Bahaya Merokok Bagi Anak Anak Di Bawah Umur

Posted on

Berdasarkan dari kesehatan kememtrian republic Indonesia hamper 85% dari perokok di Indonesia mulai merokok ketika usianya di bawah 20 tahun. Anak yang di bawah usia sudah bnyak yang merokok di Indonesia kini semakin muda, Kondisi zaman sekarang sudah semakin buruk karena anak anak sudah banyak yang merokok di bawah usia maupun di atas usia.

Anak anak yang di bawah umur ( balita ) yang kecanduan rokok ini sering kali tidak mampu mengendalikan dirinya untuk merokok. Factor factor yang menyebab kan anak anak  merokok yaitu pertama kali di suruh membelikan rokok sma bapak. Kemudian itu anak nya menjadi penasaran  knapa orang tuanya suka sekali dengan rokok. Pada hal anak suka sekali menirukan tingkah laku kaya orang tua nya. Dan dari situlah memulai merokok.

Dampak merokok adalah fatal bagi semua usia

Kebiasaan merokok dapat di ketahui dapat menyebabkan banyak 7 juta orang yang meninggal karena di sebabkan merokok. Menurut WHO, Indonesia adalah negara ketiga dengan jumlah perokok terbesar di dunia setelah Cina dan India.

Dari perhitungan ini, di perkirakan sedikitnya ada 35 ribu orang yang meninggal karena perokok pasif, sedangkan angka kematian perokok pasif Sembilan kali lebih besar dari angka tersebut. Dapak rokok juga mendapat menurunkan hemoglobin atau kadar oksigen dalam darah. Hal ini bisa menyebabkan gangguan kecerdasan pada otak dan fungsi organ yang lainnya.

Bayak hal yang negative dalam rokok. Akibat negative dari rokok, sudah terasa sejak seseorang sudah memulai menghisap rokok. Pembakaran kurang sempurna pada rokok yang membara menghasilkan karbon monoksida (CO) selain racun lain seperti tar dan nicotine.

Berikut ini adalah macam macam bahaya merokok bagi anak anak

  1. Sangat mereka sakit sulit untuk cepet sembuh
  2. Terganggunya paru paru untuk berkembang
  3. Mengganggu aktivitas di sekolah
  4. Kenakalan remaja mulai kemana mana

Merokok di kalangan remaja memang sudah meluas dan sangat banyak, baik di sebabkan dari pergaulannya atau lingkungannya yang lain. Peran orang tua sangat  lah penting agar seorang remaja tidak merokok. Dan supaya anak anak di jaga betul agar tidak merokok.

3 manfaat berhenti karena merokok

1.Paru paru berhenti berkembang

Paru paru berkembang juga akan di pengaruhi jika melakukan kebiasaan terlalu dini. Para perokok menyebabkan gangguan pada pertubuhan paru pada anak anak dan remaja, hal ini mengakibatkan paru paru berhenti pada pertumbuhan badan. Gangguan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang kronis sehingga dia beranjak dewasa.

2.Kerusakkan gigi

Kebiasaan merokok adalah penyebab paling utama dari gangguan kesehatan gigi dan mulut. Hampir setengah dari infeksi yang di mulut terjadi pada perokok aktif dengan rentang pada usia di bawah 30 tahun. Hal ini membuktikan yaitu perokok aktif yang berusia sangat muda mempunyai kries, plak, dan berbagai infeksi gusi dan mulut itu lebih bnyak di bandingkan anak anak yang di bawah usia yang tidak merokok.

3.Masalah otot dan tulang

Dari penelitian ini diketahui bahwa remaja yang sering merokok memiliki kepadatan tulang yang rendah serta penurunan puncak pertumbuhan yang harusnya terjadi pada usianya. Sama dengan penelitian sebelumnya, penelitian yang mengikuti sertakan 1000 remaja laki-laki dan perempuan di Swedia menemukan bahwa kelompok yang merokok mengalami kerapuhan tulang pada bagian tulang belakang, leher, tengkorak, serta pada tangan dan kaki.

Cara cara mencegah merokok bagi anak anak

1.Melakukan komunikasi

Kebanyakkan orang tua tidak mencari tau tentang keadaan anaknya, sehingga mereka menyebabkan bertindak seenaknya sendiri dan tidak mengikuti peraturan yang ada di lingkungan tersebut.

2.Memberi contoh yang baik bagi anak anak

Jika anda ingin menyuruh anaknya menjadi baik bukan yang jelek jelek. Jika anak anda tidak mau merokok maka anda juga tdak boleh merokok. Itu adalah contoh yang baik cara yang mudah anak anda supaya tidak merokok.

3.Selalu di awasi dangan yang baik

Orang tua anda harus mengawasi anak remaja anda suapaya tidak merokok. Tetapi jngan lah terlalu berlebihan di awasinya, berilah anak anda supaya memiliki bakat yang ada pada dirinya sendiri. Selama itu baik, anda jnganlah melarangnya .

4.Diskusikan pada anaknya

Anak anda harus berdiskusikan supya anak anak anda takut dengan rokok yang ada peraturan yang ada di hokum.

5.Anak anak anda supaya bermain dengan baik

Anak anak anda supaya bermain dengan anak anak yang tidak merokok dan mendorong anak anda menjauhkan pada anak anak yang merokok dan menghormati alasan mengapa anda tidak merokok.

6.Hindari rokok di hadapannya

Apabila contoh yang baik seperti tidak merokok agar anak anda juga tidak merokok, tidak bisa anda lakukan merokoknya. Karena apabila orang tua melarang sesuatu hal untuk tidak dilakukan namun dirinya sendiri justru terang-terang melakukannya, maka biasanya perintah tersebut enggan untuk ditanggapi oleh anak Anda yang memang masih memiliki rasa ego tinggi.

sekian dari kami semoga ada manfaatnya bagi kalian semua yang lagi merokok dan untuk berhenti merokok.

Leave a Reply