macam-macam jaringan komputer
macam-macam jaringan komputer

Pengertian macam-macam Jaringan komputer

Posted on

Selamat pagi semua apa kabar kalian di pagi hari yang cerah ini ? baik-baik aja kan ? di pagi yang cerah ini saya akan membuat artikel dan membahas artikel tentang Pengertian macam-macam Jaringan komputer. Oke langsung saja ke opik pembahasan yaa.

Kata “jaringan komputer” ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kalian semua, dan hampir setiap hari kita melibatkan jaringan ini dalam pekerjaan kita. Jaringan komputer ini adalah system yang terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling terhubung dengan satu sama lain dengan melalui media transmisi bahkan media komunikasi dan dapat berbagi data juga.

Jaringan komputer ini juga bisa di artikan sebagai kumpulan dalam sebuah terminal komunikasi yang terdiri dari 2 komputer yang saling terhubung. Yang bertujuan agar informasi dan data yang dibawa oleh pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (reciver) dengan tepat dan akurat.

Jaringan Komputer
Jaringan Komputer

Manfaat Jaringan Komputer

Berbicara tentang manfaat jaringan komputer , sudah pasti banyak sekali kan :

  • Melalui jaringan komputer, kita dapat melakukan proses pengiriman data dengan cepat dan tepat waktu secara efisien.
  • Kita juga bisa mengakses informasi dan berita dengan mudah melalui internet, karena internet merupakan jaringan komputer.
  • Dengan jaringan komputer juga kita bisa mengakses file yang kita miliki dan file orang lain yang sudah di sebar luaskan melalui suatu jaringan.

Macam-Macam Jaringan Komputer

Pada umumnya jaringan komputer ini sudah dikelompokkan menjadi 5 kategori, berdasarkan jangkuan geografis, distribusi sumber informasi/ data, media transmisi data, peranan dan hubungan pada tiap komputer ini dalam memproses, dan berdasarkan jenis topologi yang sudah digunakan.

A. Berdasarkan Jangkuan Geografis

  1. LAN

LAN yang singkatan nya adalah (Local Area Network) ini adalah sebuah jaringan yang hanya mencakup wilayah yang sangat kecil, contoh nya adalah sekolah, kantor, dan warnet. Dan biasanya LAN ini mengguna kan teknologi IEEE 802,3 Ethernet yang sudah mempunyai kecepatan transfer data hingga 10,100, bahkan bisa mencapai 1000 MB/s. selain mengguna kan Ethernet LAN juga mengguna kan jaringan nirkabel seperti Wi-Fi.

  1. MAN

MAN yang singkatan nya adalah (Metropolitan Area Network) ini merupakan jaringan yang bisa mencakup suatu kota dengan hanya dibekali dengan kecepatan transfer data yang sangat tinggi. Dan bisa dibilang jaringan MAN ini gabungan dari jaringan LAN.

Jangkuannya MAN ini bisa berkisar hingga 10-50 km. MAN ini sendiri hanya memiliki satu atau dua kabel saja dan tidak di lengkapi dengan elemen switching yang berguna untuk membuat rancangan menjadi lebih simple lagi.

Skema-Jaringan-Komputer-MAN
Skema-Jaringan-Komputer-MAN
  1. WAN

WAN yang singkatan nya adalah (Wide Area Network) ini merupukan sebuah jaringan yang jangkauan nya mencakup daerah geeografis yang sangat luas, contoh nya sebuah negara bahkan benua. WAN pada umu nya berguna untuk menghubung kan dua atau lebih dari jaringan lokal sehingga dapat berkomunikasi dengan para pengguna lainnya meskipun berada dalam lokasi yang berbeda-beda.

B. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data

  1. Jaringan Terpusat

Jaringan terpusat ini adalah jaringan yang terdiri dari komputer server dan komputer client dimana komputer client ini berguna sebagai perantara dalam mengakses sebuah sumber informasi / data yang berasal dari komputer server.

  1. Jaringan Terdistribusi

Jaringan yang ke dua ini merupakan hasil dari perpaduan dari beberapa jaringan terpusat dan berkemungkinan beberapa komputer server dan client ini akan saling terhubung dan membentuk suatu system jaringan tertentu.

C. Berdasarkan Media Transmisi Data yang digunakan

  • Jaringan Berkabel (Wired Network)

Media transmisi data yang ini berguna dalam jaringan berupa kabel. Kabel ini berfungsi untuk menghubung kan satu komputer dengan komputer lain agar bisa saling tukar informasi dan data atau terhubung dengan internet. Salah satu media transmisi yang digunakan adalah Kabel UTP.

  • Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Dalam sebuah jaringan ini diperlukan nya gelombang elektro magnetik yang berguna untuk media transmisi data nya . jaringan ini menggunakan kabel untuk bertukar informasi/data dengan komputer yang lain melainkan menggunakan gelombang elektro magnetik yang berguna untuk mengirim sinyal informasi/data antar komputer satu dengan komputer yang lain. Wireless adapter adalah salah satu media transmisi yang sudah digunakan dalam wireless network.

D. Dan Berdasarkan Peranan dan Hubungan pada Tiap Komputer dalam Memproses data

  1. Jaringan tipeClient-Server

Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer server dan komputer client. Dan biasanya terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer client, komputer server ini biasanya berguna untuk menyedia kan sumber daya data, dan komputer client berguna untuk mengguna kan sumber daya data tersebut.

  1. Jaringan tipe Peer to Peer

Jaringan ini , masing-masing komputer, baik komputer server atau pun komputer client mempunyai kedudukan yang hampir sama. Jadi komputer server bisa jadi komputer client dan sebaliknya juga.

jaringan-client-server-dan-peer-to-peer
jaringan-client-server-dan-peer-to-peer

E. Berdasarkan Topologi Jaringan yang Digunakan

Topologi jaringan komputer ini berbentuk / struktur jaringan yang menghubung kan dengan komputer satu dengan komputer yang lain.

Mungkin cukup sekian artikel pada pagi hari yang sangat cerah ini yang bertema kan tentang Pengertian macam-macam Jaringan komputer ini dan jangan bosan – bosan untuk baca artikel – artikel dari saya yang selanjutnya. Dan tetap baca atrikel yang selanjutnya See You Again. Dan jangan lupa di like, comment and share ke teman – teman kalian yaa.

Leave a Reply