Pengertian Jantung

Posted on

Jantung adalah suatu organ yang berongga atau teletak di dalam dada. Jantung mempunyai 2 bagian kanan dan kiri. Setiap bagian itu memiliki ruang atas yang bernama atriumyang fungsinya untuk mengumpulkan darah dan ruang di bagian bawah yang benama ventrikel fungsinya untuk mengeluarkan darah. Apa fungsi jantung ?

Jantung memiliki fungsi utama yaitu memberi oksigen untuk keseluruh tubuh dan membersihkan keseluruh tubuh dari karbondioksida

Agar jantung dapat memaksimalkan fungsi tersebut, dengan cara mengumpulkan darah diseluruh tubuh yang kurang akan oksigen dan dipompa ke dalam paru–paru. Sehingga darah dapat mengambil oksigen dari paru paru kesebar keseluruh tubuh dan akan membuang karbondioksida. Berikunya jantung mengumpulkan darah dari paru paru yang banyak mengandung oksigen dan memompa untuk kesebarkan keseluruh jaringan tubuh.

Cara Kerja Jantung Di Dalam Tubuh Kita

Jantung bisa di sebut dengan denyut jantung adalah di mana jantung akan lebih bekerja melewatin suatu mekanisme dengan berulang ulang denan cara terus menerus. Dalam melakukan pengisian darah, jantung akan lebih berkontraksi dan mengkosongkan keseluruh isi jantung dengan melalui mekanisme yang berselang seling siklus ini bisa dengan priode sistoles.

Sel otot pada jantung juga berkontraksi, tujuannya memompa darah yang dihasilkan pada sebuah potensi aksi yang menyebar melewati membrane sel. Ketika berkontraksi, jantung akan berdenyut berirama. Hal ini terjadi karena jantung memiliki sebuah mekanisme aliran listrik yang timbul dengan sendirinya dan memompa darah untuk relaksasi.

Darah yang kehabisan oksigen dan terlalu banyak mengandung karbondioksida, akan mengalir pada dua vena yaitu vena besar untuk mengalir ke venrtikel kanan. Kemudian memalui katub pulmoner akan memompa untuk masuk ke arteri pulmonalis dan menuju ke paru paru.  Darah dari paru–paru akan mengalir melewati pembuluh darah yang kecil yaitu kapiler yang mengelilingi kantong udara di paru–paru untuk menyerap oksigen dan melepaskan karbondioksida, agar darah dapat mengalir ke dalam vena pulmonalis ke atrium kiri.

 

Ketika darah sudah di atrium kiri lalu akan didorong ke ventrikel kiri dan memompa darah yang mengandung oksigen dengan melewati katup aorta menuju ke aorta yang merupakan arteri paling besar dalam tubuh. Darah yang kaya oksigen tersebut akan sangat lebih berperan penting dalam tuh kita. Ada beberapa fungsi jantung antara lainnya adalah :

 

1.Aorta

Adalah arteri terbesar di dlam tubuh letaknya di atas jantung. Fungsi aorta adlah untuk membawa darah yng mengandung oksigen dari ventrikel kiri keselruh tubuh.

2.Vena Kava Seperior

Vena cava adlah vena yang terbesar dalam tubuh. Letaknya juga di bagian atas jantung. Fungsi vena kava superior adalah untuk membawa kembali darah kaya karbon dioksida dari seluruh tubuh bagian atas ke jantung.

3.Arteri Polmonalisme

Adalah arteri yang mengangkut darah dari jantung ke paru paru. Fungsi arteri pulmonalis adalah untuk mengganti karbon dioksida dan uap air yang ada di dalam darah dengan oksigen.

4.Katub Aorta

Katup aorta adalah katup yang memisahkan ventrikel kiri dengan aorta. Perubahan tekanan darah pada kedua sisi katup menyebabkan katup dapat terbuka dan tertutup. Fungsi katup aorta adalah untuk mencegah darah mengalir ke arah yang salah.

5.Atrium

Atrium adalah bentuk jamak dari atria yang sama artinya dengan serambi. Terdapat dua atrium yaitu atrium kiri (serambi kiri) dan atrium kanan (serambi kanan). Atrium dua ruangan teratas dari empat ruang utama pada jantung. Fungsi atrium adlah menerima darah dari paru-paru yang kaya oksigen dan membawanya ke ventrikel kiri. Sedangkan fungsi atrium kanan adalah menerima darah dari seluruh tubuh yang kaya akan karbon dioksida kemudian membawanya ke ventrikel kanan.

6.Vena Pulmonalisme

adalah vena yang membawa darah kaya oksigen dari paru-paru ke jantung tepatnya di atrium kiri. Ukurannya lebih kecil dari vena cava dan terdiri dari vena pulmonalis kanan dan vena pulmonalis kiri. Fungsi vena pulmonalis adalah untuk membawa darah kaya oksigen kembali ke jantung untuk kemudian diedarkan ke seluruh tubuh.

7.Katub Trikluspidalis

Katup trikuspidalis atau katup trikuspid adalah katup yang terdiri dari dari tiga daun katup. Katup ini dapat terbuka jika sistole berkontraksi dan dapat menutup kembali. Fungsi katup trikuspidalis adalah untuk memisahkan atrium kanan dan ventrikel kanan dan membantu mengalirkan darah miskin oksigen dari atrium kanan ke ventrikel kanan.

8.katub Mitral

adalah katup yang memisahkan atrium kiri dan ventrikel kiri. Katup ini dapat terbuka saat darah kaya oksigen di atrium kiri hendak mengalir ke ventrikel kiri. Fungsi katup mitral adalah untuk mencegah darah yang telah berada di ventrikel kiri kembali ke atrium kiri.

9.Ventrikel

adalah dua ruang kosong dari empat ruang di bagian bawah jantung. Ventrikel juga disebut bilik. Ada dua macam ventrikel, yaitu ventrikel kiri (bilik kiri) dan ventrikel kanan (bilik kanan). Fungsi ventrikel adalah untuk menerima darah dari atrium kemudian membawanya keluar dari jantung. Fungsi ventrikel kiri adalah menerima darah dari atrium kiri dan membawanya ke seluruh tubuh. Fungsi ventrikel kanan adalah menerima darah dari atrium kanan dan membawanya ke paru-paru.

10.Vena Kava Inferior

Vena kava inferior atau vena cava inferior adalah vena terbesar dalam tubuh manusia. Fungsi vena kava inferior adalah membawah darah dari bagian bawah tubuh ke atrium kanan jantung.

11.Dinding Jantung

Dinding jantung adalah bagian terluar yang melapisi jantung. Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan adalah endokardium (terdalam), miokardium (bagian tengah), dan epikardium (terluar). Endokardium terdiri dari epitel pipih selapis. Miokardium terdiri dari otot kardiak (otot jantung). Epikardium adalah sebuah membran fibrosa. Fungsi dinding jantung adalah membuat jantung berdetak dan mencegah supaya jantung tidak bocor.

Sekian Dari Kami Semoga Ada Manfaatnya Bagi Kalian Semua Yang Lagi Sakit Jantung.

Leave a Reply