Dampak Negatif Radiasi

Posted on


Radiasi merupakan suatu energi melalui gelombang (radiasi eletromagnetik) atau pergerakan partikel secara cepat (radiasi partikel) melalui ruang dan akhirnya diserap oleh benda lain. Ada beberapa sumber radiasi yang kita kenal di sekitar kita dalam kehidupan kita sehari-hari, yaitu televisi, lampu penerangan, alat pemanas makanan (microwave oven), komputer , dan lain-lain. Radiasi dalam bentuk gelombang elektromagnetik atau juga bisa disebut dengan foton. Foton adalah jenis radiasi yang tidak mempunyai massa dan muatan listrik. Misalnya saja yaitu gamma dan sinar –x, dan juga ini termasuk radiasi yang tampak seperti sinar lampu, sinar matahari, gelombang microwave, radar dan handphone.

Jenis-jenis radiasi

Radiasi mampunyai dua jenis yaitu radiasi pengion dan radiasi non pengion apa itu radiasi pengion dan radiasi non pengion baca di bawah ini.
 Radiasi Pengion

Radiasi pengion merupakan jenis radiasi yang dapat mengakibatkan proses ionisasi (terbentuknya ion positif dan ion negatif) dan apabila berinteraksi dengan materi. Yang termasuk dalam jenis radiasi pengion adalah partikel alpha, partikel betta, sinar gamma, sinar-x dan neutron. Setiap jenis radiasi mempunyai karakteristik yang khusus. Yang termasuk radiasi pengion adalah partikel alfa (a), partikel beta (b), sinar gamma (y), sinar-X, partikel neutron.

 Radiasi Non Pengion

Radiasi non-pengion merupakan jenis radiasi yang tidak akan mengakibatkan efek ionisasi. Dan jika berinteraksi dengan materi. Radiasi non-pengion tersebut berada disekitar kehidupan kita. Yang termasuk dalam jenis radiasi non-pengion antara lain adalah gelombang radio (yang membawa informasi dan hiburan melalui radio dan televise) gelombang mikro (yang digunakan dalam microwave oven dan transmisi seluler handphone) sinar inframerah (yang akan memberikan energi dalam bentuk panas) cahaya tampak (yang bisa kita lihat) sinar ultraviolet (yang dipancarkan sinar matahari).

Sumber Radiasi

• Sumber Radiasi Alam : Berasal dari sinar kosmos, sinar gamma dan kulit bumi, hasil peluruhan radon dan thorium di udara, serta berbagai radionuklida

• Sumber Radiasi Buatan : Radiasi yang dapat timbul karena/berhubungan dengan aktivitas manusia : Yaitu seperti penyinaran di biang medic, jatuhan radioaktif, radiasi yang diperoleh pekerja radiasi difasilitas nuklir, radiasi yang berasal dari kegiatan dibidang industr : radiografi, logging, pabrik lampu, menara telekomunikasi.

Istilah Radiasi Sering Dianggap
– Menyeramkan.
– Sesuatu yang membahayakan .
– Menggangu kesehatan bahkan.
– Keselamatan.

Gelombang radio sinyal televisi , sinar radar, cahaya tak terihat, sinar –x dan sinar gamma merupakan contoh-contoh gelombang elektromagnetik ada dimana-mana, matahari, bintang , lampu, dan tornado marupakani sumber yang berasal dari alamiah dari gelombang elektromagnetik. Ada juga sumber elektromagnetik buatan seperti ledakan nuklir, rangkaian listrik dengan tube vakum atau transistor, diode microwave, laser antena radio dan masih banyak lagi.

Ada kemungkinan gangguan tersebut adalah electrical sensitivity. Electrical sensitivity merupakan gangguan fisiologis dengan tanda-tanda dan gejala neurologis ataupun kepekaan, berupa berbagai gejala dan keluhan. Gangguan ini umumnya disebabkan oleh radiasi elektromagnetik yang berasal dari jaringan listrik tegangan listrik atau ekstra tinggi, peralatan elektronik di rumah, di kantor maupun industri.
Termasuk telepon seluler (HP) maupun microwave, ternyata sangat pontesial menimbulkan berbagai keluhan tersebut banyak kalangan mengklaim bahwa gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh alat-alat yang dapat menggangu kesehatan pengguna dan orang-orang yang berdiri di sekitarnya.

Dampak Radiasi Terhadap Manusia

Apabila radiasi itu mengenai tubuh manusia, ada 2 kemungkinan yang dapat mengakibatkan: berinteraksi dengan tubuh manusia, atau hanya melewati saja. Jika berinteraksi , radiasi tersebut dapat mengionisasi atau juga dapat mengeksitai atom. Setiap terjadi proses ionisasi atau eksitasi , radiasi akan menghilangkan sebagian energinya. Energi radiasi yang hilang akan menyebabkan peningkatan temperatur (Panas) pada bahan (atom) yang berinteraksi dengan radasi tersebut. Dengan adanya in menyebabkan semua energi radiasi akan dapat terserap di jaringan biologis yang akan muncul sebagai panas melalui peningkatan vibrasi (getaran) atom dan struktur molekul. Ini juga merupakan awal dari perubahan kimiawi yang kemudian dapat mengakibatkan efek biologis yang merugikan.

Kegunaan Radiasi

• Dalam Bidang Kedokteran

Radiasi dan zat radioaktif digunakan untuk diagnosis, pengobatan, dan penelitian. Sinar –x, misalnya saja melalu otot dan jaringan lunak lainnya tapi dihentikan olh bahan padat. Property bahan sinar –x ini memungkinkan dokter untuk menemukan tulang rusuk dan menemukan kanker yang mungkintumbh dalam tubuh seseorang. Dokter juga dapat menemukan penyakit tertentu dengan menyuntikan zat radioaktif dan pemantauan radiasi yang dilepaskan sebagai bergerak melalui substansi tubuh.

Sebagai Terapi Kanker
Sel-sel yang mulai berkembang biak dan menghancurkan sel-sel tubuh anda yang sangat berharga satu-persatu . terapi radiasi sinar gamma melibatkan energy tinggi membunuh sel-sel kanker. Terapi radiasi eksternal menggunakan mesin besar yang menunjukan pada tempat tertentu yang terpengaruh dan memancarkan sinar radiasi. Dalam terapi radiasi internal, zat radioaktif disuntikan dalam tubuh ntuk membunuh sel-sel tumor.

• Dalam Komunikasi

Semua sistem komunikasi pada zaman modern ini menggunakan bentuk radiasi eletromagnetik. Variasi intensitas radiasi berupa perubahan suara, gambar, atau informasi lain yang sedang dikirim. Misalnya, suara manusia yang dapat dikirim sebagai geelombang radio atau gelombang mikro dengan membuat gelombang bervariasi sesuai veriasi suara.

• Dalam Iptek

Para peneliti menggunakan atom radioaktif untuk menentukan umur bahan yang dulu bagian dari organisme hidup. Usia bahan tersebut dapat diperkirakan dengan mengukur jumlah karbon radioaktif mengandung dalam proses yang disebut penanggalan radiokarbon. Pada kalangan ilmuwan menggunakan atm radioaktif sebagai atom pelacak untuk mengidentifikasi jalur yang dilalui oleh polutan di lingkungan.

Radiasi digunakan tujuannya untuk menentukan komposisi bahan dalam proses yang disebut analisis aktivitas neutron. Dalam proses ini, para ilmuwan membombardir contoh zat dengan partkel yang disebut neutron. Beberapa atom dalam sampel menyerap neutron dan menjadi radioaktif. Para ilmuwan dapat mengindentifikasi elemen-elemen dalam dan sampel dengan mempelajari radiasi yang dilepas.

Fakta Menarik Tentang Radiasi

Terlalu banyak paparan radiasi menyebabkan kanker radiasi perubahan struktur sel dalam tubuh kita.
Radiasi diukur dalam curie.

Leave a Reply