Macam Macam Perangkat Keras yang ada pada komputer

Posted on

 

Kalian tahu apa itu komputer?. Di zaman sekarang ini banyak sekali yang menggunakan perangkat ini, bahkan sekarang hampir semua kegiatan selalu menggunakan komputer, mulai dari guru yang mengajar, arsitek, jual barang secara online, dan masih banyak lagi. Tapi apakah kalian tahu, di dalam bagian komputer itu memiliki 2 komponen yaitu perangkat lunak(software) dan keras(hardware). Perangkat lunak yaitu perangkat yang tidak bisa kita sentuh secara langsung, sedangkan perangkat keras merupakan perangkat yang dapat kita sentuh secara langsung. Kali ini saya akan menjelaskann tentang macam-macam perangkat keras komputer(hardware) yang ada di komputer, berikut adalah macam-macamnya:

  1. Motherboard

Motherboard merupakan perangkat yang berguna untuk tempat komponen-komponen semua komputer, seperti, hardisk,prosesor, Ram, dan masih banyak lagi, Bentuk dari motherboard sendiri yaitu seperti papan PCB dan di setiap sisinya memiliki chip,konektor yang berfungsi untuk menghubungkan pada masing-masing perangkat. Apabila satu saja chip yang error, maka motherboardpun tidak bisa di gunakan.

  1. Prosessor

Prosesor merupakan otak dari segala sistem komputer. Karena proseror itu mengontrol seluruh yang ada di sistem komputer, dan juga prosesor bertugas untuk melakukan perhitungan dan memerintahkan program yang akan di jalankan pada komputer.

  1. Harddisk

Hardisk merupakan suatu alat yang berguna untuk menyimpan semua file yang ada di computer, baik berupa file windows, maupun file yang lainya. Bentuk dari hardisk tersebut yaitu persegi panjang, dan di dalamnya memiliki piringan yang lebih dari satu, yang berfungsi memperbesar kapasitas dari hardisk tersebut.

  1. Heatsink-Pc cooler

Heatsink merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mencegah panas yang di hasilkan oleh komputer. Tempat dari heatsink yaitu berada di atasnya prosesor, sebab prosesor jika sedang bekerja akan mengeluarkan panasl, maka heatsinklah yang akan mengurangi panas tersebut, agar tidak terjadinya kerusakan pada prosessor.

  1. Monitor

Monitor merupakan suatu alat yang terpenting dan termasuk alat output yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pengolahan data. Tanpa monitor kita tidak dapat melihat sistem yang ada di komputer. Bentuk dari komputer pun ada  banyak jenis, mulai dari layar tabung, tetapi saat ini monitor telah menggunakan versi yaitu CRT dan LCD.

  1. SSD(Solid State Drive)

SDD merupakan suatu alat yang merupakan inovasi baru ( seperti hardisk). SDD berguna untuk menyimpan data yang ada pada komputer. SDD mempunyai  fungsi yang sama seperti hardisk, tetapi hardisk dapapt lebih banyak menyimpan file dari pada SDD.

  1. VGA Card

VGA atau Video Grapich Adapter merupakan suatu perangkat yang berguna untuk mengolah data atau berfungsi untuk menghubungkan data yang ada di komputer di hubungkan ke monitor. VGA juga memiliki prosesor yang bernama GPU(Graphic Processing Unit) biasanya di laptop itu ada stikernya. VGA ini sangat penting dan sangat di butuhkan bagi designer dan gamer.

  1. Optical Drive (DVD)

Optical drive merupakan suatu perangkat yang berguna untuk membaca dan menulis data yang ada di kepingan (kaset). Ada banyak jenid Optical drive yaitu: CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive, dan masih banyak lagi.

  1. Power supply

Power supply merupakan perangkat yang berguna untuk mengatur daya listrik yang masuk kedalam komputer. Tanpa adanya ini komputer tidak akan bisa menyala. Bisa di bilang, power supply merupakan jantungnya komputer. Jadi sangat mustahil jika komputer hidup tanpa menggunakan ini.

  1. RAM

Ram (Random Acces Memory) merupakan perangkat yang berguna untuk menyimpan sementara. Jadi bila komputer sudah mati, maka file yang ada di komputer yang di simpan di RAM akan hilang, kecuali komputer itu dalam mode hibernate.

  1. Keyboard

Keyboard merupakan suatu alat yang berguna untuk menampilkan huruf dan angka pada komputer. Komputer ini merupakan sebagai alat input. Jika kalian ingin mengetik, harus dan wajib menggunakan ini.

  1. Mouse

Mouse juga termasuk alat input. Mouse memiliki fungsi untuk menggerakan kursor atau panah menuju sesuatu atau aplikasi yang kita inginkan. Di sebut mouse karena bentuknya pun seperti tikus.

  1. Printer

Printer merupakan alat output. Printer berfungsi untuk mencetak hasil data yang kita kerjakan, baik dalam bentuk data, maupun gambar, berwarna, ataupun hitam putih. Jenis printer pun ada banyak yaitu berupa printer Dotmatrix, inkjet, dan laserjet.

  1. Sound Card

Sound card merupakan suatu perangkat keras yang berguna untuk mengolah data audio maupun suara, dahulu sound card ini hanya pelengkap pada komputer, Namun sekarang sound card merupakan alat yang harus di miliki oleh pengguna komputer.

  1. Scanner

Scanner merupakan alat perangkat keras yang bekerja seperti layaknya foto kopi. Berbeda dengan fotokopi, scanner tugasnya hanya merubah dari hardfile menjadi digital file yang bisa diolah oleh komputer.

  1. Proyektor LCD

Proyektor LCD merupakan alat yang berguna untuk menampilkan video dan gambar pada layar suatu bidang yang bidangnya itu bidang datar. Biasanya alat ini di gunakan oleh guru pengajar, seperti dosen, guru dan lain-lain.

  1. Modem

Modem adalah alat yang berguna untuk mengubah sinyal digital ke sinyal analog. Ketika modem telah menerima data dari luar yang berbentuk analog, maka modem akan mengubah kembali ke data digital agar dapat di olah dengan mudah oleh komputer.

  1. LAN Card

Lan Card merupakan alat yang berguna untuk menghubungkan komputer ke dalam jaringan internet. Saat ini Lan mempunyai banyak jenis, salah satunya yaitu NIC Ethernet DAN Token ring,dll.

  1. Speaker

Speaker merupakan perangkat yang berguna untuk mengeraskan suara( alat pendukung pada suara) supaya suara yang di keluarkan lebih keras dari pada sebelumnya.

Demikianlah macam-macam Hardware yang ada di komputer, sekian terima kasih.

Leave a Reply