buah jeruk untuk ibu hamil
buah jeruk untuk ibu hamil

Manfaat dan Resiko Buah Jeruk bagi Ibu Hamil

Posted on

Selamat pagi semua ? bagaimana keadaan kalian pada pagi hari ini ? masih sehat kan ? kali ini saya akan membagikan tips untuk mengkonsumsi buah jeruk bagi ibu yang sedang dalam periode kehamilan. Oke nggak usah banyak basah-basih lagi langsung saja dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang manfaat dan resiko buah jeruk bagi ibu hamil. Oke langsung saja ke topik pembicaraan pada pagi hari ini. Ketika kalian sedang mengalami program hamil atau bahkan sudah mengalami periode hamil, kalian harus membiasakan diri untuk makan-makanan yang sehat.

Jeruk atau nama lainnya limau adalah sebuah tumbuhan berbunga dengan anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Dalam anggota nya ini berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa yang sangat masam yang sangat segar, dan sudah banyak di antara anggota nya yang sudah memiliki rasa manis. Rasa masam ini berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi dan sudah terkandung pada semua anggota nya.

Buah Jeruk ini berasal dari Asia Tenggara dan Asia Timur, yang membentuk dengan sebuah busur yang sudah membentang dari Negara Matahari dan di terus kan ke selatan hingga kemudian membelok ke arah barat ke arah India yang berada di bagian timur. Jeruk manis dan sitrun (lemon) ini berasal dari Asia Timur, sedangkan  jeruk nipis jeruk nipis,  jeruk nipis dan jeruk purut ini berasal dari Asia Tenggara.Banyak anggota dari jeruk yang sudah dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, seperti  wewangian, maupun industri. Buah jeruk ini adalah sumber vitamin C dan wewangian / parfum yang sangat penting. Daun nya juga dapat digunakan sebagai rempah-rempah.

 

Jeruk-dan-manfaatnya
Jeruk-dan-manfaatnya

Jeruk ini sangatlah beragam dan beberapa spesies ini dapat saling bersilangan dan dapat menghasilkan hibrida antarspesies (‘interspecific hybrid) yang sudah memiliki karakter yang sangat khas, yang berbeda dari spesies tetuanya. Keanekaragaman ini sering kali menyulitkan klasifikasi, pengenalan dan penamaan terhadap anggota-anggota nya, karena orang baru dapat melihat perbedaan setelah bunga atau buah nya sudah muncul. Akibatnya tidak diketahui dengan jelas apakah banyak jenisnya. Penelitian-penelitian terakhir menunjukkan adalah keterkaitan kuat dengan Citrus dengan genus Fortunella (kumkuat), Poncirus, serta Microcitrus dan Eremocitrus, sehingga ada kemungkinan dilakukan penggabungan. Citrus sendiri memiliki dua anakmarga (subgenus), yaitu Citrus dan Papeda.

Supaya bayi yang ada dalam kandungan kalian tetap sehat maka kalian harus mengkonsumsi makan-makanan yang sehat dan ber gizi. Seperti buah buahan, sayuran, susu, ikan dan daging. Seperti buah jeruk ini yang kaya dengan vitamin C tetapi apakah membuat anda dan bayi anda sehat?

Kenapa Mengkonsumsi Jeruk dalam keadaan Hamil tidak aman?

Walaupun jeruk ini mengandung banyak sekali vitamin dan banyak mengandung nutrisi, ada beberapa hal juga tentang buah jeruk yang harus kita perhatikan:

  • Membuat sistem kekebalan tubuh kita agar tidak lemah dalam periode kehamilan.
  • Jus jeruk yang diberi label dingin itu mungkin mengandung bakteri dan menyebabkan penyakit. Dan untuk lebih aman nya lagi anda harus memilih jus jeruk yang sudah ber label dipasteurisasi.
  • Jeruk tergolong dalam jenis buah sitrus yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan atau flu.

Apa Jus Jeruk yang Dipasteurisasi?

Jus Jeruk yang Dipasteurisasi yang kaya akan kalsium dan mineral yang sangat dibutuhkan tulang.

  • Kalian mungkin membutuhkan vitamin prenatal dalam untuk dosis harian.
  • Jus Jeruk juga diperkaya dengan mineral yang lain dan dapat menjadi pilihan yang sangat baik bagi anda yang terkena alergi laktosa atau sedang menderita morning sickness.
buah jeruk
buah jeruk

Manfaat makan dan minum Jus Jeruk bagi ibu yang sedang hamil.

Berikut ini adalah kandungan vitamin dan gizi yang terdapat dalam buah jeruk.

  1. Kaya dengan Vitamin C

  • Dapat melepaskan seng dan zat besi dari makanan yang berbeda, dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Para medis juga telah mengkonfirmasikan bahwa buah jeruk ini bisa membantu menjaga bayi anda agar tetap sehat.
  • Buah Jeruk ini sangat kaya dengan sumber Vitamin C yang sangat berperan untuk mendukung sistem kekebalan tubuuh anda jikan anda sedang hamil.
  1. Dapat mengurangi Reaksi Alergi

  • Buah jeruk juga membantu anda dalam perkembangkan otak bayi agar tetap sehat.
  • Dan jika anda mengkonsumsi buah jeruk anda akan dapat mengurangi kemungkinan terkana alergi.
  1. Buah Jeruk juga menggandung Folat

  • Buah jeruk ini menggandung lebih dari 9% folat yang sangat dibutuhkan pada setiap harinya.
  • Berat lahir janin akan meningkat seiring dengan peningkatan asupan folat.
  • Kalian juga membutuhkan folat 5-10 kali lipat lebih banyak pada saat hamil dibandingkan saat sedang tidak hamil.
  • Folat ini juga dikenal sebagai nutrisi yang sangat penting selama periode kehamilan. Folat ini berperan untuk menciptakan sel-sel darah dan membantu pertumbuhan dan perkembangan jaringan yang baru.
  1. Kulit Jeruk

  • Kulit jeruk ini merupakan sumber antioksidan
  • Kalian juga dapat memarut kulit jeruk dan menambahkan nya ke salad buah.
  • Dan Vitamin c tertingginya terdapat pada kulit jeruk, dengan demikian anda tidak harus membuang kulit jeruk tetapi anda bisa memanfaatkan nya.

Mungkin cukup demikan sekilas info dari saya mengenai manfaat dan resiko buah jeruk bagi ibu yang sedang hamil. Dan jangan bosan-bosan untuk membaca artikel saya selanjutnya tetap ikuti artikel-artikel terbaru dari saya. Dan jangan lupa di like, comment and share.

Leave a Reply