manfaat gerakan sholat
Manfaat sholat bagi ibu hamil

Subhanallah, Inilah Manfaat Sholat Bagi Ibu Hamil

Posted on

Sebagaimana kita tau di dunia ini Allah SWT telah menciptakan makhluk yang paling sempurna secara lahiriahnya yaitu manusia, manusia di terciptakan dari Nabi Adam AS dan Khawa. Yang dulunya tinggal di dalam surga, namun di turunkan ke bumi karena Adam terkena godaan syetan. Sebagaimana Nabi Adam AS dan khawa, Allah SWT juga telah menciptakan keturun Nabi Adam AS dan Khawa berpasang-pasang, agar memiliki keturunan yang dapat meneruskan hidup di bumi untuk ibadah menyembah kepada Allah sampai hari kiamat nanti.

Perintah ibadah sendiri telah turun dari sejak zaman sebelum nabi adam di ciptakan, ibadah adalah suatu kegiatan yang di lakukan manusia untuk menyembah Allah SWT. Banyak sekali cara ibadah seperti ibadah puasa, ibadah Sholat, dll. Perintah sholat telah turun sejak zaman Nabi Muhammad, dahulu sholat ada 55 kali dalam sehari, namun Nabi Muhammad telah meminta kemurahan, sehingga perintah sholat yang tadinya sebanyak 55 kali turun menjadi 5 kali, atau biasa kita sebut sholat 5 waktu.

Terkadang dengan majunya zaman yang semakin hancur akhlak dan budi pekertinya ini, kebanyakan orang malah lalai untuk mengerjakan sholat 5 waktu, memang bisa di katakan wajar, mengapa wajar? Karena ada khadis yang mengatakan bahwa, “ zaman yang akan datang akan lebih buruk dari zaman sebelumya “. Berarti secara tidak sadar kitalah yang di maksud pad khadis tersebut, karena hancurnya suatu zaman itu di pengaruhi oleh manusia, yang semakin lama semakin gila dunia dan lalai akan akhirat. Sehingga dapat di katakan hancur akhlaknya.

Bayangkan di kehidupan yang moderen ini, secara umum setiap hari orang-orang berangkat pagi dan pulang malam, jarang sekali orang yang menyempatkan dirinya untuk beribadah, kecuali orang yang faham akan pentingnya mencari pahala. Saat hari kiamat nanti amalan yang paling pertama di hisab adalah ibadah ( sholat ), mengapa sholat? Karena jika seseorang sholatnya tertib, maka semua amalan dijamin pasti baiknya. Maka dari itu usahakan untuk selalu melaksanakan sholat 5 waktu.

Mengapa sangat berat melaksanakanya? Wajar bila sangat berat karena sesuatu yang baik akan banyak sekali halanganya namun jika sesuatu yang buruk malah akan mudah sekali di laksanakan, Di samping itu dalam firman Allah juga menjelaskan bahwa “ surga di kelilingi dengan sesuatu yang tidak di senangi dan neraka di kelilingi sesuatu yang di senangi ”, jadi sudah sangat wajar sekali bahwa sangat sulit untuk mengerjakanya.

Lalu bagaimana mengatasinya? Caranya mudah, yaitu usahakan untuk selalu ingat pada Allah dengan selalu membaca lafadz-lafadz yang dapat mengurangi dosa atau lafadz-lafadz yang dapat menambah pahala, seperti tasbih, tahmid, dll. Di tambah selalu ingat pada Allah SWT akan siksanya yang sangat pedih. Lalu yang terakhir selalu niati segala amalan anda dengan niatan karena Allah.

Taukah anda manfaat Sholat? Sesuatu yang di perintahkan Allah SWTsejatinya memiliki hikmah yang jarang sekali di ketahui, seperti halnya sholat, di balik gerakanya yang cukup simpel dan mudah di lakukan, ternyata sholat juga memiliki manfaat positif, salah satunya adalah manfaat sholat bagi ibu yang sedang hamil. Maka di sini saya akan menjelaskan apa sajakah manfaat sholat bagi ibu yang sedang hamil.

Manfaat sholat bagi ibu yang sedang hamil

  1. Memudahkan persalinan

Momen yang paling di tunggu oleh wanita hamil adalah melahirkan, karena di tahap ini adalah tahap pertaruhan nyawa setelah mengandung selama 9 bulan, maka dengan sholat secara tidak langsung akan memudahkan sang ibu untuk melahirkan, karena pada saat sujud dapat memberikan efek elastis pada perut, di samping itu juga dapat memberikan efek mengejan lebih lama, dan bila sering di laksanakan akan mengembalikan serta mempertahankan posisi organ-organ di perut pada posisi semula. Jadi alangkah baiknya bila memperlam sujud ketika sholat.

  1. Memperbaiki kelenjar air susu

Ketika seorang bayi lahir, maka hal yang paling utam di minum dan makanya adalah air ASI yang hanya di miliki ibunya, dengan gerakan sholat, terutama pada saat sujud, maka kekuatan otot dada akan terlatih sehingga hal ini dapat berefek pada perbaikan kelenjar susu.

  1. Meningkatkan kecerdasan

Salah satu hal yang membuat otak berfungsi dengan baik adalah oksigen, dan oksigen dapat di terima oleh otak bila, mendapatkan suplai dari darah karena darahlah yang membawa oksigen, maka dengan gerakan sujud, darah akn banyak yang mengalir ke otak sehingga oksigen pun akan memenuhi otak dan kinerja otak akan meninggkat, sehingga dapat meningkatkan kecerdasan seseorang.

  1. Melancarkan pencernaan dan menuntaskan

Secara singkat penjelasanya adalah ketika bersujud maka posisi kita sedang keadaan menunging, maka hal ini akan berimbas pada organ pencernaan yang akan semakin membaik. Sehingga masalah wasir akan terminimalisir dan tentunya akan melancarkan pencernaan juga.

  1. Memberikan kekuatan mental

Karena dengan sholat, kita akan semakin dekat dengan yang maha kuasa, maka alangkah baiknya kita meminta pertolongan dan kemudahan ketika prosesi persalina, karena hanya dialah yang mampu menolong atas anugrah yang di berikan pada kita. Maka dengan rasa syukur dan permintaan kita kepada Allah SWT akan memberikan efek rasa kepercayaan dan mental yang kuat, karena kita telah yakin atas datangnya pertolongan pada kita.

Subhanallah, betapa besar dan kuasanya Allah SWT, dzat yang telah menciptakan sesuatu dengan berbagai hikmah di dalamnya, seperti sholat, yang ternyata memiliki hikmah di dalamnya. Jadi sebagai umat muslim kita sudah sepatutnya melaksanakan perintahNya karena perlu di yakini bahwa sesuatu yang di perintahkaNya memiliki hikmah yang sangat luar biasa di dalamnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Leave a Reply