Contoh Perangkat Lunak Beserta Fungsinya

Posted on

 

Perangkat Lunak atau bisa disebut dengan Software merupakan salah satu bagian yang sangat terpenting dari komputer tersebut. Komputer merupakan suatu sistem elektronik yang berfungsi  memanipulasi data yang cepat dan tepat serta akurat yang sudah di rancang dan di organisasikan tujuannya agar bisa otomatis menerima atau menyimpan data input dan masukan. Dan kemudian data input dan masukan kemudian akan memproses dan akan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah , intruksi-intruksi program yang tersimpan di dalam memori  (stored program).

Karena sering disebut perangkat lunak (software), karena apa sifatnya juga berbeda dengan perangkat keras (hardware), apabila hardware adalah perangkat yang nyata yang akan dapat dilihat dengan jelas oleh mata dan bisa dipegang secara langsung. Maka sebaliknya software tidak dapat dipegang dan hanya bisa dilihat fisik bentuknya saja. Software memang tidak nyata atau tidak berwujud benda, akan tetapi kalo software dapat dioperasikan dan bisa dijalankan.

Dan software ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman yang bisa dibuat oleh programmer kemudian selanjutnya dikompilasi dengan aplikasi kompilator sehingga menjadi sebuah kode yang bisa dikenali atau dapat dibaca oleh alat hardware. Nah apakah kalian sudah paham mengenai apa itu perangkat lunak atau perangkat keras komputer? Seandainya kalian sudah paham sekarang kita akan melanjutkan  pembahasan ke fungsi perangkat lunak dan contoh atau jenis perangkat lunak secara lengkap dengan fungsi dan pengertiannya.

  • Fungsi Dari Perangkat Lunak (software)

Fungsi dari perangkat lunak adalah sebagai perangkat yang tujuannya untuk memudahkan pengguna untuk melakukan perintah pada komputer tersebut untuk menyelesaikan tugas berbagai keperluan berupa pengolah kata, data, angka, pemprograman, untuk memutar audio maupun video, sistem operasi dan dapat menghasilkan suatu produk baik secara output maupun dalam bentuk file.

  • Contoh Perangkat Lunak

 

  1. Perangkat lunak aplikasi (software application)

Perangkat lunak aplikasi (software application) merupakan perangkat lunak komputer yang bermanfaat untuk mengetahui kemampuan komputer secara langsung untuk melaksanakan tugas yang sudah di intruksikan pengguna.  Seperti  untuk membuat surat, untuk mendengarkan music, menonton film, menghitung sejumlah angka, dan masih banyak lagi fungsinya. Contoh program aplikasi berupa Microsoft word, excel, power point, winamp, media payer classic, calculator, dl.

  1. Sistem Operasi (operating system : OS)

Software sistem operasi merupakan suatu software yang menghubungkan antara pengguna yang berasal dari komputer yang bertugas untuk melakukan control dan manajemen dengan perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak lainnya. Sebelum adanya sistem operasi semua orang dulu hanya menggunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan perkembangan zaman pada saat ini pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Termasuk menjalankan perangkat lunak lainnya seperti program-program pengolah kata yang sering digunakan  untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem operasi temasuk jenis yang sangat paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Sistem operasi  berfungsi diibaratkan pemerintah dalam suatu Negara, yang berarti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar dan untu menghindari konflik. Makanya tanpa ada sistem operasi, pengguna tidak akan bisa menjalankan atau menggunakan perangkat lunak yang lain pada komputer mereka sendiri kecuali (program booting) contoh sistem operasi modern adalah windows, linux, ios, android, dan mac os x.

  1. Perangkat Lunak Gratis (freeware)

Freeware atau bisa disebut dengan software gratis merupakan software yang mempunyai hak cipta, akan tetapi bagi pengguna yang akan ingin menggunakan software tersebut, dapat di unduh secara gratis tanpa batasan waktu. Freeware sangat berbeda dengan shareware, shareware harus mewajibkan para penggunannya untuk membayar dalam jangan waktu percobaan  atau untuk memperoleh fungsi tambahan dari software tersebut. Para pengembang perangkat tersebut biasanya membuat perangkat gratis freeware tujuanya untuk disumbangkan kepada suatu komunitas, namun apabila pengembang ingin memutuskan untuk berhenti  mengembangan sebuah produk perangkat freeware, mereka akan membagikan kode sumbernya kepada pengembang lain atau mengedarkan kode sumbernya kepada pengembang lain atau mengedarkan kode sumber tersebut untuk khalayak umum sebagai perangkat lunak agar bebas dan bisa dikembangkan oleh pengembang selanjutnya.

  1. Firmware

Firmware adalah suatu software yang akan mengacu pada perangkat lunak yang sudah disimpan di dalam memori read only atau memori hanya membaca , tidak seperti jenis memori akses lacak, firmware tidak akan berubah meski tidak dialiri oleh arus listrik. Dari mulai komputer startup sampai proses  intruksi input  atau output

Modifikasi memang masih bisa dilakukan, akan tetapi hanya tergantung pada jenis ROM (read only memory) yang telah digunakan. Firmware yang telah disimpan dalam rom tidak dapat diubah, namun firmware yang akan disimpan ke dalam rom yang akan dapat diubah seperti eeprom atau flashrom, masih dapat untuk diubah sesuai dengan kebutuhan.

  1. Perangkat Lunak Perusak (malware)

Malware atau bisa disebut perangkat perusak merupakan perangkat lunak yang diciptakan oleh penciptanya tujuannya untuk merusak sistem komputer. Perangkat ini dianggap perangkat lunak yang berbahaya karena tujuanya dari perangkat lunak itu diciptakan dari sebuah perangkat lunak, bukan berdasarkan ciri-ciri tertentu. Perangkat lunak ini terdiri atas virus komputer, Trojan horse, rootkit, cacing komputer, spyware, adware, crimeware, dan perangkat lunak yang lainnya yang tujuannya jahat untuk merusak komputer.

Incoming search terms:

  • contoh aplikasi masing masing perangkat lunak waktu nyata beserta fungsinya

Leave a Reply