Sejarah Biografi Soeharto

Posted on

Soeharto, lahir pada tanggal 8 juni 1921 di dusun kemusuk, desa argomulyo, kecamatan sedayu, bantul yogyakarta. Dan meninggal pada tahun 2008 , tepatnya tanggal 27 januari 2008 di jakarta. Beliau adalah presiden ke 2 indonesia, penggantinya dari presiden kita yang pertama, yaitu soekarno. Soeharto sudah terkenal di indonesia, maupun di mancanegara, terutama di bagian barat. Soeharto oleh orang barat disebut dengan julukan The smilling general(sang jenderal yang tersenyum).

Orang barat menyebut soeharto dengan julukan tersebut, karena soeharto selalu tersenyum, dari raut wajahnya pun sudah terlihat. Sebelum soeharto menjadi presiden menggantikan soekarno, soeharto adalah pimpinan militer pada masa pendudukan jepang dan belanda. Yaitu pangkat terakhirnya adalah Mayor Jenderal. Kemudian setelah itu, soeharto mengambil alih kepemimpinan soekarno. Dan telah resmi menjadi presiden pada tahun 1968.  Setelah itu, ia di pilih kembali oleh MPR sampai tahun 1998. Dan, pada tahun 1998 masa jabatan soeharto telah habis, kemudian soeharto mengundurkan diri. Soeharto merupakan presiden terlama yang ada di indonesia. Setelah itu soeharto di gantikan oleh wakilnya, yaitu BJ Habibie.

  • Masa Kecil Dan pendidikanya Soeharto

Soeharto itu tidak seperti teman-temanya di desa yang selalu bermain di sawah. Dalam usianya yang masih muda, ia di sekolahkan oleh mbah kerosudiro. Tidak ada yang tahu masa kecilnya soeharto. Soeharto pun ketika SD hanya mengingat tentang kerbau-kerbaunya. Dunia kecilnya soeharto itu berkutat  hanya pengembala kerbau. Jauh dari kata masa anak-anak kecil yang ada di dalam buku cerita.

Ketika Soeharto sudah mulai besar, Soeharto bertempat tinggal bersama kakeknya, yaitu bernama mbah atmosudiro, yaitu bapak dari ibunya soeharto. Soeharto sekolah hanya sampai 8 tahun, itu pun sekolahnya sering berpindah, pertama ia sekolah di SD di desa puluhan,godean, lalu pindah ke SD pedes Yogyakarta, Lalu Mbah kertosudiro memindahkan soeharto ke SD woryantoro, wonogiri, jawa tengah.

Di sana Soeharto di titipkan kepada bibinya yang bibinya tersebut menikah dengan sorang mantri yaitu bernama Prawiroharjo. Soeharto disana di terima sebagai anak yang paling tua dan di perlakukanya pun sama seperti anaknya Prawirowihardjo. Soeharto di sana disekolahkan dan mengikuti semua pelajaran di sana, terutama di bagian matematika. Dan dia juga dapat pendidikan agama yang kuat dari keluarga bibinya. Soeharto di sana pun sangat rajin bertani, Di bawah bimbingan dari pamanya, soeharto pun sangat rajin bertani.

Dan setelah pulang sekolah, soeharto belajar mengaji di sanggar bersama sahabat-sahabatnya, bahkan mengajinya pun sampai semalam suntuk. Setelah berumur 14 tahun, soeharto tinggal di rumah Hardjowijono, ia adalah teman dari ayahnya yang merupakan pensiun dari pegawai kereta api. Hardjowijono juga termasuk tokoh agama terkemuka yang ada di wonogiri. Karena sering di ajak,  soeharto sering sekali membantu Kyai Darjatmo untuk membantu membuat resep obat tradisional untuk membantu orang yang sakit.

Setelah SMP, soeharto kembali ke kampung asalnya untuk melanjutkan sekolah di sana, tepatnya di SMP Muhammadiyah yogyakarta. Penyebab ia pindah ke sana adalah karena sekolah itu di perbolehkan menggunakan sarung, dan di perbolehkan untuk tidak menggunakan sepatu. Setelah soeharto lulus SMP, kemudian soeharto ingin melanjutkan sekolahnya ke sekolah yang lebih tinggi. Karena ayah dan keluarganya tidak mampu untuk membiayainya, soeharto pun mencari pekerjaan ke sana dan ke mari,tetapi soeharto gagal. Ia kemudian kembali ke rumah bibinya di Wulyantoro.

Di sana, soeharto di terima sebagai pembantu klerek pada sebuah bang desa, tidak lama setelah di terima, ia minta berhenti dari pekerjaanya. Pada suatu hari, yaitu pada tahun 1942, Soeharto membaca pengumuman yaitu berisi penerimaan anggota Kinninklijk Nederland Indise Leger(KNIL), mereka adalah tentara kerajaan belanda. Kemudian ia mendaftarkan diri dan di terima menjadi tentara belanda. Waktu itu, ia bekera menjadi tentara hanya selama 7 hari dengan pangkat sersan, karena belanda menyerah kepada jepang. Setelah itu soeharto pun pulang ke dusunya,Setelah itu karirnya pun di mulai.

  • Kariernya di Militer

Pada tanggal 1 juni 1940, soeharto di terima sebagai siswa militer di Gombong, jawa tengah. Setelah belajar cukup lama, yaitu 6 bulan, ia tamat sebagai lulusan terbaik, dan menerima pangkat yaitu kopral. Dan Soeharto pun resmi menjadi TNI ada tanggal 5 oktober 1945.  Saat itu dia bergabung dengan pasukanya kolonial belanda,KNIL. Pada saat perang dunia ke dua berkecamuk pada tahun 1942, soeharto di kirim ke bandung untuk di jadikan tentara cadangan di markas besar ankatan darat, yaitu selama satu minggu. Setelah menjadi sersan di KNIL, soeharto di jadikan komandan pleton, komandan kompi dalam militer yang di sponsori oleh jepang yang biasa kita kenal dengan tentara PETA. Sekitar setahun kemudian. Yaitu tepatnya tanggal 2 januari 1962, Jenderal soeharto diangkat sebagai panglima komando mandala pembebasan irian barat. Setelah diangkat menjadi komandan. Soeharto membentuk komando operasi pemulihan dan ketertiban(kopkamtib) yaitu pada tanggal 1 mei 1963, yang berguna untuk mengimbang G30S yang berkecamuk pada tanggal 1 oktober 1965. Setelah 2 hari kemudian, yaitu pada tanggal 3 oktober 1965, Soeharto diangkat menjadi Panglima Kopkamtib. Dengan adanya jabatan ini, memberikan wewenang besar untuk membersihkan pada orang-orang yang di tuduh sebagai G30SPKI.

  • Istri Dan Anak-Anak dari soeharto

Soeharto meikah dengan wanita cantik yaitu bernama Raden Ayu Siti Hartinah, anak dari KMRT Soemoharyomo. Yaitu seorang wedana di solo. Perkawinan soeharto dengan siti hartinah dilangsungkan pada tanggak 26 desember 1947 di solo. Pada saat itu, soeharto berusia 26 tahun dan siti hartinah berusia 24 tahun. Kemudian Pasangan ini telah di karuniai 6 orang anak yaitu: Siti Hardiyanti Hastuti, Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmojo, Siti Hediati Harijadi, Hutomo Mandala Putra, dan Siti Hutami Endang Adiningsih.

Itulah, sedikit biografi Tentang presiden kedua kita yaitu BPK Soeharto. Sekian dari saya, terima kasih.

Incoming search terms:

  • lukisan wajah suharto

Leave a Reply