stadium_
Stadium

Stadion Terbesar dan Termegah Di Dunia

Posted on

Stadion merupakan sebuah bangunan yang biasanya digunakan untuk kegiatan atau untuk menyelenggarakan acara olahraga. Di dalam stadion terdapat sebuah lapangan atau tempat pentas yang mana dikelilingi oleh sebuah tempat duduk bagi penonton atau biasa disebut tribun. Stadion Olympia merupakan stadion tertua yang kita kenal. Stadion ini telah menyelenggarakan Olimpiade sejak tahun 776 SM. Stadion biasanya menyelenggarakan kegiatan diluar lapangan atau kegiatan out door, sedangkan yang menyelenggarakan kegiatan di dalam lapangan atau in door yaitu gelanggang.

Hampir semua stadion yang sekarang dibangun memiliki atap diatas tempat duduk penonton. Namun juga masih ada stadion yang tidak memiliki atap diatasnya atau hanya setengahnya saja bahkan sampai menutupi keseluruhan dari stadion (stadion yang berbentuk kubah atau dome). Banyak stadion yang sudah memiliki fasilitas bangku atau tempat duduk untuk penonton, namun juga masih terdapat stadion yang tidak memiliki fasilitas tersebut atau penontonnya berdiri saat menyaksikan pertandingan.

Daya tampung dari sebuah stadion sangatlah banyak. Apalagi bagi sebagian negara yang memiliki kecintaan terhadap sepak bola, negara tersebut bahkan rela untuk membangun sebuah stadion yang megah, canggih, dan juga besar. Disetiap negara pastilah memiliki sebuah stadion yang sangat besar dan juga megah. Inilah beberapa stadion yang megah dan juga stadion terbesar didunia.

  1. Stadion Pyongyang, Korea Utara “Rungrado May Day Stadium”

Rungrado May Day Stadium
Rungrado May Day Stadium

Stadion Rungrado May Day ini bersifat multifungsi. Stadion ini selesai dibangun yaitu pada tanggal 1 Mei 1989. Stadion ini terletak di Pyongyang, Korea Utara. Stadion yang mempunyai kapasitas 150.000 ini, dibangun yaitu stadion utama yang dipergunakan untuk festival pelajar dan pemuda dunia yang ke 13 pada tahun 1989. Namun sekaran stadion ini lebih sering digunakan untuk pertandingan sepak bola, dan juga lain-lainnya. Festival Arirang atau Mass Games juga sering diselenggarakan di stadion ini.

Pemberian nama dari stadion ini yaitu diambilkan dari nama pulau yang terletak di Sungai Taedon, pulau itu adalah Pulau Rungra. Sedangkan pemberian nama May Day (hari buruh) yaitu dikarenakan hari itu merupakan hari perayaan hari buruh internasional, yang biasanya dirayakan oleh kalangannya orang komunis. Atap dari stadion ini menyerupai sebuah parasut atau kembang magnolia. Lengkungan yang dimiliki oleh stadion ini yaitu berjumlah 16 lengkungan yang juga diatur menyerupai sebuah cincin.

  1. Stadion Kolkata, India “Salt Lake Stadium”

Salt Lake Stadium
Salt Lake Stadium

Stadion yang lebih dikenal sebagai Vivekananda Yuba Bharati Krirangan atau VYBK ini merupakan stadion serbaguna yang berada di Kolkata, India. Stadion ini dahulu sebelum direnovasi merupakan stadion terbesar kedua yang memiliki kapasitas 120.000 tempat duduk, namun sekarang stadion ini hanya memiliki kapasitas tempat duduk 85.000. Piala Dunia U-17 FIFA 2017 akan diselenggarakan di negara India. Sebelum diselenggarakan piala dunia ini kapasitas yang dimiliki oelh stadion ini yaitu hanya 68.000, namun sekarang sudah terpasang 85.000 tempat duduk. Penambahan itu dikarenakan, stadion ini akan menjadi tuan rumah pada Piala Dunia U-17.

Stadion ini pernah menggelar pertandingan antara Bengal Timur vs Mohun Bagan atau sering dikenal Derby Kolkata dalam Semi Final Piala Federasi. Pada saat itu umlah penonton yang menyaksikan yaitu sekitar 131.781 penonton.

Yang dahulu stadion ini hanya menggunakan rumput alami untuk lapangannya, sekarang stadion ini beralih menggunakan rumput sintetis. Tujuannya yaitu sebagai salah satu dari persiapan untuk Piala Dunia U-17.

  1. Stadion Kota Meksiko, Meksiko “Estadio Azteca”

Estadio Azteca
Estadio Azteca

Stadion yang pernah digunakan untuk final Piala Dunia FIFA 1970 dan 1986 ini merupakan stadion yang dipergunakan untuk sepak bola. Stadion ini berkapasitas 105.000 tempat duduk dan juga merupakan stadion terbesar di Mexico City, Meksiko. Stadion ini merupakan markas utama dari Timnas Meksiko.

  1. Stadion Teheran, Iran “Azadi Stadium”

azadi stadium
Azadi Stadium

Stadion yang sebelumnya dikenal dengan nama Stadion Aryamehr ini sekaran berganti nama menjadi Stadion Azadi. Stadion ini merupakan stadion sepak bola all seater yang berada di Teheran, Iran. Stadion ini di arsiteki oleh SOM dan juga diresmikan pada tanggal 18 Oktober 1971. Stadion ini merupakan markas dari Timnas Iran dan juga milik Esteghlal Fc dan Persepolis Fc. Stadion ini berkapasitas sekitar 78.200 penonton. Walaupun stadion ini mampu menampung lebih dari itu selama pertandingan yang bersifat khusus, stadion juga masih merupakan bagiandari Kompleks Olahraga Azadi.

Stadion ini merupakan stadion yang dibangun untuk menjadi tuan rumah pada Asian Games tahun 1974 dan juga menjadi tuan rumah saat Piala Asia 1976. Stadion inijuga merupakan stadion terbesar ke-10 di dunia. Stadion ini juga pernah dua kali menjadi tempat untuk Final Liga Champions AFC  yaitu pada tahun 1999 dan 2002.

  1. Stadion Catalan, Spanyol “Camp Nou”

Camp Nou Stadium
Camp Nou Stadium

Stadion ini merupakan markas dari FC Barcelona sejak selesai pada tahun 1957. Stadion ini mempunyai kapasitas 99.354 tempat duduk. Namun stadion ini merupakan stadion yang mampu menampung penonton hingga 105.000. Stadion ini merupakan stadion terbesar di Spanyol dan juga di Eropa. Stadion Camp Nou ini pernah menjadi tempat untuk Final Liga Champions ataupun Final Liga Eropa sebanyak dua kali. Stadion ini juga pernah digunakan pembukaan untuk Piala Dunia FIFA tahun 1982 dan juga Final Sepakbola pada Olimpiade Musim Panas 1992.

  1. Stadion Johannesburg, Afrika Selatan “FNB Stadium”

fnb stadium
FNB Stadium

Kota Johannesburg adalah Kota Sepakbola. Stadion yang sudah terbangun sejak tahun 1989 ini, merupakan markas dari Kaizer Chiefs Fc di Liga Primer Afrika Selatan dan juga merupakan markas bagi Timnas Afrika Selatan. Nama FNB merupakan kepanjangan dari First National Bank. Stadion ini pernah digunakan untuk Piala Duina. Tetapi sebelumnya digunakan untuk Piala Dunia, Stadion ini direnovasi terlebih dahulu. stadion ini sering digunakan untuk pertandingan sepak bola.

Leave a Reply