sepak bola
Sepak Bola

Legenda Sepak Bola Sepanjang Masa

Posted on

Sepak bola merupakan salah satu dari sekian banyak cabang olahraga. Sepak bola ini merupakan cabang olahraga yang dimainkan setiap timnya yaitu beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan masih ada pemain cadangan terdiri atas dua tim, sepak bola dimainkan dengan menggunakan bola yang biasanya terbuat dari kulit atau semacamnya. Sepak bola dimaikan dengan lamanya yaitu 2×45 menit atau selama 90 menit. Sepak bola biasanya dimainkan di lapangan atau disebuah stadion yang berbentuk persegi panjang yang dengan menggunakan rumput atau rumput sintetis.

Tujuan dimainkannya sepak bola yaitu untuk mendapatkan atau mencetak gol sebanyak-banyak dengan cara pemain memasukkan bola kedalam gawang lawan. Sepak bola merupakan cabang olahraga yang paling populer di seluruh dunia, karena pada saat memasuki abad ke-21 sepak bola telah dimainkan lebih dari 250 juta orang di 200 negara.

Pertandingan kejuaraan terbesar diseluruh dunia yaitu disebut Piala Dunia. Kejuaraan ini diselenggarakan oleh FIFA (Federation Internationale de Football Association). Kejuaraan ini diselenggarakan setiap empat tahun sekali dan kejuaraan ini telah dimulai sejak tahun 1930 pertama dimulai di Uruguay.

Didalam sebuah tim sepak bola pastilah ada seorang pemain yang memiliki kemampuan mengolah bola yang sangat baik. Pemain tersebut biasanya merupakan bintang didalam sebuat tim tersebut, mugkin sampai di disebut-sebut seorang legenda sepak bola. Cabang olahraga sepak bola ini memiliki banyak legenda yang harus kalian para pecinta sepak bola ketahui. Para legenda tersebut yaitu :

  1. Pele

pele
Edison Arantes do Nascimento (Pele)

Pele atau nama aslinya Edison Arantes do Nascimento dia lahir pada 23 Oktober 1940 atau sekarang berumur 77 tahun. Pele lahir di Tres Coracoes, Minas Gerais, Brazil. Pele merupakan legenda sepak bola yang berasal dari Brazil. Pele telah banyak membawa timnya berhasil menjuarai berbagai kompetisi dan juga telah berhasil membawa Brazil menjuarai Piala Dunia sebanyak 3 kali yaitu saat Piala Dunia tahun 1958 di Swedia, 1962 di Chili, 1970 di Meksiko. Karena keberhasilanya itu akhirnya Brazil mendapatkan Piala Jules Rimet dan juga Pele mendapatkan julukan O Rei atau Sang Raja.

Dahulu Pele merupakan anak yang hidup dengan kemiskinan di daerah Sao Paulo. Namun setelah dia bergabung dengan tim kecil yang membawa besar namanya yaitu Santos. Akhirnya sekarang dia dikenal sebagai Legenda Sepak Bola. Saat masih bermain untuk timnya yaitu Santos, Pele telah mencetak sebanyak 1.091 gol dalam 1.115 penampilan. Kemudian setelah Pele berada di Santos, akhirnya Pele pindah ke New York Cosmos dan telah mencentak gol sebanyak 64 gol dalam 107 pertandingan. Maka dari itu sampai sekarang Pele merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa yaitu mencetak 1.281 gol dalam 1363 pertandingan.

  1. Ferenc Puskas

Ferenc Puskas
Ferenc Puskas

Pemain yang lahir pada 1 April 1927 dan kemudian pada saat Puskas berumur 79 tahun, dia meninggal pada 17 November 2006. Ferenc Puskas lahir dan wafat di Budapest, Hungaria. Ferenc Puskas merupakan pemain yang pernah ikut membela Timnas Hungaria. Di era tahun 1950-an Hungaria merupakan kekuatan tim sepak bola dimasanya. Walaupun hanya pernah mengikuti Piala Dunia sebanyak satu kali, namun pada waktu itu karena di Timnas Hungaria ada sesosok pemain yang hebat yaitu Ferenc Puskas akhirnya Timnas Hungaria merupakan tim yang dianggap hebat.

Di saat Ferenc Puskas masih bermain sepak bola, tim yang pertama dibelanya yaitu Budapest Honved FC. Saat masih berada di tim tersebut Puskas telah berhasil mencetak 352 gol dalam 341 pertandingan. Kemudian setelah Puskas membela tim Budapest, Puskas akhirnya membela tim Eropa yaitu Real Madrid. Puskas saat membela Real Madrid juga telah banyak mencetak gol yaitu 156 gol dalam 180 penampilan dan juga telah membawa Real Madrid menjuarai Kejuaraan Eropa sebanyak tiga kali. Total semua gol yang telah dibuat oleh Puskas yaitu 508 gol dalam 521 pertandingan.

Ferenc Puskas sudah berhenti bermain sepak bola sejak tahun 1967. Saat Ferenc Puskas meninggal, Puskas mendapatkan penghormatan layaknya seorang pahlawan yang dilakukan di Stadion Nasional Hungaria. Kemudian namanya dijadikan nama sebuah Stadion di Budapest, Hungaria yaitu Stadion Puskas Ferenc.

  1. Ronaldo

Ronaldo Luis Nazario de Lima
Ronaldo Luis Nazario de Lima

Ronaldo Luis Nazario de Lima atau yang sering dipanggil Ronaldo saja, dia lahir pada 18 September 1976 di Rio de Janeiro, Brazil. Rolando merupakan seorang pemain sepak bola yang pernah bermain untuk timnas Brazil dan juga merupakan legenda sepak bola Brazil. Banyak pengamat sepak bola yang menyebutkan bahwa Ronaldo merupakan salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa.

Telah banyak tim sepak bola yang dibela oleh Ronaldo. Ronaldo mengawali karir menjadi pemain sepak bolanya bersama klub Cruzeiro di tahun 1993. Setelah bersama dengan club asal Brazil tersebut akhirnya Ronaldo hijrah ke Belanda yaitu untuk bermain di klub PSV Eindhoven pada tahun 1994-1996. Kemudian karir Ronaldo berlanjut ke Spanyol yaitu klub Barcelona di tahun 1996-1997. Setelah satu tahun bersama Barcelona, di tahun berikutnya Ronaldo ikut membela klub Inter Milan. Lima tahun Ronaldo ikut membela klub Inter Milan yaitu tahun 1997-2002. Di tahun berikutnya Ronaldo kembali hijrah ke Spanyol untuk bermain bersama klub Real Madrid di tahun 2002-2006. Setelah empat tahun berlalu, Ronaldo kembali lagi hijrah ke Italia untuk ikut bermain bersama AC Milan selama satu tahun yaitu pada 2007-2008. Dan karir terakhir Ronaldo yaitu bersama klub Corinthians pada tahun 2008-2011. Pada tanggal 14 Februari 2011 akhirnya Ronaldo memutuskan untuk pensiun bermain bola. Ronaldo memutuskanuntuk pensiun bermain bola dikarenakan dia tidak sanggup untuk menghadapi cedera yang selalu mengerogoti kaki kanannya.

  1. Diego Maradona

Diego Maradona
Diego Armando Maradona

Diego Maradona merupakan legenda sepak bola dari Argentina yang mendapat julukan Si Tangan Tuhan. Lain dengan Pele dan Ronaldo, Maradona mempunyai keahlian dalam bagian gelandang serang yang tak bisa lagi terelakkan kemampuannya. Maradona juga merupakan seorang finisher yang handal, bahkan dia juga bisa mencetak gol yang mungkin orang tidak menduganya.

Leave a Reply