Trik Untuk Skater Pemula

Trik Dasar Untuk Skater Pemula

Posted on

Tips Bermain Skateboard Untuk Pemula

Kalian pasti tau permainan satu ini, permainan skateboard merupakan permainan yang menguji ketangkasan. Dengan papan beroda dan berbagai macam trik/aksi yang memukai, sebelum bermain skateboard kalian harus tau terlebih dahulu cara bermainnya, apabila kalian bermain skateboard tanpa mengetahui caranya atau aturannya anda bisa jatuh dan terluka. Bagi pemula sebelum bermain harus mempelajari trik-trik dari yang dasar terlebih dahulu. Berikut adalah trik-trik dasar dalam bermain skateboard:

Trik Untuk Skater Pemula
Trik Untuk Skater Pemula

Untuk pertama anda harus mepersiapkan beberapa Aksesoris Skateboard yang dapat memberikan kenyaman sekaligus kemanana bagi Anda. Yang harus Anda persiapkan seperti Helm, Sepatu, pelindung siku tangan dan lutut.

1.Berdiri diatas Papan Dengan Benar, Tempatkan papan dalam posisi yang rata di tanah lalu berdiri diatasnya, Anda harus memperhatikan penempatan posisi kaki dengan benar. Caranya berdirilah dengan posisi kaki yang membentuk susudt ke sisi papan, serta mengarah kira-kira ke sekrup yang memasangkan roda ke papannya. Posisi kaki standar dalam arti kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, berarti Anda menggunakan kaki kanan Anda untuk mendorong, sebaliknya jika kaki kanan Anda yang di depan dan kaki kiri Anda yang di belakang berarti kaki kiri yang anda gunakan untuk mendorong. Lalu bergoyanglah sedikit ke depan dan kebelakanga untuk mengira-ngira gerkan roda dan seberapa besarnya ayunan pada papan yang Anda berikan.

2.Cobalah mendorong kaki dengan pelan dan tmpatkan kaki Anda di atas papan, kaki depan Anda belokan sedikit agar lebih lurus dengan papan, alih-alih mengarah ke sisinya. Lalu gunakan kaki satunya untuk mendorong dengan pelan lalu meluncurlah dengan sangat perlahan, setelah Anda sudah terbiasa berlatihlah kembali dengan mengembalikan kaki belakang atau kaki yang mendorong kebagian papan belakang tepat di depan bagian ekornya, disekitar cekungan papan. Untuk mencari keseimbangan tubuh Anda tekuk sedikit kedua lutut. Jika Anda terbiasa/lebih nyaman mendorong dengan kaki depan Anda, dan meluncur dengan kaki belakang rubahlah. Beberapa orang menganggapnya wajar, tetapi dengan posisi seperti itu akan mengganggu dan juga menyulitkan. Cobalah menggantinya dengan gaya yang biasa atau terbalik.

4.Tekuk pergelangan kaki dan pindahkan berat tubuh Anda untuk berbelok setelah Anda sudah bisa meluncu, Anda harus bisa membelokan papan dengan mengubah titik berat tubuh Anda. Caranya meluncurnlah dengan posisi kedua lutut tertekuk, agar titik pusat gravitasi tubuh Anda dekat dengan tanah. Jika Anda kesulitan menyeimbangkan papan atau terjatuh saat membelokan papan, caranya pindahkan berat tubuh Anda ke arah yang berlawanan. Tapi yang terpenting adalah agar kaki Anda terpancang ke papan sehingga bagian ujung papanlah yang berbelok.

5.Turunkan kaki unutk berhenti, Anda hanya perlu menurunkan kaki pendorong untuk berhenti. Ketika Anda ingn berhenti lakukanlah ketika laju skateboard Anda sudah agak pelan, jangan sampai Anda menurunkan kaki pada saat Anda meluncur dengan kecepatan tinggi, karena akan berbahaya Anda bisa tergelincir dan jatuh. Setelah berhenti pertahankanlah kaki Anda yang ada di atas papan, jika tidak papan akan terus melaju. Anda juga bisa mengubah titik berat tubuh kebelakang dan menenkan ekor skateboard untuk berhenti, beberapa papan memiliki bantalan rem plastik yang ada di bibir belakng papan dan sebagian tidak jadi cara ini biasanya sedikit lebih sulit dan malah dapat merusak papan bagian belakang. Agar papan Anda tidak mudah rusak dengan menjatuhkan bagian tumit ke tanah.

6.Cobalah meluncur dengan posisi kaki yang berbeda. Setelah Anda benar-benar menguasai cara meluncur papan dengan posisi kaki yang biasa Anda gunakan misalnya kaki kiri atau kanan. Cobalah mengganti kaki yang bagian depan menjadi kebagian belakang dan sebaliknya kaki yang bagian belakang diganti kebagian depan. Karena jika Anda ingin menjadi pemain skateboard yang hebat, Anda harus bisa meluncur dari dua arah yang berbeda dengan nyaman. Hal ini berguna pada saat menggunakan beberapa trik misalnya seperti trik Half-pipe atau sejumlah beberapa gerkan trik skateboard yang lainnya.

7.Pelajari cara jatuh yang benar, jatuh sudah wajar semua pemain skateboard pasti sering terjatuh saat bermain skateboard, apalagi untuk para pemula yang masih awal belajar pasti sering terjatuh. Selain Anda harus mengenakan perlengkapan keselamatan Anda juga harus mempelajari cara jatuh yang benar, yang tujuannya supaya tidak terjadi cidera yang serius, Anda bisa mempelajari beberapa trik yang simple untuk menjaga keamanan tubuh Anda selama bermain skateboard.

  • Rentangkan tangan dengan dilemaskan, jika tangan Anda terlalu kaku pergelangan tangan serta kaki akan lebih rentan cedera parah dibandingkan jika Anda meggunakannya untuk menahan benturan saat terjatuh.
  • Bergulinglah setiap kali Anda terjatuh, memang Anda mungkin akaan memar, tetapi rasa sakitnya akan jauh lebih ringan dibandingkan jika Anda mendarat dalam posisi tubuh biasa.
  • Jika Anda melihat adanya bahaya Anda supaya pergi, misalnya ketika Anda meluncur dengan cepat dan akhirnya kendali, maka supaya melompatlah dan mendaratlah dengan kedua kaki atau anda bisa berguling ke rerumputan jika bermain di jalan/ di taman. Jangan sampai Anda mempertahankan skateboard ketika kehilangan kendali.

    Trik Untuk Skater Pemula
    Trik Untuk Skater Pemula

Setelah Anda bisa menguasai semua teknik-teknik dasar tadi suntuk selanjutnya  Anda bisa mepelajari trik-trik lainnya yang lebih keren lagi Anda bisa bertanya atau belajar langsung pada teman Anda yang berpengalaman atau ahli dalam bermain skateboard, atau Anda bisa berbicara pada skater yang biasanya ada di Taman dan Anda bisa bergabung dengan komunitas-komunitas skateboard. Semoga semua trik-trik dasar tadi bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply