urutan tata surya
urutan tata surya

Inilah Urutan Planet Dan Fakta Unik Yang Wajib Diketahui

Posted on

Bumi adalah tempat tinggal bagi semua makhluk hidup karna di bumi ada oksigen maka semua makhluk hidup bisa bertempat disana, bumi adalah salah satu planet dari 7 planet tata surya yang ada. Planet adalah kumpulan bebatuan dan gas-gas yang menjadi satu yang berputar pada porosnya dan berevolusi pada satu bintang, matahari adalah salah satu bintang yang menjadi pusat reveolusi bumi dan planet lainnya dan apakah anda tau planet-planet yang berada di luar bumi?, Mungkin ini sudah umum ditelinga anda tapi apakah anda tau rahasia-rahasia yang tersembunyi dari planet-planet selain bumi?, mari kita simak bersama, berkut planet-planet yang ada di luar bumi secara urut:

  1. Mercurius

merkurius
merkurius

Sebagai planet pertama dan terdekat dengan matahari, mercurius adalah planet yang ekstrem dengan suhu sekitar 70K sampai 90K bukan hanya itu saja mercurius ternyata hampir mirip dengan bulan karna di permukaan mercurius mempunyai lubang-lubang yang mirip dengan bulan bahkan planet ini tidak memiliki satelit alami maupun buatan. Atmosfer yang tipis dan oksigen yang menipis tidak memungkinkan makhluk hidup disini oleh karna itu disini di mercurius tidak ada kehidupan.

  1. Venus

venus
venus

Venus adalah planet kedua yang disebut mirip dengan bumi atau kembarannya bumi karna bentuk dan ukuran yang hampir sama maka banyak orang yang bilang bahwa venus adalah bumi yang kedua tapi ternyata kenyataannya berbeda dari dugaan kita, venus adalah planet terpanas dari semua planet walaupun planet ini menempati tempat kedua dari matahari jangan anggap mercurius lebih panas dari pada venus tapi yang membuat planet ini lebih panas adalah gas-gas yang berada di dalam venus, gas-gas yang beracun serta atmosfer yang padat lagi lembab membuat venus sulit untuk mengeluarkan panas dari dalam planet. Planet ini juga sering muncul di bumi, jika saat fajar kalian lihat ada bintang yang sering dipanggil bintang kejora maka itulah planet venus, sama seperti planet merkurius planet ini tidak mempunyai satelit alami maupun buatan dan sudah pasti tidak ada kehidupan disana.

  1. Bumi

bumi
bumi

Siapa yang tidak kenal planet yang satu ini pasti kalian sudah mengetahui apa saja yang ada di bumi dan tidak usah saya jelaskan lagi, tapi ada beberapa hal yang wajib anda ketahui walaupun bumi mempunyai banyak oksigen dan air tapi jangan sangka bahwa bumi akan bisa bertahan terus menerus, banyaknya polusi air, tanah, angin akan membuat bumi kekurangan oksigen dan menipisnya lapisan ozon yang mengakibatkan benda luar angkasa mudah untuk masuk dan bisa-bisa menghancurkan bumi oleh karna itu jagalah bumi dan rawatlah dengan baik.

  1. Mars

mars
mars

Mars banyak yang bilang kalau bumi hancur kita bisa pergi dan mengusngsi di mars tapi itu sangatlah mustahil karna ternyata mars mempunyai keterbalikan dengan bumi, lapisan atmosfer mars sangatlah tipis sehingga benda-benda angkasa sangatlah mudah untuk masuk di mars tidak ada oksigen tapi karbon oksida yang mana gas ini adalah gas yang kita keluarkan setelah bernafas , bukan hanya itu saja di mars ternyata ada gunung berapi yang mengerikan dan lebih tinggi dari pada gunung Everest yaitu “Olympus Mons”yang mana letusannya diperkirakan lebih dahsyat dari semua letusan gunung di bumi, dan yang lebih menarik lagi mars mempunyai 2 satelit yaitu phobos dan deimos yang mempunyai warna unik.

  1. Jupiter

jupter
jupiter

Jupiter adalah planet terbesar dari semua planet yang ada di tata surya dan juga planet yang mempunyai satelit terbanyak yaitu 60 satelit, sebagai planet terbesar Jupiter memang mempunyai banyak keunikan yaitu jika anda melihat foto bintik merah di jupiter jangan salah ternyata bitnik merah itu adalh badai tornado yang sangat besar mengap bisa begitu? Ternyata planet Jupiter setiap harinya selalu ada tornado yang besar yang berputar-putar mengelilingi Jupiter bukan hanya itu saja planet Jupiter juga memiliki medan mangnet yang kuat jika anda berada di dekat Jupiter berhati-hatilah karna bisa-bisa kalian tersedot dan masuk kedalam dan hancur. Angina yang kuat dan medan magnet yang kuat dan hawa yang dingin sangatlah tidak mungkin bagi makhluk hidup untuk hidup disana.

  1. Saturnus

saturnus
saturnus

Saturnos adalah planet yang cantic dan mengagungkan bagaimana bisa? Cincinnya yang berkilau mempercantik planet ini dan bukan hanya itu saja keunikan dari planet ini adalah kita tidak bisa menginjak planet ini karna saturnos terbuat dari gas-gas yang enjadi satu dan padat dan sangatlah tidak mungkin bahwa makhluk hidup disini, saturnos memiliki satelit terbesar yang memiliki atmosfer yang lebih tebal dari pada bumi.

  1. Uranus

uranus
uranus

Sebagai planet terbesar ke-3 di tata surya uranus adalah planet yang terdingin dan sangatlah cantik, warna birunya yang menutupi semua planet membuat planet ini bagaikan dewi air yang menjaga tata surya tapi jangan harap kalian dapat datang ke sini karna Uranus adalah planet yang tidak padat dan hanya berupa gumpalan-gumpalan gas yang menjadi satu.

  1. Neptunus

neptunus
neptunus

Adalah planet yang banyak orang bilang kembaran dari Uranus warna biru dari planet ini membuat hampir mirip tapi ternyata di planet ini terdapat samudra yang luas tapi sedikit berbeda dengan bumi namanya “neptun” yang berarti dewa air ini memungkinkan planet ini mempunyai air yang cukup banyak, seperti Uranus planet ini tidak ada oksigen yang membuat anda untuk beroikir 2 kali untuk hidup disini. Mungkin itulah beberapa urutan planet dan fakta-fakta unik dari 7 planet yang wajin kalian ketahui terimakasih bagi yang membaca sekian.

Leave a Reply