Jenis-jenis rumah adat jawa barat
Jenis-jenis rumah adat jawa barat

Jenis-Jenis Rumah Adat Jawa Barat

Posted on

Rumah Adat Jawa Barat

Rumah Adat adalah bangunan yang memiliki cirikhas yang sangat khusus, yang dgunakan sebagai tempat tinggal oleh suatu suku bangsa tertentu. Rumah adat juga merupakan representasi kebudayaan yang paling tinggi dalam sebuah komunitas suku/masyarakat.

Rumah Adat Jawa Barat/Tatar Sunda atau yang sekarang dikenal dengan nama Jawa Barat, selain dianugerahi alam yang subur dan indah ternyata juga memiliki masyarakat yang berbudaya luhur. Masyarakat Sunda atau dalam bahasa Sunda Urang Sunda sebagai masyarakat Jawa Barat asli adalah masyarakat yang ramah, sopan, riang, bersahaja, dan bersifat optimis.

Kurang lebih seperti itu yang tercatat dalam buku Suma Oriental yang ditulis oleh Tome Pires pada abad ke 15 silam, sifat-sifat orang Sunda tersebut memang tidak bisa dipungkiri. Selain kita bisa langsung membuktikan dengan cara bergaul dengan mereka secara langsung, kita juga bisa dapat melihat rumah adatnya yang mengandung simbol-simbol kepribadian mereka.

Sejarah Rumah Adat Jawa Barat

Rumah adat sunda yang sekarang sudah ditetapkan menjadi rumah adat Jawa Barat memang memiliki nilai-nilai filosofis yang menjadi pegangan hidup masyarakat Sunda dalam kehidupan sosialnya. Desain rumah adat Jawa Barat selain memperhatikan kearifan lokalnya, rumah tersebut juga mengedepankan aspek budaya masyarakatnya.

Rumah adat  sendiri mempunyai banyak nama dan bentuk, itu semua tergantung dari bagaimana desain dari rumah yang digunakan, namun sedikitnya sudah di temukan lima desain rumah adat Sunda. Berdasarkan dari desain atapnya nama rumah adat itu bernama Joloponh, Badak Heuay, Tagong Anjing, Jubleg Nangkub, dan Perahu Kemureb.

Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang keragaman Rumah Adat Sunda tersebut sebagai informasi untuk Anda sekaligus sebagai pengetahuan untuk mengingatkan kita semua tentanng bagaimana kearifan lokal budaya Sunda yang telah terpupuk dan hidup sejak lama.

1. Rumah Julang Ngapak

Jenis-Jenis Rumah Adat Jawa Barat
Jenis-Jenis Rumah Adat Jawa Barat

Julang Ngapak jika daklam bahasa Indonesia yang berarti Seekor Burung yang mengepakan sayapnya. Nama rumah ini memang sesuai dengan desain tapnya yang tampak lebar disisi-sisinya, dan jika dilihat dari arah depan bentuk atapnya memang benar tampak seperti seekor Burung yang sedang mengepakan syapnya.

Rumah dengan desain atap Jlulang Ngapak umumnya akan dilengkapi dengan cagak gunting atau capit hurang dibagian bubungannya. Keduanya sama-sama berfungsi untuk mencegah terjadinya rembesan air yang ada dibagian pertemuan antar atap yang terletak di ujung atas rumah. Atapnya sendiri bdapat dibuat dari bahan rumbia, ijuk, atau alang-alang yang diikat pada kerangka atap yang terbuat dari bambu.

Dessain rumah Julang Ngapak sampai sekarang masih bisa dijumpai di Kampung Dukuh yang berada di Kuningan, Kampung Naga yang berada di Tasikmalaya, dan masih ada dibeberapa daerah lainnya yang ada di Jawa Barat. Bahkan selain itu di Gedung Institut Teknologi Bandung beberapa dianataranya menggunakan desain atap dari rumah adat Jawa Barat yang satu ini.

2. Rumah Togog Anjing

Jenis-Jenis Rumah Adat Jawa Barat
Jenis-Jenis Rumah Adat Jawa Barat

Rumah Togog Anjing kalau dalam bahasa Indonesia yang artinya Anjing yang sedang duduk. Atap rumah adat yang satu ini memeang memiliki desain yang menyerupai dengan bentuk seekor Anjing yang sedang duduk, terdapat dua bidang atap yang menyatu sehingga membentuk segitiga dan satu bidang atap yang menyambung pada atap yang bagian depan. Atap yang menyambung ini biasa disebut oleh orang-orang sunda dengan sebutan sorondoy dan biasanya menjadi peneduh untuk teras didepan rumah atau dalam bahasa kita sekarang sering kita sebut sebagai Kanopi.

Desain rumah Togog Anjing hingga kini masih sering dijumapai pada rumah tradisional masyarakat yang ada di Garut. Seperti beberapa terdapat di Bungalow, Hotel, dan tempat peristirahatan yang ada disekitar Puncak yang juga kerap dijumpai menggunakan desain rumah Adat Togog Anjing ini.

3. Rumah Badak HeuayJenis-Jenis Rumah Adat Jawa Barat

Rumah Badak Heuay dalam bahasa Indonesia yang artinya adalh Badak yang sedang menguap. Dilihat dari desain atapnya model rumah Badak Heuay ini tampak seperti dengan rumah Togog Anjing, hanya saja dibagian suhunan dibagian atap belakang melewati tepi pertemuan sehingga tampak seperti mulut Badak yang sedang menguap. Desain rumah Jawa Barat yang satu ini sampai sekarang masih sering digunakan orang-orang yang berada di Sukabumi yang digunakan sebagai rumah tempat tinggal mereka.

4. Rumah Jelopong

Jenis-Jenis Rumah Adat Jawa Barat
Jenis-Jenis Rumah Adat Jawa Barat

Diantara Rumah Adat Jawa Barat yang lainny Rumah Adat Jelopong menjadi rumah yang paling famliar karena masih banyak dan sering digunakan oleh masyarakat Sunda. Rumah Adat Jelopong lebih banyak dipilih karena lebih mudah dibuat dan lebih hemat dari semua bahan-bahan materialnya, sesuai dengan namanya Rumah Adat Jelopong jika dalam bahasa Indonesia yang artinya “Terkulai”.

Rumah Jelopong memang mempunyai atap yang tampak lurus, ada dua bagian atap yang saling menyatu sama panjang. Apabila ditarik garis imajinernya, antara ujung atap yang satu dengan ujung atap yang lain akan terbentuk sama seperti segitiga sama kaki. Desain rumah adat yang satu ini juga sering disebut dengan Suhunan Panjang yang samapi sekarang masih digunakan, yang paling sering dan banyak menggunakan rumah adat Jelopong adalah masayarakat yang berada di Garut lebih tepatnya lagi di Kampung Dukuh.

5. Rumah Parahu Kumureb

Jenis-Jenis Rumah Adat Jawa Barat
Jenis-Jenis Rumah Adat Jawa Barat

Dan desai rumah adat Jawa Barat yang terakhir dalah rumah Parahu Kumureb yang artinya dalam bahasa Indonesia itu Perahu Tengkurap. Desain atap rumah adat Jawa Barat ini memiliki empat bagian utama, dua bagian depan dan bagian belakang membentuk sebuah trapesium, dan dua bagian yang ada disisi kanan dan kiri berbentuk segitig sama sisi. Kalu di Palembang desain atap rumah Parahu Kiumureb juga disebut desain atap Limasan.

Sesuai dengan namanya, atap rumah adat yang satu ini memang tampak seperti sebuah perahu yang terbalik. Karena terlalu banyak sambungan desain atap ini sering kali bocor sehingga jarang yang menggunakan rumah ini. Yang masih menggunakan rumah ini berada di Kampung Kuta di Kabupaten Ciamis.

Demikianlah sedikit uraian penjelasan dan jenis-jenis Rumah Adat Jawa Barat, yang semoga bisa sebagai pembelajaran dan semoga menambah kecintaan kita terhadap budaya peninggalan nenek moyang kita.

 

Leave a Reply