cara merawat bayi lucu yang baru lahir

Posted on

Bayi baru lahir adalah seorang makhluk hidup yang belum lama lahir. Mnurut Soetjiningsih, bayi adalah usia 0 bulan sehingga 1 tahun, dengan pembagian sebagai berikut:

1.Masa neonatal

Yaitu usia 0 – 28 hari 1)Masa neonatal dini, yaitu usia 0 – 7 hari 2)Masa neonatal lanjut, yaitu usia 8 – 28 hari, Masa pasca neonatal, yaitu usia 29 hari – 1 tahun Bayi merupakan makhluk yang baru lahir sampai umur 1 tahun, namun tidak ada batasan yang pasti. Pada manusia yang baru lahir ( bayi ) sangat lah lucu dan menggemaskan tapi juga gapang tehadap kematian.

2.Bayi

Bayi merupakan yang baru berusia 0-12 tahun dengan pertumbuhan tersebut,dan perkembangan yang sangat cepat di sertai dengan perubahan dalam kebutuhan zat gizi yang di kasih sayang orang tua nya.

3.Balita atau batita

Balita adalah suatu anak berusia di bawah tiga tahun, yang mana perkembangan nya sudah sangat mulai terlihat. pada masa ini anak sudah mulai bisa belajar merangkak hingga berjalan tetapi harus mendapatkan perhatiannya yang lebih dari kedua orang tua.

Balita adalah anak anak yang berusia 0-59 bulan, pada masa ini di tandai dengan proses pertumbuhan yang sangat cepat. Balita adalah anak anak yang berusia 1-3 tahun ( balita ) dan anak anak yang bersekolah berusia 3-5 tahun. Saat usia balita, anak masih bergantung kepada orang tuanya untuk melakukan yang lebih penting bagi balita tesebut. Seperti mandi, makan,, minim. Perkembangan berjalan dan berbicara sudah bertambah lebih baik dari pada sebelumnya.

4.Anak Anak

Menurut Depkes RI pada tahun 2009, masa anak anak adalah 5-11 tahun

Kategori Umur Menurut Depkres RI pada tahun 2009 yaitu:

  1. Masa balita dari usia 0-5 tahun
  2. Masa kanak kanak dari usia 5-11 tahun
  3. Masa remaja awal dari usia 12-16 tahun
  4. Masa remaja akhir dari usia 17-26 tahun
  5. Masa dewasa awal dari usia 27-36 tahun
  6. Masa dewasa akhir dari usia 37-46 tahun
  7. Masa lansia awal dari usia 47-56 tahun
  8. Masa lansia akhir dari usia 57-66 tahun
  9. Masa manula dari usia 65 keatas

Asuhan segera pada bayi yang baru lahir adalah asuhan yyang di berikan pada bayi pada jam pertama setelah kelahiran, dilanjutkan sampai 24 jam setelah lahir.

Ke 3 kategori di atas merupakan suatu cakupan dari pengertian anak anak usia dini kerena AUD adalah suatu anak anak yang berusia 0-6 tahun. Tetapi dunia pendidikan anak usia dini dari 7 tahun. Ada beberapa factor factor alasan di tentukan kategori beberapa usia diatas yaitu:

1.Merupakan manusia pada awal kelahiran anak

2.Masa keemasan artinya pada masa ini adalah masa peka dan masa yang paling lucu bagi orang tua nya.

3.Pada masa ini adalah awal anak belajar sebelum masuk ke sekoah Dasar ( SD ). Karena dalam peraturan pemerintah tahun 2013 kemarin Anak yang akan masuk sekolah dasar (SD ) tidak boleh kurang dari umur 7 tahun.

Di sisi lain Masa pada anak Usia dini juga terbagi kedalam dua tahapan yaitu masa pra dan pasca atau sebelum lahir dan masa sesudah lahir. Baca juga artikel mengenai masa rahasia pendekatan ibu dan balitanya.

1.Masa pra Lahir ( sebelum lahir ) adalah suatu masa anak masih di dalam kandung Rahim ibu. Dimulai dengan terbentuknya Zigot, fase morula, fase blastula, fase gastrula, hingga menjadi Embrio atau janin.

2.Masa pasca lahir/pascanatal ( setelah lahir ) adalah suatu masa anak setelah lahir dari dalam kandungan seorang ibu ke dunia ini.

CARA MENJAGA BAYI

1.Perawatan tali bayi yang baru lahir

Perawatan tali bayi yang baru lahir mesti di perhatikan dengan sebaik baiknya, disebabkan daerah yang satu ini mudah sekali dapat terkena infeksi bagi bayi yang baru lahir. Apabila tali pusar bali belum terputus tidak sengaja terkena air ketika bayi sedang di mandikan, segera di keringkan dengan cotton buds atau kain kasa yang steril.

2.Perawatan mata bayi yang baru lahir

Pada mata ada sumber air mata yang terletak ada bagian di atas mata. Setiap 3 detik sekali, sumber air mata ini mengeluarkan air mata, kemudian mengalir ke sebuah saluran di bagian ujung tengah mata yang dekat sekali dengan hidung.

3.Perawatan kulit bagi bayi yang baru lahir

Agar bayi tetep lembab dan tehindar dari kekeringan kulit, sebaiknya menggunakan baby oil yang mengandung vitamin E. ini dapat bermanfaat ubtuk kulit bayi supaya tetap halus, lembut serta terhindar dari kekeringan kulit bagi bayi. Untk mencegah timbulnya biang keringet pada kulit bayi, aturlah ruangan atau kamar bayi agar aman dan sehat. Apabila tidak ada ac, ventilasi kamar bayi atau ruangan bayi harus aman, sehat, dan baik. Agar kulit bayi supaya tidak terkena debu dan lecet.

Untuk dapat mengatasi biang keringet pada bayi, cukup di berikan bedak kusus pada bayi. Pada berjam jam dimana bayi banyak mengeluarkan keringat seperti pada siang hari, lap bagian tubuh bayi yang banyak keringatnya dengan kapas yang telah di basahi air hangat ataupun tisu basah non-alkohol.

ITULAH PENGRTIAN BAYI BAGI KAMI, SEMOGA ADA MANFAATNYA BAGI KALIAN SEMUA YANG LAGI MERAWAT BAGI BAYI, SEKIAN DAN TERIMAKASIH.

Leave a Reply