olahan buah alpukat

Inilah, Manfaat dan kasiat Luar Biasa Buah Alpukat

Posted on

Anda pasti mengenal buah alpukat, buah dengan daging tebal bewarna hijau ini banyak sekali manfaatnya. Dari buah, kulit, biji, hingga daunya pun juga memiliki manfaat dan nilai ekonomis Alpukat disebut sebagai buah yang sangat luar biasa, karana selain enak atau lezat rasanya, alpukat juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Ada beberapa pendapat yang mengatakan jika memakan buah alpukat itu buruk itu karna banyak mengandung lemak, akan tetapi sebenarnyakenyataanya tidak seperti demikian. Dengan mengkonsumsi alpukat justru akan membantu kita agar merasa kenyang lebih lama, sehingga baik untuk membantu mengkontrol berat badan.

Para ahli di Loma Lindia university melakukan penelitian apakah menambahkan alpukat segar untuk makan siang memiliki efek pada respon insulin, kadar gula darah, dan perasaan kenyang lebih lama. Temuan awal mereka telah menemukan, bahwa memang ada dasar untuk dilakukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat memakan buah alpukat mengati beberapa bagian makanan.

olahan buah alpukat
beberapa kegunaan buah alpukat

The Hass Avocado Board ( HAB ) secara finansial juga mendukung beberapa uji klinis untuk mengetahui apakah ada hubungan antara peningkatan konsumsi alpukat dan efek positif pada diabetes, pengelolaan berat badan, dan faktor risiko penyakit jantung. Sambil menunggu hasil dari studi terbaru tentang makan alpukat, ada baiknya Anda juga tahu manfaat kesehatan dari alpukat yang sudah ditemukan.

olahan buah alpukat
kasiat buah alpukat

Berikut 10 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Kita

  1. Melindungi Kesehatan Mata

Makan alpukat dapat meningkatkan asupan lutein, yang akan melindungi kita daraidegenerasi makula dan pembentukan katarak. Penelitian lebih lanjut masih di perlukan untuk menentukan dengan tepat, apa sebenarnya yang dapat membantu melindungi kesehatan mata dari kasiat memakan alpukat.

  1. Alpukat Adalah Makanan Bagi Otak

Alpukat adalah salah satu makanan otak yang terbaok dan sehat, yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengurangi resiko terkena alzheimer. Omega 3 serta vitamin E yang secara alami terdapat pada alpukat telah terbukti secara kinis mampu menghentikan laju penyakit alzheimer, dan bahkan mungkin bisa mengembalikan ke tahap awal.

  1. Menurunkan Kolestrol

Sebuah studi telah menemukan penurunan kadar kolestrol sebanyak 17%, pada peserta yang meninggalkan makan alpukat selama satu minggu. Para peneliti mempercayai hal ini di sebabkan oleh beta sitosterol, yang sebelumnya telah ditemukan membantu menurunkan kolesterol

  1. Sumber Serat

Buah alpukat ini mengandung serat, baik serat yang larut maupun serat yang tidak larut. Hal ini juga berarti membantu mengurangi kadar kolestrol dengan cara mencegah penyerapan kembali oleh tubuh, membantu mempertahankan fungsi usus, dan dapat mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

  1. Mengurangi Keriput

Kandungan asam amino dan antioksida yang terkandung dalam buah alpukat dapat membantu membuang racun penyebab penuaan dini serta kerutan yang terjadi pada kulit.

  1. Melembabkan dan Membersihkan Kulit

Manfaat buah alpukat yang lainya yaitu untuk membersihkan serta melembabkan kulit yang berasal dari kekayaan buah alpukat yaitu dari vitamin A yang membantu mengangkat sel – sel kulit yang mati pada tubuh manusia. Oleh karna itu, buah alpukat ini sering dijadikan sebagai bahan sabun dan kosmetik terkenal. Minyak yang di serap oleh kulit mampu memberikan nutrisi yang kemudian akan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru serta meningktkan sirkulasi darah pada kulit.

  1. Mencegah kekeringan Pada Kulit Wajah

Buah alpukat juga mampu bermanfaat mencegah kekeringan pada permukaan kulit wajah yaitu dengan cara menghaluskan buah alpukat kemudian dipakai sebagai masker pada permukaan wajah. Diamkan sekitar 2 jam lalu bilas dengan mengunakan air dingin.

  1. Mengobati Kencing Manis

Cara mengobati kencing manis dengan memanfaatkan buah alpukat yaitu dengan cara memanggang biji alpukat dengan api kemudian potong kecil – kecil, setelah itu rebus dengan mengunakan air panas hingga airnya berwarna kecoklatan setelah itu saring dan dinginkan kemudian minum secara teratur.

  1. Menyemuhkan Sariawan

Cara memanfaatkan buah alpukat sebagai obat sariawan yaitu dengan cara mengambil buah alpukat yang telah matang lalu ambil dagingnya, setelah itu campur dengan 2 sendok madu murni lalu aduk hingga merata dan siap untuk dikonsumsi. Lakukan hal ini sehingga sariawan beransur sembuh.

  1. Membuat rambut Berkilau

Ternyata buah alpukat juga dapat membuat rambut menjadi berkilau. Caranya yaitu dengan menghaluskan buah alpukat yang telah matang lalu campurkan dengan minyak jojoba 1 sdt, minyak rosemary 1,5 sdt, telur 1 butir dan yoghurt. Setelah itu maskerkan pada rambut sekitar 20-30 menit lalu bersihkan dengan shampo.

  1. Membuang Radikal Bebas

Buah alpukat ini merupakan salah satu sumber antioksida yang sangat baik untuk tubuh dalam mengeluarkan racun melalui keringat atau air seni.

  1. Menyembuhkan Bengkak Oleh Peradangan

Buah alpukat juga memiliki kasiat untuk menyembuhkan bengkak yang disebabkan oleh peradangan, caranya relatif mudah. Ambil biji buah alpukat lalu keringkan dan tumbuk sampai halus. Setelah itu ambil biji alpukat yang telah dihaluskan tadi lalu tambahkan sedikit air hingga adonan membentuk bubur. Setelah adonan benar – benar lembut, balurkan adonan pada bagian tubuh yang bengkak.

Selain mempunyai banyak manfaat dan kasiat buah alpukat ternyata juga dapat di olah menjadi berbagai jenis olahan makanan dan minuman. Dilansir dari laman elitedaily.com, buah alpukat tidak hanya dapat disantap secara langsung atau ketika dibuat jus saja. Ada beberapa olahan makanan dan minuman yang berbahan dasar buah alpukat seperti, pound cake alpukat, sandwich alpukat, sushi alpukat, salat alpukat, kerupuk alpukat, dan masih banyak lagi. Dan biasanya alpukat juga di gunakan sebagai masker wajah. Dan juga di buat menjadi berbagai jenis minuman dan campuran minuman.

Leave a Reply