Wudhu bagi kesehatan
Manfaat wudhu

Subhanallah, Inilah Manfaat Berwudhu Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Posted on

Setelah sibuk dengan keseharian yang padat dan melelahkan, rutinitas yang paling di tunggu adalah mandi, karena dengan mandi kita dapat menghilangkan debu, kotoran dan keringat yang menempel pada tubuh kita, siapa yang tidak tau, bahwa setelah mandi, maka kita akan mendapatkan efek berupa bersih, sehat, dan menyegarkan. Karena mandi merupakan cara kita untuk menghilangkan kotoran pada lahiriah kita.

Tak jauh beda dengan yang selalu kita lakukan sebelum sholat, yaitu berwudhu. Berwudhu adalah salah satu syarat yang harus di lakukan oleh seluruh umat muslim tanpa terkecuali sebelum melaksanakan ibadah sholat. Secara umum berwudu di kenal dapat membersihkan kulit dari kotoran dan hadas kecil yang menempel pada tubuh kita. Sehingga setelah berwudhu kita akan suci dan sah dalam melaksanakan ibadah sholat.

Namun taukah aqi dan uqti? Bahwa berwudhu adalah kebiasaan Nabi Muhammad SAW, yang selalu ia praktekan ketika ingin melakukan sesuatu tertentu. Di ceritakan pada sebuah riwayat hadist bahwa, sebelum beliau berangkat perang kebiasaan yang selalu di kerjakan adalah berwudhu, tak hanya itu saja beliau juga melakukan wudhu sebelum tidur  dan juga ketika marah. Jadi intinya berwudhu dapat di laksanakan kapan saja tak hanya ketika akan sholat.

Menurut Al Qur’an dan Hadist, di ceritakan bahwa barang siapa yang melaksanakan wudhu, maka ketika hari kiamat, bekas wudhunya akan bersinar. Lalu ada pula sahabat yang menambahkan bahwa, bila mampu untuk meratakan lebih atas ketika berwudhu maka lakukanlah, karena semakin rata kita berwudhu, maka cahanya akan semakin rata pula pada tubuh kita.

Memang terkadang sesuat  yang Allah SWT perintahkan membuat kita bingung, karena tidak masuk akal, dan susah di nalar. Karena terbatasnya ilmu yang di miliki manusia, maka manusia mengatakan bahwa perintahNya sangat sulit dinalar. Contohnya ketika kita makan, kenapa kita harus menjilati bekas makanan yang masih menempel di jari kita? Ternyata setelah di teliti, jari manusia mengandung enzim yang dapat membantu proses mencerna makan.

Begitu pula dengan berwudhu, secara nalar kita hanya tau bahwa berwudhu dapat menghilangkan kotoran yang menempel dan hadas kecil. Namun siapa yang sangka, bahwa berwudhu memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan kita, ternyata baru-baru ini telah banyak sekali para pakar peneliti yang mencoba meneliti manfaat berwudhu bagi kesehatan dan kecantikan dan hasilnya sangat mengejutkan, Maka di sini saya akan membagikan informasi mengenai, manfaat berwudhu bagi kesehatan dan kecantikan yang jarang di ketahui. Oke aqi dan uqti silahkan baca di bawah ini.

 

Berwudu

Manfaat berwudhu bagi kesehatan

  1. Membersihkan tangan

Yang pertama adalah membersihkan tangan, kita tau bahwa tangan merupakan media bagi kuman untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainya, kuman sendiri memiliki efek yang buruk bagi kesehatan, maka dengan seringnya kita berwudhu, kuman-kuman yang ada di tangan kita akan hilang dan secara sadar kita telah menjaga kesehatan kita karena dengan hilangnya kuman di tbngan kita maka kesehatan kita akan ikut terjaga pula.

  1. Meminimalisir sakit kepala

Rasa sakit di kepala umumnya dapat muncul karena berbagai alasan, seperti ketika kita lelah dengan kesibukan sehari-hari biasanya kita akan mengalami stress, yang berakibat pada rasa pusing di kepala atau bisa juga di akibatkan karena paparan sinar matahari yang mengenai kepala kita, maka dengan berwudhu rasa sakit akan terminimalisir, karena air yang kita basuhkan akan memberikan efek relaksasi dan kesegaran pada kepala kita.

  1. Mencegah resiko penyakit kulit

Kita tau bahwa berwudhu, maka salah satu yang di basuh adalah kulit, kulit tangan, siku, kaki, telinga dan wajah. Sehingga kita akan terhindar dari kemungkinan penyakit kadas, kurap, panu bahkan kanker kulit.

  1. Meminimalisir resiko penyakit gigi dan gusi

Ketika berkumur, maka secara teknis kita telah membersihkan gigi dan gusi, sehingga sisa-sisa makanan dan kuman yang menempel di mulut akan iku hilang terbawa air bekas kita berkumur. Maka dengan bersihnya gigi dan gusi kita akan terhindar dari resiko penyakit gigi dan gusi.

  1. Menormalkan detak jantung

Seoran professor yang bekerja di London bernama Ahmad Sauqy yang ahli di bidang perjantungan, telah meneliti bahwa ketika kita membasuh anggota badan kita dengan air wudhu, maka detak jantung pun akan ikut menjadi setabil.

  1. Menstimulai syaraf pusat

Menurun penelitia, manusia memiliki 3 titik syaraf yang paling peka yaitu, tangan, kaki dan dahi. Maka ketika kita membasuh ketiga area tersebut saat berwudhu secara tidak langsung kita akan memberikan efek membangunkan dan menstimulasi syaraf pusat.

  1. Mengurangi kuman

Setiap hari kita akan menyentuh berbagai benda-benda yang tanpa kita sadari banyak sekali kuman yang menempel padanya, sehingga kuman-kuman yang menempel akan ikut juga menempel di tangan kita. Maka solusi terbaik adalah berwudhu, karena secara ilmiah dan telah di teliti, berwudhu memiliki manfaat berupa menghilangkan kuman yang menempel pada tubuh kita. Bila aqi dan uqti ingin terbebas dari kuman maka upayakan untuk selalu berwudhu agar kita dapat terjaga kesucan dan kesehatnya.

Selain dapat memberikan efek baik bagi kesehatan kita, ternyata berwudhu juga memiliki manfaat untuk kecantikan, penasaran apa manfaatnya? Simak di bawah ini.

Manfaat berwudhu untuk kecantikan

  1. Awet muda

Siapa yang tidak mau awet muda? Awet muda adalah dambaan bagi setiap orang, demi mendapatkan awet muda mereka sampai rela menghamburkan uang untuk membeli krim, perawatan, bahkan operasi agar terlihat awet muda. Namun bagi kita kaum muslim, patut tau bahwa berwudhu sejatinya telah membuat kita menjadi awet muda, karena kotoran, debu, dll yang menyumbat kulit wajah akan menjadi bersih sehingga memberikan efek awet muda pada kulit wajah kita.

  1. Meminimalisir resiko jerawat

Penurut penelitian jerawat terjadi karena banyaknya kotoran yang menempel pada kulit wajah kita, sehingga setelah kita membasuh air wudhu secara tidak langsung kita telah membersihkan kulit wajah dari kotoran yang menumpuk, apalagi kita berwudhu lima kali dalam sehari, kebayang kan? Betapa bersihnya kulit wajah kita.

  1. Memberikan efek kelembaban

Tidak perlu beli crem pelembab wajah, karena dengan berwudhu kita telah membuat wajah kita menjadi lembab dan cerah bersinar. Karena air yang membasuh wajah kita akan memberikan efek membersihkan dan melembabkan secara alami.

  1. Memberikan efek innerbeauty

Setelah kita berwudhu maka kita akan mendapatkan efek berupa innerbeauty yaitu kecantikan dari dalam, yang akan kita pancarkan setelah kita selesai berwudhu. Efek ini adalah positif  yang di timbulkan setelah berwudhu.

Subhanallah, Dzat yang telah menciptakan segala sesuatu dan Dzat yang memiliki hikmah pada segala sesuatu yang telah di ciptakaNya. Sudah sepatutnya kita sebagai seorang muslim bertaqwa dan tho’at atas segala perintahNya, walaupun terkadang perintah itu tak dapat di nalar oleh akal manusia, namun memiliki hikmah pada hakikinya.

Maka, mari kita kerjakan segala perintahnya dengan niat karena Allah SWT semata, karena niat adalah sebuah dasar terpenting dalam mengerjakan sesuatu. Semoga arikel ini bermanfaat bagi aqi dan uqti. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Leave a Reply