Cari Tahu Manfaat Madu Hitam

Posted on

Ketika kita mendengar kata madu, pasti yang kita pikirkan adalah bendanya yang sangat manis dan kental. Tapi, ada juga madu yang rasanya tidak manis atau biasa disebut madu hitam yang pahit. Jenis madu hitam ini dikenal sesuai dengan namanya yaitu berwarna hitam pekat berbeda dengan madu biasanya yang berwarna kuning kecoklatan. Selain warnanya, madu hitam juga memiliki rasa yang pahit dan kandungan gula di dalam madu ini sangat rendah dibanding madu pada umumnya. Lalu dari mana madu hitam diperoleh? Bagaimana asal mula madu hitam?

Madu hitam yang pahit kini terdapat banyak di hutan Kalimantan. Diperoleh dari hasil pengolahan nektar yang diproduksi lebah liar yang terdapat banyak di hutan Kalimantan dan mengambilnya dari pohon mahoni. Inilah penyebab madu menjadi berwarna hitam pekat dan rasanya pahit. Sekarang ini, madu hitam sudah banyak dijual dalam kemasan botol dengan berbagai merk seperti madu pada umumnya. Kita bisa membeli madu hitam di toko obat dan apotek terdekat di tempat kita tinggal. Mungkin juga sudah dijual di pasar tradisional.

Banyak sekali manfaat madu hitam bagi tubuh kita sama seperti madu-madu pada umumnya. Apa saja manfaatnya? Beberapa manfaat madu hitam adalah:

  1. Sebagai Obat Berbagai Macam Penyakit (maag, kolestrol, asam lambung, asam urat)

Dapat mempercepat proses penyembuhan pada berbagai macam penyakit adalah manfaat pertama dari madu hitam. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam madu ini juga dapat membentu menyembuhkan luka.

  1. Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Antioksidan yang tinggi bermanfaat sangat baik, berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh dan dapat mencegah penuaan dini serta kemungkinan mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh. Kandungan anti bakteri dan anti virus dapat menjaga tubuh dari masuknya bakteri dan virus penyebab penyakit.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi tubuh. Dapat mencegah munculnya berbagai serangan penyakit seperti flu dan batuk ataupun demam. Madu hitam baik dikonsusi bagi siapapun tidak terkeuali anak-anak. Bagi anak-anak yang meminum madu hitam juga baik untuk tubuhya agar terlindungi dari kuman-kuman penyebab penyakit.

  1. Baik Untuk Penderita Diabetes

Kandunagn gula yang rendah pada madu hitam sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Madu ini baik juga untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Mengembalikan Stamina Tubuh

Setelah lelah beraktivitas cobalah minum madu hitam. Madu ini berfungsi juga untuk mengembalikan stamina tubuh yang sudah terkuras untuk beraktivitas.

Tidak semua yang terlihat manis itu baik. Terkadang yang rasanya pahit jauh lebih bermanfaat.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply