ip address
ip address

Pengrtian IP Address dan cara Setting IP

Posted on

Pengrtian IP Address dan cara Setting IP

Selamat pagi semua kali ini saya akan membahas tentang apa itu IP Address dan bagaimana cara mengaturnya. Oke langsung saja kita bahas.

Internet adalah sebuah jaringan computer yang saling terhubung ke seluruh dunia. Agar kita dapat bertukar data dan dapat berkomunikasi, diantara komputer ini membutuhkan alamat sebagai identitas pengenal. Dan alamt itulah yang secara global disebut dengan IP Address.

Pengertian IP Address (Internet Protocol Address)

IP Address ini adalah sebuah alamat atau identitas numeric yang sudah diberikan kepada perangkat komputer agar komputer tersebut dapat berkomunikasi dengan komuter yang lain.

Identitas tersebut berupa dengan nomer yang terdiri dari 4 blok bilangan decimal yang nilainya ini tidak terbatas mulai dari angka 0 sampai dengan 255. Dan anda akan mengerti kenpa angka decimal yang diberikan dan digunakan dan hanya sampai 255, anda akan mengetahui setelah anda membaca artikel ini.

 

unicast_ip_address_example
unicast_ip_address_example

IP Address ini sebenarnya tidak diberikan pada komputer,melainkan kepada sebuah Interface Jaringan di dalam komputer itu sendiri. Contohnya, sebua komputer atau CPU ini bisa saja memiliki dua buah interface jaringan sehingga dapat memiliki dua bua IP Address. Pada CPU Interface jaringan tambahan yang biasanya dimaksud berupa Lan Card.

Dalam sebuah jaringan Komputer, IP Address ini harus unik alias tidak boleh sama persis denan IP Interac yang lainnya. Hal ini untuk menghindari terjadinnya kesalahan dalam pengiriman data.

Bagaimana bentuk sebenarnya IP Address ?

Komputer sebenarnya sudah mengenal pengkodean on dan off (digital), oleh karena itu semua data yang sedang dikirim dan sudah diterima adalah bilangan yang biner (hanya 0 dan 1)

Benuk IP Address yang berupa dengan bilangan decimal sebenarnya adalah bilangan yang sudah diterjemahkan agar mudah di ingat oleh manusia. Dan pada titik pemisah ip address adalah terdiri dari 8 bilangan biner dan totalnya menjadi 32 bit biner.

Contoh penulsan ip address= 172.20.7.30

Pengertian Network dan Host

Sebuah IP Address ini sudah terbagi dengan dua porsi yaitu Network dan porsi Host. Network merupakan bagian dari IP Address yang sudah menunjukkan alamat atau sebuah id pada seebuah jaringan. Sedangkan pada bagian host ini adalah bagian yang sudah menunjukkan alamat komputer didalam jaringan tadi.

Berkaitan dengan hal-hal tersebut, ada beberapa aturan, antara lain adalah :

  • Dalam sebuah network tidak boleh ada host yang nilainya sama dengan host lainnya.
  • Semua alamat network tersebut harus sama dengan jika menginginkan komputer-komputer tersebut itu bisa saling terkoneksi tanpa bantuan dari router.

Pada IP Address di kelas C biasanya memakai dengan subnet mask 255.255.255.0 (dalam bentuk binernya adalah 1111111.1111111.11111.00000000 , jika ip yang seeding digunakan adalah 172.20.7.30 maka 172.20.7 sebagai network nya dan 30 adalah host nya.

Fungsi IP yang berakhiran 0 (host 0) ini adalah sebagai network, IP ini akan dipakai ketika sedang melakukan setting pada router. Sehingga ktika routing dengan tujuan suatu range IP.

Fungsi IP berakhiran 255 adalah (host 255) ini sebagai broadcast nya. Secara otomatis fungsinya adalah berteriak kepada sebuah jaringan yang lainnya.

Ip
Ip

Kelas IP Address

Di karnakan sudah banyak kemungkinan pada angka IP Address yang sudah digunakan maka kita perlu aturan dalam pndistribusi-annya. Oleh karena itu IP Adress yang sudah dibagi dalam kelas-kelas tertentu dan berdasarkan jumlah Network dan Host nya.

Secara garis besar ada tiga kelas yang sudah sring digunakan yaiti kelas A, B, dan C. dalam perbedaan diantara ketiga nya adalah jumlah Host dan Network. Kelas IP Address yang paling banyak digunakan adalah pada jaringan local adalah kelas C. karena jumlah host nya yang bisa digunakan tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak, yaitu hanya 254 host IP Address. IP ini biasa nya bernilai 192.0.0.0 atau sampai dengan 223.255.255.255

Pada jaringan lokal anda banyak menjumpai IP 192.168.0.0 sampai dengan 192.168.255.255 IP Address itu termasuk kedalam kelas C.

skatter-tech-ip-finder
skatter-tech-ip-finder

Cara Setting IP Address

Kolom Gateway ini bisa diisikan dengan alamat router. Router ini berfungsi untuk menjembatani antara jaringan anda dengan jaringan yang lainnya seperti jaringan lokal dan jaringan internet anda. Agar komputer yang anda setting bisa terhubung dengan internet anda harus setting di alamat IP Router pada default gateway.

Modm ini diberikan oleh isp ini juga dianggap sebagai router, sehingga untuk terhubung ke internet kita tinggal mengisikan alamat modem pada gateway. Biasanya adalah 192.168.1.1

Sedang kan DNS ini adalah sebuah server yang berguna untuk menerjmah kan domain ke alamat IP. Contoh nya ketika kita sedang menunjungi website sebenar nya itu adalah alat ke alamat IP  tertentu yang terdapat dalam internet.

Untuk menyeting IP di sistem operasi windows anda bisa langsung menuju ke Control Panel> Network and Internet> Network Connection > Local Area Connection lalu anda plih IPv4 dan anda isi kana pa yang sudah anda pelajari pada artikel ini.

Mungkin cukup sekian tentang artikel yang saya buat pada pagi hari ini semoga bisa membantu anda dalam masalah tentang IP Address. Semoga artikel ini bisa menyelesaikan permasalahan anda. Dan jangan sampai ketinggalan dari kelanjutan artikel – artikel yang akan saya buat selanjutnya. Dan jangan lupa di like,comment and share yaa.

Leave a Reply