begadang
begadang

Dampak Negatif Begadang Setiap Hari Bagi Kesehatan

Posted on

Pada zaman sekarang ini, orang-orang sudah memiliki banyak tugas dari kantor maupun dari sekolah yang tidak ada habisnya, bahkan sebagian orang hanya menghabiskan waktunya untuk begadang sehari semalam hanya untuk belajar, bekerja, dan melakukan hal-hal lainya tanpa menghiraukan waktu tidurnya, bagi kaum muda, istilah begadang sudah menjadi kebiasaan mereka sehari-hari, biasanya para kaum muda menghabiskan waktunya hanya untuk nongkrong-nongkrong di pinggir jalan, diskotik, cafe dan ke tempat-tempat hiburan lainya hanya untuk memuaskan kesenangan hawa nafsu mereka.

begadang-2
begadang

Lalu, apakah anda termasuk orang-orang tersebut, jika anda termasuk orang yang suka bergadang, maka anda harus berfikir 2 kali, karena bergadang memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan tubuh anda.

Kebanyakan orang belum tahu tentang dampak-dampak negatif atau efek samping yang nantinya akan timbul akibat selalu begadang pada malam hari, entah itu dari kesehatan fisik, efisiensi belajar maupun kerja, mental, hubungan sosial dengan lingkungan sekitar. Padahal akibat dari begadang secara terus menerus akan memberikan dampak negatif bahkan dapat menimbulkan penyakit-penyakit yang mematikan.

Dampak negatif begadang secara terus menerus

Malam hari sebenarnya waktu yang baik untuk istirahat setelah seharian kita melakukan aktivitas, seperti bekerja, belajar, bersosialisasi dll. Sebenarnya waktu yang ideal untuk tidur adalah 8 jam, hal itu bertujuan agar keesokan harinya aktivitas kita bisa berjalan dengan baik. Mengapa???, karena hormon pertumbuhan dan hormon kortek adrenal sangat penting bagi pertumbuhan seseorang untuk menunjang sistem metabolisme tubuh serta damal perkembangan fungsi otot yang dihasilkan pada malam hari, tapi jika seseorang tidak menggunakan waktunya untuk istirahat (begadang), ini berarti pertumbuhan hormon itu akan terganggu dalam menghasilkan kedua hormon tsb, yang nantinya akan memberikan dampak negatif pada kesehatan tubuh, diantaranya:

  • Melemahnya sistem kekebalan tubuh

Begadang dapat memicu tubuh dan mental menjadi lemah, hal ini dikarenakan oleh melakukan aktivitas seharian tanpa memperhatikan waktu istirahatnya, dampak dari kelelahan itu adalah turunnya daya tahan tubuh dan datangnya gangguan kesehatan, dan hal itu akan membuat tubuh kita rentan terkena virus dan bakteri seperti flu, demam, gangguan paru-paru, infeksi usus, hepatitis dll.

  • Sakit Kepala

Jika waktu istirahat anda kurang, maka lama kelamaan akan mengakibatkan  rusaknya sel otak sehingga dapat menimbulkan gangguan pada kepala, seperti sakit kepala, pusing. Hal ini dikarenakan otak kurang mendapat waktu untuk istirahat.

  • Peningkatan berat badan

Kurang tidur juga dapat mengganggu metabolisme lemak dalam tubuh, ini bisa membuat rasa lapar pada tubuh meningkat drastis, sehingga akan memicu pada peningkatan berat badan anda.

  • Mengganggu kesuburan

Dampak negatif dari begadang juga berpengaruh bagi kesuburan pria maupun wanita, karena jika pria terlalu banyak begadang maka akan mengurangi kualitas dan kuantitas sperma, sedangkan bagi wanita, hal ini dapat menyebabkan

  • Insomnia

Jika seseorang sudah menerapkan begadang sebagai aktivitas harianya, maka orang tersebut akan merasa sulit jika tidur pada waktu yang lebih awal, dikarenakan tubuhnya sudah beradaptasi dengan kebiasaan begadang tsb.

  • Penyakit jantung dan stroke

Bahaya dari tidur terlalu malam adalah dapat memicu penyakit jantung dan stroke karena waktu tidur malam yang kurang dari jam enam dapat menyebabkan peradangan pada arteri yang beresiko menumpuknya plak yang dapat menyumbat pembuluh darah manusia. Selain itu, kurangnya tidur malan juga dapat menyebabkan gejala apnea, dimana udara yang masuk kedalam paru-paru sangat sedikit.

  • Diabetes

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Orfeu Boxton menunjukan bahwa orang yang tidur kurang dari 5 jam pada malam hari dapat beresiko tinggi terkena diabetes tipe-2

Kurang tidur dapat mempengaruhi hormon melatonin yang berfungsi mengatur dan memelihara irama sirkadian (sistem jam biologis tubuh yang memegang peranan penting dalam mengatur waktu tidur dan bangun). Hormon ini membantu tubuh untuk memerangi sel-sel kanker pada tubuh, jika waktu istirahat tsb kurang, maka hormon ini akan terganggu dan dapat memicu tumbuhnya sel kanker didalam tubuh.

  • Penyebab alzheimer

Seorang profesor dari Washingto University menyatakan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan resiko penumpukan plak protein di otak. Hal ini diduga bisa menyebabkab kerusakan-kerusakan pada sel otak kita, bentuk yang ada pada penyakit alzheimer biasanya tertimbunselama 10 tahun s/d 15 tahun.

  • Dapat menyebabkan gangguan pada kulit

Kurang tidur pada malam hari juga bisa menyebabkan gangguan pada kulit anda, seperti mata membengkak, kulit pucat, kulit kusam, garis halus pada wajah dan lingkaran hitam dibawah mata anda. Hal ini tentu akan sangat mengganggu penampilan anda bukan.

  • Anemia

Salah satu efek negatif dari begadang adalah anemia atau kekurangan darah, ini terjadi karena hormon dan produksi sel darah merah terganggu akibat metabolisme tubuh yang tidak bisa seimbang dengan baik. Maka dari itu jika anda tidak mau terkena anemia, jauhilah tidur terlalu malam dengan begadang.

  • Masuk angin

Ternyata begadang juga bisa menimbulkan masuk angin. Masuk angin adalah hal yang sepele, tapi anda jangan salah jika lama-lama masuk angin lalu tubuh anda tidak kuat, ini juga bisa menyebabkan fisik anda drop yang akhirnya menyebabkan kematian, bahaya bukan.

Bagaimana, sudahkah anda berfikir 2 kali jika anda mau begadang setiap hari, itulah dampak-dampak negatif dari begadang setiap hari bagi kesehatan tubuh kita.

Kesimpulanya adalah meskipun anda memiliki pekerjaan sebanyak apapun yang harus dilakukan, begadang bukanlah pilihan yang terbaik bagi anda, justru ini akan berakibat buruk bagi diri sendiri, lingkungan sosial, keluarga dll.

Incoming search terms:

  • kerugian begadang

Leave a Reply