Inilah Manfaat Jeruk Nipis bagi kesehatan!

Posted on

 

Apa itu jeruk nipis?. Jeruk nipis merupakan jenis dari varian jeruk yang berukuran kecil, jeruk ini berbeda dengan jeruk lainya, jeruk ini biasanya di gunakan sebagai bumbu pada suatu masakan. Jeuk nipis ini juga dapat berguna untuk menghilangkan bau amis, karena rasa asam dari jeruk ini dapat menghilangkan bau amis. Tapi apakah kalian tahu, jeruk nipis juga berguna untuk kesehatan kita bila di konsumsi secara langsung. Inilah manfaat dari jeruk nipis. Tapi sebelum itu, saya akan menjelaskan tentang kandungan yang ada pada jeruk nipis:

  1. Macronutriens,kalori, dan serat.

Di dalam 1 cangkir air jeruk nipis, itu terdapat 1 gram protein,0,17 gram lemak total, 20 gram karbohidrat, 1 serat dan 60 kalori, selain itu, jeruk nipis juga memiliki kandungan lemak yang bebas kolesterol

  1. Nilai Micronutrient

Jeruk nipis itu kaya akan vitamin c yang sangat baik untuk tubuh kita, bagi yang memiliki luka, dan ingin cepat sembuh, disarankan agar menggunakan jeruk nipis ini.

  1. Kandungan asam nitrat

Kegunaan dari asam nitrat dapat membunuh bakteri yang ada di dalam tubuh kita.

  1. Kandungan Mineral

Di dalam jeru nipis terdapat kandungan mineral seperti zat besi, tembaga,kalium,dan kalsium yang berguna bagi tubuh kita.

Nah itulah sedikit kandungan yang ada pada jeruk nipis,sebenarnya masih banyak lagi kandungan dari jeruk nipis.

Nah, sekarang saya akan menjelaskan macam-macam manfaat dari jeruk nipis untuk kesehatan:

  1. Pencernaan

Jeruk nipis memiliki aroma yang dapat membuat mulut menghasilkan air liur yang dapat membantu pencernaan utama. Keasaman alami dari jeruk ini juga dapat memecah molekul macro makanan. Di beberapa negara seperti india, biasanya mengkonsumsi buah ini sebagai acar buah jeruk nipis yang di konsumsi siang dan malam hari.

  1. Diabetes

Jeruk nipis juga dapat mencegah kita dari penyakit diabetes. Karena aliran jeruk nipis dapat mengatur pada aliran gula, sehingga tidak ada gumpalan gula yang ada di dalam tubuh. Bagi yang mempunyai diabetes, di sarankan supaya menkonsumsi buah ini.

  1. Mencegah penyakit jantung

Selain Mencegah Penyakit diabetes, jeruk nipis ini juga berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung. Karena jeruk nipis ini dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah.

  1. Gangguan Pernapasan.

Jeruk nipis juga berguna untuk kesehatan pernapasan kita, biasanya jeruk nipis diolah menjadi obat-obatan seperti balm,alat penguap, dan in healer. Yang membantu rasa sesak dan mual.

  1. Radang Sendi

Salah satu dari penyebab dari radang sendi adalah asam urat yang sudah menumpuk di dalam tubuh. Nah, cara mencegahnya agar terhindar dari penyakit asam urat adalah sering mengkonsumsi jeruk nipis. Karena di dalam jeruk nipis terdapat kandungan Asam Sitrat  yang mana dapat berguna untuk melarutkan asam urat.

  1. Demam

Jika kalian terkena penyakit demam, jangan mengkonsumsi obat terlebih dahulu, lebih baik mengkonsumsi jeruk nipis, Karena jeruk nipis ini juga di percaya ampuh menyembuhkan penyakit demam. Biasanya orang yang terkena penyakit demam itu kekurangan vitamin C,nah jeruk nipis ini memiliki vitamin C yang cukup tinggi\.

  1. Asam Urat

Penyebab terjadinya asam urat itu ada 2 yaitu faktor akumulasi radikal bebas dalam tubuh, dan akumulasi racun dalam tubuh. Nah jeruk ini dapat berguna untuk menghilangkan dan mencegah dari 2 penyebab terjadinya asama urat tersebut, karena di dalam jeruk nipis terdapat kandungan vitamin C dan Flavonoid.

  1. Gangguan Kemih

Jeruk nipis juga memiliki kandungan kalium yang tinggi, yang berguna untuk menghilangkan racun dan menghancurkan endapan yang ada di ginjal dan kandung kemih. Jeruk nipis juga dapat menyembuhkan infeksi pada sistem kemih.

  1. Anti Kangker

Jeruk nipis ini juga ternyata dapat mencegah penyakit kangker , karena jeruk nipis memiliki kandungan flavonoid yang berguna mencegah kerusakan sel dan membunuh pada sel-sel jahat. Jadi di sarankan bagi yang ingin terhindar dari penyakit kangker, supaya banyak mengonsumsi buah ini.

Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan:

  1. Menghilangkan Noda Hitam

Jeruk nipis berguna menghilangkan bintik-bintik hitam yang ada di wajah kita. Cara menggunakanya yaitu:

  • Siapkan jeruk nipis dan kapas.
  • Oleskan air jeruk nipis ke bintik hitam yang ingin di hilangkan.
  • Diamkan dan di usahakan agar tidak terkena matahari secara langsung, karena jeruk nipis dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari.
  1. Menghilangkan Jerawat dan Bekas Noda

Penyebab terjadinya jerawat adalah adanya kotoran dan minyak yang menempel pada wajah kita. Selain itu adanya bakteri yang menempel pada pori-pori wajah kita yang dapat memperburuk peradangan, meningkatkan kemerahan, dan nyeri. Jeruk nipis sangat berguna untuk menghilangkan jerawat dan noda hitam. Karena jeruk nipis memiliki kandungan antibiotik, yang menghambat bertumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

  1. Anti Penuaan

Efek dari sinar UV matahari dapat membuat wajah kita seperti terlihat tua,yang munculnya bintik-bintik hitam yang dapat membuat wajah kita terlihat seperti tua. Saya sarankan agar menggunakan jeruk nipis ini. Agar kulit kita kembali seperti normal. Cara mengolahnya yaitu:

  • Kupas jeruk nipis, lalu gosokan pada kulit.
  • Kalau tidak, gunakan masker yang telah dioles oleh cairan air jeruk nipis, yang dapat mengurangi pigmentasi.

Walaupun Jeruk nipis memiliki manfaat yang banyak, tetapi jeruk nipis memiliki efek samping, berikut adalah efek sampingnya:

  1. Menyebabkan kulit kita sensitif terhadap sinar matahari.
  2. Akan terasa seperti terbakar jika tersentuh lidah, mulut,dan bibir.
  3. Akan menyebabkan asam lambung dan ulkus lambung jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat buah jeruk nipis ini, maka dari itu jika kalia ingin sehat, dan kulit anda ingin selalu bersih, rajin-rajinlah mengkonsumsi buah ini. Sekian Terima Kasih!!!

Leave a Reply