Trik Dasar Untuk Surfer Pemula
Trik Dasar Untuk Surfer Pemula

Trik Dasar Untuk Surfer Pemula

Posted on

Trik Dasar Menjadi Seorang Peselancar

Surfing atau berselancar pertama kali dikenal pada awal abad ke-20 di Amerika Serikat dan Australia. Budaya selancar muncul akibat dari naik pamornya olahraga yang akhirnya melahirkan gaya hidup dan tercermin dari beberapa produk, musik, fashion, majalah, hingga film-film yang menggambarkan tentang anak pantai yang serba santai, di era abad 19 awal olahraga ini sudah mulai digemari oleh kalangan muda, rata- rata kalangan anak muda Eropa, seperti Amerika dan Meksiko yang lebih memilih olahraga ini, sehingga olahraga ini menjadi populer dan lebih mendunia lagi dan akhirnya banyak yang membentuk komunitas para peselancar yang makin lama makin banyak yang menyukainnya.

Sebagai negara maritim, Indonesia bisa dibilang sebagai surganya untuk surfing bahkan salah satu pulau di Indonesia menjadi primadona Internasional sebagai kota wisata surfing  dengan ombaknya yang sangat mendukung para surfer. Di Indonesia terdapat tempat favorit para peselancar pemula maupun profesional dri seluruh dunia beberapa diantaranya adalah Bukit Peninsula (Bali), Don DON atau Inside Ekas, Desert Point (Lombok), serta Pulau Grajagan (Jawa). Dan masih banyak lagi di Indonesia. Jika Anda ingin belajar menjadi Surfer (Peselancar) Anda harus tau tentang pengetahuan yang baik tentang berselancar. Berikut adalah pertimbangan awal sebelum benar-benar menjadi seorang peselancar handal tips menjadi surfer bagi pemula yaitu:

1. Pilih Spot Tepat

Trik Dasar Untuk Surfer Pemula
Trik Dasar Untuk Surfer Pemula

Surf break, poin ombak sangat bervariasi dan jika kamu mencoba belajar pada tempat yang salah akan memperlambat proses belajar menjadi lebih lama dan kurang menyenangkan, bisa saj Anda kan erluka atau akan mengganggu peselancar yang lain.

Carilah Pantai yang lambat dan mudah yang kira-kira gelombangnya dikisaran 1-2 ft atau setinggi dada orang dewasa, ini memang tidak terlihat menantang tapi itu akan menjadi tempat terbaik untuk belajar. Carilah tempat yang tidak banyak kerumunan orang, jika kamu memiliki sedikit ruang yang bebas akan lebih mudah dalam belajar surfing. Ingat jangan bermain ombak yang ada karang dan batu.

2. Mendayung atau Padlle Out

Trik Dasar Untuk Surfer Pemula
Trik Dasar Untuk Surfer Pemula

Mendayung merupakan keterampilan paling dasar, latihan ini merupakan yang paling penting dan latihan ini akan banyak keuntungannya. Cara terbaik dalam meletakan papan selancara ke air apabila kamu sudah mencapai kedalam air kira-kira  sekitar paha dan pinggang, kemudian rebahkan/naikan tubuhmu di papan selancar.

Anda supaya menjaga kesimbangan badan pada papan selancar sehingga ujung papan selancar agak keluar dari permukaan air, caranya adalah dengan mencari posisi optimal untuk melawan arus ombak dan meberikan tenaga ketika mendayung, setelah Anda merasa papan berjalan dengan mudah Anda kan menemukan posisi yang ideal dan posisi Anda tetaplah bertahan seperti tadi.

Mulailah mendayung menggunakan lengan dan menggerakannya kedalam air dengan posisi dada terangkat, jari-jari ditutup dengan rapat dan digerakan dengan kuat, tapi tidak perlu tergesa-gesa. Jika terkena dengan gelombang supaya angkat dada Anda sedikit agar mengurangi berat badanmu pada papan sehingga hidung dan papan tidak terendam kedalam air, jika sudah bisa mendayung lalu belajarlah untuk menyeimbangkan kanan dan kiri, kepala dan kaki, mendayung papan kearah ombak.

3. Duck Diving

Trik Dasar Untuk Surfer Pemula
Trik Dasar Untuk Surfer Pemula

Duck Diving atau disebut dengan gaya bebek adalah teknik unutk memungkinkan kamu untuk lewat dibawah ombak ketika mengayuh keluar, teknik ini berfungsi supaya Anda tidak mudah kehilangan stamina karena harus teus menerus di hantam ombak.

Duck Diving bisa digunakan untuk shortboards yang lebih kecil dan lebih ringan, untuk longboards ada beberapa teknik yang digunakan agr dapat mencapai hasil yang sama dengan shortboards. Untuk duck diving selancar cobalah unutk lebih cepat mendayung mendekati gelombang, sekitar kira-kira dua meter sebelum terjadi kontak dengan pecahan buih putih. Caranya pegang kuat kedua tepi papan selancar ditengah antara hidung dan titik tengah tubuh, lalu dorong berat tubuh bagian atas  ke tangan dan lengan sampai tenggelam lalu arahkan kepala Anda dan biarkan tubuh mengikutinya.

Setelah sudah di bawah permukaan air kemudian tekuk kaki depanmu menggunakan lutut atau tumit untuk menekan ekor papan kebawah gelombang, dalam momentum ini hanya membutuhkan waktu yang singkat, setelah gelombang terlewati biarkan tubuh Anda menempel pada papan dan pastikan kepala Anda bergerak searah dengan hidung papan. Jangan smapai terlalu kebelakang saat naiknya karana jika terlalu kebelakang papan akan terangkat naik dan Anda akan terbalik.

5. Menangkap Gelombang

Trik Dasar Untuk Surfer Pemula
Trik Dasar Untuk Surfer Pemula

Untuk mmulai Anda supaya tetap pada jalur mendayung dan cara terbaik untuk menangkap gelombang yang telah pecah dan mengejar dan dapat mengendalikan gerakan ombak yaitu, Anda harus memiliki posisi mendayung yang ideal jadi titik fokusmu langsung menuju pantai. Caranya ketika ombak mendekat, rubahlah arah hidung papan menuju arah pantai lalu berbaringlah dan mulai mendayung.

Ketika sudah merasakan dorongan keras dari ombak kamu memeganglah pada sisi papan seluncur dengan keadaan berbaring, berbaring ke papan dan menaikan dada ketika didorong ombak adalah cara tepat untuk menghindari ketidak stabilan yang terjadi pada efek palung laut karena arus yang kuat, posisi ini merupakan posisi yang paling ideal untuk pemula yang ingin menangkap ombak dan dapat mengendalikannya sebelum benar-benar bisa berdidri diatas papan selancar.

6. Berdiri

Trik Dasar Untuk Surfer Pemula
Trik Dasar Untuk Surfer Pemula

Berdiri di papan selancar memang terlihat mudah tapi pada nyatanya itu sangat sulit sekali Anda harus dapat menyeimbangkan tubuh supaya bisa berdiri di papan selancar yang berjalan dengan ombak.

Untuk caranya yang pertama yaitu Anda harus mengetahui mana kaki yang akan berada diposisi depan, caranya untuk mengetahuinya yaitu dengan cara berdiri lurus dan posisi kaki rapat, lalu Anda menjatuhkan diri kedepan dan kaki yang pertama keluar atau menahan tubuh kita pada saat kita terjatuh  adalh posisi nanti yang akan Anda gunakan nanti. Langkah berikutnya yaitu masuk keair dan siap untuk berselancar untuk cara berdirinya yaitu:

  1. Mendayung bersamaan dengan arah ombak dan pada saat kamu merasa papan lebih cepat dari kecepatan mendayungmu kamu siap untuk melompat keatas.
  2. Dengan tangan Anda yang tetap dalam keadaan memegang sisi papan dengan bersamaan tegakan lengan Anda dan biarkan lutut mengikuti gerakan dada pastikan agar tetap menjaga kesetabilan berat tubuh dan tidak miring.
  3. Lalu tempatkan kakimu tetap di papan, yang satu kaki berada di ekor dan yang satunya tepat diatas titik tengah manapun.
  4. Ketika berdiri jangan sampai berdiri tegak sepenuhnya, simpanlah pusat gravitasi rendah dengan sedikit berjongkok dan memfokuskan berat tubuh Anda pada titik tengah papan, rentangkan tangan untuk menjaga keseimbangan Anda.

Semua bisa dilakukan jika ada mau untuk berusaha belajar dan tidak mudah menyerah dan tidak mudah putus asa. Semoga semua trik dan tips tadi bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply