juga karena penebangan liar, sehingga air tidak bisa meresap ke dalam pohon tersebut.

  1. Bencana Alam Tanah Longsor

Bencana alam tanah longsor merupakan Bencan alam yang penyebabnya adalah karena pergerakan tanah atau juga pergerakan batuan yang sangat besar. Terjadinya tanah longsor ini biasanya disebabkan dari 2 fakrot yaitu faktor pendorong yang mana faktor tersebut di pengaruhi oleh kondisi material dan tanah di lingkungan itu sendiri. Dan yang ke 2 adalah Faktor dari luar, contohnya yaitu terjadinya angin kencang atau hujan yang sangat deras sehingga material atau tanah tidak dapat menahan debit air tersebut. Dan faktor tanah longsor juga bisa dari manusia itu sendiri, dikarenakan manusia menebang pohon secara tidak beratur sehingga ketika hujan air tidak meresap kepohon, melainkan ke tanah, sehingga tanah pun tidak bisa menahan debit air yang banyak tersebut.

  1. Bencana Alam Kebakaran Hutan

Bencana alam kebakaran hutan merupakan benacan alam yang mana penyebab utamanya yaitu kekeringan yang berkepanjangan(faktor alam), ataupun juga dari faktor manusia yang tidak bertanggung jawab. Bencana alam ini merupakan bencana alam yang bisa di bilang sulit untuk penanggulanganya. Apalagi jika api itu sudah membesar. Kebakaran hutan bisa terjadi akibat 2 faktor, yang pertama faktor alam yang mana biasanya diakibatkan oleh kekeringan yang berkepanjangan, serta akinat petir yang menyambar hutan yang kering tersebut. Faktor kedua yaitu faktor dari manusia yang tidak bertanggung jawab. Yaitu  manusia yang ingin membuka lahan di kawasan itu, lalu membakar lahan itu supaya mudah untuk menghilangkan dedaunan yang ada di lahan itu, tanpa harus bersusah payah, tetapi mereka tidak memperhitungkan akibat dan sebab yang terjadi dari bencana kebakaran lahan tersebut.

  1. Bencana Alam Gempa Bumi

Bencana Alam Gempa Bumi merupakan bencana alam yang salah satu penyebabnya yaitu terjadinya getaran di permukaan bumi atau pergesekan antara kerak dan lempengan bumi. Bencana ini merupakan termasuk bencana yang sangat berbahaya, karena bencana alam ini tidak ada yang tahu kapan bisa terjadi. Namun terjadinya bencana alam ini biasanya terjadi di tempat-tempat tertentu saja, yaitu di daerah patahan lempeng bumi, dan sekitarnya. Alat untuk mengukur kekuatan gempa dinamakan Seismometer. Dan, skala yang umum digunakan adalah skala Ritcher(SR) dengan batas maksimal yaitu getaran mencapai 5 SR untuk getaran dengan kondisi aman.

  1. Bencana Alam Tsunami

Bencana alam tsunami merupakan bencana alam yang di sebabkan karena terjadinya perubahan dari permukaan air laut secara vertikal, dan mengarah ke arah daratan. Biasanya orang yang ada di pantai menyebutnya dengan Obak Besar Di Pelabuhan. Tsunami sendiri berasal dari bahasa jepang yaitu TSU yang mempunyai ari pelabuhan, dan NAMI memiliki arti gelombang, jika di satukan berarti tsunami memiliki arti gelombang yang datang dari arah pelabuhan. Penyebab dari tsunami yaitu dari faktor terjadinya gempa bumi yang terjadi di bawah laut, longsor di bawah laut, ledakan atau letusan yang terjadi di bawah laut yang dapat terjadi kapan saja.

Nah itulah sedikit Tentang Bencana alam yang ada di indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi macam-macam bencana alam yang ada di indonesia. Bila anda ingin selamat dari bencana yang ada di atas, kalian jagalah lingkungan di sekitar anda. Jika kalian sudah menjaganya, tetapi masih tetap terjadi, berarti allah lah yang telah memberikan cobaan pada kalian. Sekian dari saya, terima kasih.

Incoming search terms:

  • Bencana alam

Leave a Reply