Pengertian Teknologi

Posted on

Teknologi, pasti sudah bukan merupakan kosa kata yang asing ditelingan anda semua, ya teknologi merupakan sebuah istilah umum yang menggambarkan mengenai perkembangan di dalam dunia teknik. Saat ini pengembangan teknologi sudah sangat pesat mulai dari perkembangan teknologi informasi, teknologi komputer, teknologi mesin dan msih banyak lagi perkembagan teknologi yang sangat berguna untuk kehidupan manusia.

Teknologi merupakan kata dalam bahasa Indonesia yang merupakan hasil serapan dari bahasa inggris, yaitu technology. Saat ini penggunaan kata teknologi umum digunakan untuk segala macam sesuatu yang mempunyai  sifat teknis yang dapat mempermudah pekerjaan seseorang dan tentu saja teknologi merupakan salah satu hasil kebudayaan yang sengaja ataupun tidak sengaja dibuat manusia. Sebelum itu, teknologi juga diyakini berasal dari bahasa yunani, yaitu technologia yang berasal dari istilah kata tecne yang berarti wacana seni.

Penggunaan kata technology sendiri mulai diciptakan oleh salah satu ilmuwan sosial asal amerika, yang pada awal abad ke-20 mulai gagas sebagai padanan dari konsep bahasa jerman, yaitu technik menjadi technology. Penggunaan kata teknologi ini diciptakan setelah munculnya revolusi di eropa, yang memunculkan banyaknya perubahan yang sangat luar biasa dari segi industry dan juga perburuan pada massa itu.

Teknologi sendiri pada saat ini sudah berkembang kemana-mana bahkan keseluruh dunia. Teknologi ini tidak hanya sebagai sebuah ilmu yang praktis mengenai hal-hal teknis, akan tetapi sudah berkembang menjadi salah satu pondasi ilmu pengetahuan ilmiah secara luas. Hal itu ditunjukan dengan banyaknya bidang ilmu yang didasarkan oleh teknologi.

Hal ini pun kemudian memunculkan berbagai macam definisi dan juga pendapat dari para ahli mengenai pengertian dan juga definisi dari teknologi . berikut ini adalah pendapat dari beberapa para ahli mengenai teknologi.

  1. Poerbahawadja Harahap

Harahap menjelaskan bahwa penggunaan kata dari teknologi pada dasarnya mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang cara kerja didalam bidang teknik, serta mengacu pada ilmu pengetahuan yang akan digunakan dalam pabrik atau industry tertentu. Definisi ini tentu saja sangat mengacu pada definisi praktis dan teknologi, yang banyak ditemukan pada pabrik-pabrik dan juga industry tertentu.

  1. Merriam Webster

Merriam Webster merupakan sebuah kamu yang banyak digunakan untuk referensi ilmu. Menyatakan bahwa teknologi merupakan salah satu aplikasi atau penerapan dari sebuah ilmu pengetahuan secara praktis. Penerapan praktis ini terkadang sudah di khususkan juga pada ruang lingkup tertentu.

  1. Naisbit (2000)

Nisbit (2000) mengutip pengertian dari teknologi dari random house dictionary, yang mengatakan bahwa teknologi merupakan sebuah benda dan juga objek, serta bahan dan juga wujud yang berbeda dibandingkan dengan manusia biasa.

  1. Miarso

Pendapat lainnya mengenai pengertian teknologi diungkapkan oleh miarso (2007) yang mengukapkan bahwa teknologi merupakan suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan tersebut dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu. Yang mana produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada. lebih lanjut disebutkan pula bahwa teknologi merupakan suatu bagian dari sebuah integral yang terdapat di dalam suatu sistem tertentu.

  1. Read Bain (1937)

Pada tahun 1937, terciptalah pendapat lainnya mengenai teknologi. Pendapat ini di ciptakan oleh seorang sosiolog yang berasal dari amerika, bernama read bain. Bain (1937) mengatakan bahwa teknologi pada dasarnya meliputi pada semua alat, mesin, perkakas, aparat, senjata, perumahan, pakaian, peranti pengangkut dan komunikasi, dan juga keterampilan, dimana hal ini memungkinkan kita sebagai seorang manusia sehingga dapat menghasilkan semua itu.

Yang berdasarkan dengan pendapat bain tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa teknologi merupakan segala sesuatu yang bisa diciptakan dan juga dibuat oleh seorang atau sekelompok manusia yang kemudian bisa memberikan nilai dan manfaat bagi sesama manusia.

  1. Ursula Franklin (1989)

Seorang ilmuwan lainnya, yaitu Ursula franklin memberikan definisi atau pengertian dari teknologi yang lainnya. Franklin (1989) mengatakan pendapatnya mengenai teknologi sebagai suatu cara praktis yang menjelaskan mengenai cara kita semua sebagai manusia membuat hal segala sesuatu yang berada disekitar kita. Pengertian ini merujuk pada penggunaan teknologi yang merupakan seluruh benda yang dibuat oleh manusia. Dimana setiap orang bisa saja membuat dan juga mengembangkannya apabila mempelajarinya secara baik dan bisa dapat menerapkannya secara praktis.

  1. Manuel Castells (2004)

Selanjutnya ada sesorang ahli sosiologi lainnya yang akan memberikan definisi mengenai teknologi. Castells (2004) merupakan suatu kumpulan sebuah alat. Aturan dan juga prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan ilmiah yang terdapat sebuah pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang dapat memungkinkan terjadinya pengulangan.

Berdasarkan definisi ini maka akan bisa disimpulkan bahwa penggunaan teknologi dapat diulang-ulang apabila memiliki fungsi dan tujuan yang sama, sehingga satu teknologi yang sudah berhasil diciptakan akan dapat digunakan berkali-kali.

  1. Sardar (1987)

Pada tahun 1987, sardar mengungkapkan bahwa teknologi merupakan sebuah sarana dalam memecahkan masalah yang mendasar dari setiap peradapan manusia. Tanpa adanya penggunaan teknologi , maka hal ini pun akan mengakibatkan banyaknya masalah yang tidak bisa dipecahkan dengan baik dan sempurna.

Kesimpulan Dari pengertian Teknologi

Dari 8 pengertian juga definisi dari teknologi menurut beberapa ahli yang sudah disebutkan sebelumnya, maka bisa ditarik beberapa kesimpulan secara umum mengenai definisi dari sebuah teknologi. Berikut ada beberapa kesimpulan umum mengenai definisi dari teknologi.

  • Teknologi adalah sebuah metode praktis yang digunakan untuk menciptakan sesuatu yang berguna dan bisa digunakan secara berulang kali.
  • Teknologi diciptakan oleh manusia, banyak berhubungan dengan kegiatan praktis yang dilakukan manusia sehari-hari.
  • Dasar keilmuan yang memiliki oleh teknologi adalah keilmuwan san, yang merupakan versi yang praktis atau praktikal dari sebuah sains.

 

Leave a Reply